Mengenal Alif Rizky, Youtuber Spesialis Cover Lagu dalam Bahasa Jawa yang Kondang Berkat Despacito

Siapa sangka jika dulunya ia adalah salah seorang anggota boyband?

Boleh jadi, Despacito adalah lagu paling populer di sepanjang tahun 2017 silam. Tidak heran jika kemudian banyak orang-orang yang membawakan ulang lagu tersebut dengan gayanya masing-masing. Bahkan, penyanyi internasional macam Justin Bieber pun tertarik untuk membawakannya dengan menambahkan sedikit sentuhan yang menyegarkan.

Dari sekian banyak nama orang yang tertarik membuat cover version lagu itu, mencuatlah nama Alif Rizky Prihantoro yang membawakan Despacito dalam bahawa Jawa. Yup, dialah orang yang ‘seenaknya’ mengubah Despacito menjadi sebuah langgam berbahasa Jawa dengan judul ‘Dek Lastri’. Berkat lagu itu pula namanya sebagai seorang YouTuber kian melambung.

Cinta musik tradisional

Cowok asal Tegal ini bukan baru sekali-dua kali membuat cover version dari sebuah lagu hits dengan menggunakan bahasa Jawa. Melalui nama panggung ‘Paijo’, Alif membuat sebuah proyek pribadi yang fokus mengcover lagu-lagu hits dalam maupun luar negeri namun dalam bahasa Jawa. Konsistensi ini berbuah manis saat lagu ‘Dek Lastri’ yang merupakan pelesetan dari Despacito telah ditonton lebih dari 13 juta viewers di Youtube.

Kecintaan Alif pada musik tradisional semacam campursari, keroncong maupun musik etnik khas Indonesia lainnya membuat ia bisa dengan luwesnya mengubah lagu-lagu modern menjadi bercitarasa Jawa. Padahal, Alif dulu justru mulai berkarier di dunia musik dengan membuat boyband loh! Bahkan, boyband bernama S4 tersebut pernah tampil sepanggung dengan sebuah boyband asal Korea. Namun takdir membawanya ke posisi saat ini justru melalui kesukaannya mengcover lagu dalam bahasa Jawa.

Proses kreatif

Terhitung ada lima lagu cover full version dan delapan lagu cover versi pendek yang sudah digarap oleh Alif. Meski terlihat sederhana, namun ada proses kreatif panjang yang perlu dilewati Alif dalam menyelesaikan sebuah lagu cover.

Alif ketika muncul dalam video klip S4 (youtube)

Misalkan saja dalam lagu ‘Dek Lastri’, Alif memerlukan waktu selama seminggu penuh untuk membuat full version lagu tersebut. Sedangkan untuk versi pendeknya sekitar dua hari. Sebagian waktu digunakan untuk memilih dan menentukan lirik dalam bahasa Jawa yang sekiranya sesuai dengan lagu aslinya.

Menonjolkan budaya Indonesia

 

Selain memilih bahasa Jawa sebagai sarana mengekspresikan diri dalam bermusik, Alif juga sengaja memilih busana khas Indonesia, khususnya yang berbau Jawa seperti batik maupun blangkon sebagai penutup kepala. Namun agar tetap terlihat kekinian, ia memadu-padankannya dengan celana jeans dan sepatu model sneakers.

Busana khas Jawa menjadi andalan Alif setiap kali tampil (netmedia.co.id)

Alif meyakini bahwa apa yang ia kerjakan saat ini menjadi salah satu bukti kecintaanya pada Indonesia. Ia juga ingin bisa bebas berkarya seperti banyak anak muda lainnya di Tanah Air. Bedanya, ia tak sekedar berkarya, namun juga menjunjung tinggi budaya Indonesia.

 

Tulis Komentarmu
Dozan Alfian

Written by Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Mengerikan, Inilah Gambaran Kondisi Bumi Jika kehilangan Oksigen Selama 5 Detik

Wanita Memang Pantas Jadi Pemimpin. Tapi, Begini Caranya