8 Alasan yang Paling Sering Dilontarkan Seseorang yang Belum Pengen Nikah

Kapan kawin??? Abis ijab!

Menikah adalah urusan pribadi, sebenarnya. Namun kebiasaan kita yang selalu ingin mencampuri urusan orang lain kadang menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang belum menikah. Pertanyaan kepo seperti “kapan nikah?” benar-benar mengganggu pikiran karena bingung harus menjawab apa.

alasan-yang-paling-sering-dilontarkan-seseorang-yang-belum-pengen-nikah

Terlepas dari jujur atau tidaknya alasan yang dilontarkan, biasanya orang akan menanggapi “kapan nikah?” dengan salah satu sari delapan alasan ini:

1. “Belom ada calonya, hehehe…”

Entah karena terlalu sering mengurung diri di dalam kamar atau memang tidak ada yang bisa dipilih, banyak orang yang belum bisa mengubah statusnya di KTP dari lajang menjadi menikah.

harsindo.com
harsindo.com

2. “Bingung milihnya”

Bahkan saking lakunya, ada juga orang yang justru bingung harus memilih mana calon terbaik yang pantas menjadi pendamping hidupnya. Karena itu, mereka lebih memilih untuk menunda nikah karena tidak mau buru-buru mengambil keputusan.

sooperboy.com
sooperboy.com

3. “Prinsip hidupnya belum sama, jadi ya nunggu dulu sampai bla bla bla”

Perbedaan visi dan misi hidup juga bisa menjadi faktor keterlambatan menikah. Yang satu sudah benar-benar siap berumah tangga, yang satunya masih ingin melanjutkan kuliah dulu, ingin punya rumah dulu, atau alasan-alasan lain yang kadang membingungkan.

shutterstock.com
shutterstock.com

4. “Tabungannya belum cukup”

Modal memang menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kapan seseorang akan menikah. Jadi, ketika meminta modal dari orang tua adalah sesuatu yang tabu atau mustahil, maka menunda nikah menjadi keputusan paling masuk akal.

studentforless.wordpress.com
studentforless.wordpress.com

5. “Ortu belum ngijinin”

Takdir menjadi anak tunggal dan paling disayang orang tua juga bisa menjadi masalah tersendiri. Saking sayangnya, kadang orang tua terang-terangan mengaku belum siap untuk berpisah dengan anaknya.

penacewek.com
penacewek.com

6. “Masih fokus sama karir”

Alasan seperti ini biasanya keluar dari mereka yang masih sibuk menikmati pekerjaanya dan belum mau di ganggu dengan masalah keluarga.

trendwanita.com
trendwanita.com

7. “Masih nyari jati diri”

Alasan ini sering dilontarkan oleh mereka yang mengaku belum dewasa atau memang masih terlihat kekanakan. Orang seperti ini masih sangat susah menjalani hubungan serius dan berkomitmen.

ayobuka.com
ayobuka.com

8. “Masih pengen menikmati masa muda”

Mungkin tepat kalau mereka yang masih berusia 25 tahun ke bawah menggunakan ini sebagai alasan belum nikah. Karena memang, di rentang usia itu rata-rata mereka masih belum dewasa secara mental untuk berkecimpung dalam urusan keluarga.

wikimedia.org
wikimedia.org

Nah.. dari delapan alasan di atas, mana yang menjadi favoritmu sebagai alasan belum nikah?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *