Meski Sering Dikekang Orang Tua, Anak Tunggal Punya 6 Fakta Keren yang Jarang Diketahui

Kamu anak tunggal? Selamat!

Satu kata yang ada di pikiran ketika mendengar kata ‘anak tunggal’ adalah sikapnya yang manja. Selain itu anak tunggal seringkali tak sebebas anak-anak lainnya yang memiliki saudara kandung. Mereka cenderung dikekang orang tua, dibatasi pergaulannya, hingga tak boleh jauh-jauh dari rumah. Maklum saja jika orang tua sangat mengkhawatirkan anak satu-satunya.

Anak tunggal (pinimg.com)

Meski begitu ada beberapa fakta kalau anak tunggal juga memiliki sikap positif yang membanggakan. Misalnya saja sikap mandiri yang selama ini sering di sanksi-kan orang-orang. Selain itu beberapa kepribadian berikut juga menjadi sisi positif seorang anak tunggal.

Cukup percaya diri

Dilansir dari merdeka.com, ada penelitian yang sudah membuktikan bahwa anak tunggal terbukti memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi dibanding anak lain yang memiliki kakak atau adik. Karakter ini didapatkan anak tunggal karena mendapat perhatian penuh dari orang tuanya. Hal ini membuat anak tunggal berpikir bahwa dirinya penting bagi orang lain. Rasa percaya diri ini membuat anak tunggal tidak takut menghadapi lingkungan baru sekalipun.

Cukup percaya diri (What2Watch)

Prestasinya luar biasa

Setiap orang tua pasti akan mencurahkan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anaknya secara penuh. Orang tua dengan beberapa anak harus bisa membagi kasih sayang secara adil. Berbeda dengan yang hanya memiliki seorang anak. Kasih sayang dan perhatian akan tercurah penuh tanpa harus dibagi-bagi.

Prestasinya luar biasa (untdallas.edu)

Jika sudah begitu anak tunggal akan mendapat motivasi untuk membuat orang tuanya bangga. Dia akan berusaha sekuat tenaga agar bisa berprestasi dan mewujudkan cita-citanya. Jadi jangan heran kalau banyak pencapaian yang bisa diraih anak tunggal.

Selalu mandiri

Kenapa sih anak tunggal diidentikan dengan manja? Padahal sesungguhnya, dia adalah sosok mandiri yang bahkan tertanam sejak kecil. Tidak memiliki saudara, mengharuskan anak tunggal melakukan apapun sendirian. Bahkan ketika sedih dia berusaha menghibur diri sendiri sampai tenang. Sifat inilah yang membuat anak tunggal adalah sosok yang dewasa.

Selalu mandiri (internapcdn.net)

Sangat menghargai privasi

Anak tunggal terbiasa menghabiskan waktu sendiri tanpa saudara kandung. Hal inilah yang membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang sulit berbagi dengan orang lain. Misalnya berbagi kamar, pakaian, atau bahkan rahasia. Tak heran jika dia sangat menghargai privasi diri sendiri. Selain itu mereka tidak suka membagikan rahasia kepada sembarang orang dan bisa menghargai privasi orang lain juga.

Sangat menghargai privasi (earnspendlive.com)

Tanggung jawab

Anak tunggal biasanya sadar akan posisinya dalam keluarga. Sadar bahwa hanya dirinya yang menjadi harapan orang tua dan menjadi masa depan keluarga. Karena kesadaran tersebut anak tunggal bisa tumbuh menjadi seseorang yang bertanggung jawab dengan hidupnya. Dia tak ingin mengecewakan orang tua bahkan jika mungkin bisa membuat orang tua bangga dengan segala pencapaiannya.

Tanggung jawab (viralityfacts.com)

Memiliki prinsip yang kuat

Semua perhatian hingga kasih sayang penuh orang tua bisa didapatkan oleh seorang anak tunggal. Hal ini membuat mereka termotivasi dan memiliki banyak cita-cita yang tentu mendapatkan dukungan. Semua hal itu membuat anak tunggal memiliki prinsip-prinsip hidup yang kuat dan kemauan besar meraih apa yang dia mau.

Memiliki prinsip yang kuat (pixfeeds.com)

Nah itulah beberapa sifat positif yang dimiliki anak tunggal. Menjadi anak tunggal tidak begitu buruk. Banyak keuntungan yang didapatkan, banyak pula sikap positif yang bisa ditumbuhkan. Tidak melulu manja, terkekang atau seenaknya sendiri. Karena anak tunggal juga bisa tumbuh menjadi seseorang yang dewasa dan bertanggung jawab.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *