Katanya Sih Anak Kedua Lebih Bandel dari Anak Pertama, Bener Nggak?

Terbukti bahkan secara ilmiah!

Banyak yang bilang, urutan lahir memang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi karakter dan sifat manusia ketika dewasa. Sebut saja anak sulung selalu bertanggung jawab sementara si bungsu terkenal dengan sifatnya yang manja, atau anak tengah yang selalu “terlupakan”. Meski tidak selalu benar, anggapan ini tetap dipercaya di masyarakat hingga kini.

Baca juga : Kisah Inspiratif Pasien Kanker Payudara yang Sudah 49 Kali Kemoterapi dan Menolak Kalah Oleh Penyakitnya

Berbagai anggapan ini memnag hanya sebatas stereotip yang sering diperdebatkan. Namun, baru-baru ini justru ada studi yang mengungkapkan bahwa anak kedua memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk jadi nakal dan sulit dikendalikan. Kamu yang jadi anak kedua, atau punya anak nomor 2, bener nggak sih?

Anak kedua katanya lebih bandel (smilingdiaries.com)

Ada sebuah studi yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, yang telah membuktikan stereotip ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa anak kedua memiliki perilaku yang lebih buruk dari anak pertama.

Hasil ini diperoleh setelah melakukan penelitian dan mengamati data kaka beradik di wilayah Denmark dan Florida. Sebanyak 20 hingga 40 persen anak kedua cenderung memiliki masalah pada perilakunya. Entah itu masalah kecil di sekolah hingga tindakan kriminal daripada kakaknya.

Dari kenakalan kecil hingga kriminal (Pinterest)

Bukan tanpa alasan, sejak lahir, anak pertama menerima banyak curahan kasih sayang dari ayah dan ibunya sebelum dia memiliki seorang adik. Apalagi jika jarak keduanya terpaut jauh, si kakak berkelimpahan kasih sayang selama bertahun-tahun hingga belasan tahun sebelum akhirnya berbagi dengan saudaranya.

Menurut Joseph Doyle, salah seorang peneliti dari MIT, anak pertama biasanya menjadi panutan bagi adik-adiknya. Dalam buku Birth Order Blues (Owl Books) karangan Meri Wallace, anak pertama biasanya lebih matang karakternya, lebih bisa diandalkan, terstruktur, senang mengontrol, teliti, berhati-hati, dan senang mencapai sesuatu.

Anak kedua cenderung lebih manja (rd.com)

Sebaliknya, anak bungsu cenderung fokus dengan diri sendiri, ogah ribet, manipulatif, senang mencari perhatian, supel dan juga perhatian. Dan yang paling utama, anak bungsu dikenal dengan sifatnya yang manja.

Perbedaan sifat ini tak hanya karena urutan lahir, tapi juga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang berbeda. Anak kedua cenderung menerima perhatian yang lebih sedikit dibanding anak pertama.

Semakin bertambahnya jumlah anak, pola asuh orang tua juga akan semakin berubah. Orang tua cenderung memberi perhatian yang lebih sedikit kepada anak terakhir. Meskipun fakta ini telah diungkapkan oleh hasil studi, namun ternyata tak semua orang berada pada posisi yang sama. Masih banyak juga anak kedua yang ternyata jauh lebih baik dari anak pertama.

Meskipun begitu tak semua anak kedua punya sifat bandel (garywalsh.co.uk)

Jadi, jika kamu sering merasa jengkel ataupun senewen dengan ulah adikmu, saat itulah penelitian ini benar-benar mendapatkan hasil yang akurat.

Bagaimana dengan pendapatmu tentang anak kedua?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

Nyatanya Justru Seseorang yang Berani Datang Ke Pernikahan Mantan, Dia Merupakan Pasangan Hidup Idaman

‘Misteri J*mbut Kuntilanak’, Bukti Perfilman Indonesia Benar-Benar Mesum dan Norak