Dari Harganya Sangat Murah Sampai Tampilannya yang Sama. Inilah 5 Alasan Produk KW di Indonesia Laku Keras

Kamu salah satu penikmat produk KW?

186
SHARES

Sudah menjadi rahasia umum jika produk tiruan atau KW di Indonesia banyak diminati oleh masyarakat kalangan luas. Bukan hanya dikalangan ekonomi menengah kebawah, trend produk KW juga menjangkit mereka yang bisa dibilang memiliki kemampuan finansial diatas rata-rata. Bahkan beberapa artis Indonesia disebut pernah menggunakan produk KW.


Barang tiruan masih menjadi barang alternatif pemenuh keinginan masyarakat Indonesia (gaptequ.blogspot.co.id)

Indonesia memang menjadi surga bagi para produsen produk-produk KW, sepertinya hampir semua barang-barang yang memiliki nilai harga dan banyak diminati masyarakat memiliki edisi KW nya. Mulai dari sepatu, jam tangan, pakaian, dan alat elektronik seperti smartphone juga memiliki produk tiruannya. Lalu apa saja faktor yang menjadikan produk KW sangat laku di pasaran Indonesia?

1. Harganya yang murah dibandingkan dengan harga yang aslinya

Bagi kebanyakan orang Indonesia, harga suatu produk merupakan hal utama yang harus diperhitungkan, maka tidak heran jika alasan harga yang lebih murah menjadikan produk KW laku keras di pasaran Indonesia.

Orang Indonesia memang selalu mengutamakan harga yang lebih murah, bahkan konon bagi mereka Ibu-ibu yang melakukan jual beli di pasar, mengalpakan tawar menawar harga merupakan ketidaklaziman dalam transaksi jual beli.

Harga barang KW jauh lebih murah dibandingkan barang asli (gaptequ.blogspot.co.id)

Harga produk KW memang dikenal jauh lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya. Bahkan beberapa produk KW bisa memasang harga dua kali lipat lebih murah dibandingkan dengan produk yang aslinya. Tentu bagi masyarakat kita ini sangat menggiurkan.

2. Bentuk dan tampilannya yang hampir sama persis dengan yang aslinya

Alasan yang kedua, selain harga barang tiruan yang lebih murah, ialah soal bentuk dan tampilan barang KW yang hampir sempurna serupa dengan yang aslinya. Bahkan untuk beberapa produk KW di pasaran Indonesia tidak semua orang tahu jika barang itu barang tiruan. Itu disebabkan karena tampilannya yang amat sangat mirip.

Tidak sedikit barang KW yang tampilannya hampir semputna menyerupai barang aslinya (tasbatambranded.com)

Hal tersebutlah yang menjadikan barang tiruan menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan suatu produk ternama. Namun demikian, tidak ada yang sempurna dengan sebuah tiruan. Barang tiruan semirip apapun dengan yang ditiru, nyatanya juga memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang paling terasa ialah soal kualitas.

3. Orang Indonesia sangat mudah mengikuti trend

Selanjutnya, faktor yang menjadikan produk KW laku dipasaran ialah karakter orang Indonesia yang sangat gemar mengikuti trend. Bagi mereka produsen produk barang tiruan, karakter masyarakat kita yang seperti ini merupakan ladang basah bagi usahanya. Sebab dengan meniru produk yang sedang ngetrend, ia akan menemukan pasar konsumennya di Indonesia.

Masyarakat Indonesia sangat gemar mengikuti trend (simomot.com)

Kita bisa ambil contoh beberapa tahun lalu waktu masyarakat kita dirasupi kegilaan dengan batu akik. Tidak butuh waktu lama batu akik palsu yang berasal dari Tiongkok pun beredar di pasaran kita. Dengan harga yang lebih murah dan bentuk yang hampir sempurna serupa, batu akik KW asal negeri tirai bambu pun meramaikan trend batu akik di tengah masayarakat kita.

4. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang konsumtif

Satu lagi alasan kenapa barang tiruan sangat laku keras di pasaran Indonesia ialah faktor nilai konsumtif masyarakat kita yang cukup tinggi. Salah satu ciri masyarakat konsumtif ialah mereka melakukan pembelian bukan dasar atas kebutuhan, melainkan lebih dari sekedar gaya hidup.

Karakter masyarakat kita yang konsumtif membuat barang KW semakin merajalela (infomultiguna.files.wordpress.co)

Karakter konsumtif memang tidak hanya terjadi di Indonesia, bahkan diberbagai negara maju juga sedang terjangkit dengan fenomena ini. Namun yang menjadi nilai minus di masyarakat kita ialah matgin produktifitas dengan konsumtif sangat jauh. Jadi masyarakat kita lebih suka membeli barang-barang daripada menciptakan sesuatu.

5.  Peraturan hukum tentang barang tiruan masih longgar

Yang terakhir, salah satu faktor menjamurnya produk KW dipasaran kita ialah masih longgarnya peraturan impor barang tiruan di negara tercinta ini. Meskipun setiap tahunnya ada pembongkaran sindikat pengiriman barang palsu ilegal, namun hal ini juga terjadi setiap tahunnya lagi.

Lemahnya hukum di Indonesia membuat asih lolosnya barang tiruan masuk ke Indonesia (pt-hasnatirtajaya.blogspot.co.id)

Meskipun pemerintah sudah melakukan pencegahan dan pemberantasan eksport import barang KW, nyatanya sampai detik ini masih terdapat ratusan bahkan jutaan jenis barang KW import yang beredar di pasaran Indonesia.

 

186
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,