Bukan Karena Ngambekan, Ini Alasan Sepele Kenapa Pacar Kamu Gampang Ngambek

Aku salah apa sih sebenernya???

1.3k
SHARES

Kamu yang sedang pacaran, pasti pernah mengalami keributan kecil dengan pasangan. Tanpa alasan jelas, tiba-tiba dia cemberut dan meluapkan amarahnya. Nah.. di saat seperti itu, sebaiknya kamu jangan ikut-ikutan emosi. Karena bisa jadi, alasan sepelelah yang membuatnya segahar itu.


Memang, pacar yang tiba-tiba ngambek tanpa alasan adalah sebuah pertanyaan besar. (kelascinta.com)

Mungkin kamu pun bingung mengapa hal sekonyol itu bisa terjadi, tapi kamu benar-benar tidak tahu apa penyebabnya. Jadi kalau kamu mau tahu jawabannya, luangkan waktu beberapa detik untuk menyelesaikan tulisan ini.

Amarah, glukosa, dan otak

Kalau kamu memang yakin tidak melakukan satu pun kesalahan dan dia tiba-tiba marah, coba tersenyum sambil menanyakan ini:

“Kamu sudah makan?”

Ternyata, ada hubungan erat antara amarah, glukosa, dan rasa lapar. (duapah.com)

Ya.. rasa lapar memang bisa menjadi penyebab utama seseorang tiba-tiba marah. Karena kalau dibiarkan terlalu lama, rasa lapar bisa menyebabkan kadar glukosa (hipoglikemia) terganggu. Akibatnya, asupan glukosa ke otak pun berkurang drastis.

Glukosa sebagai pengontrol emosi

Salah satu fungsi utama glukosa adalah sebagai sumber energi utama bagi otak untuk mengontrol tempramen dan emosi negatif lainnya. Dengan kata lain, rendahnya kadar glukosa inilah yang membuat amarah seseorang mudah sekali naik, terlepas dari bagaimana sifat aslinya.

Tanpa kadar glukosa yang mencukupi, dia bisa saja ngambek lagi dan lagi. (cewekbanget.club)

Peran serotonin

Selain itu, kekurangan glukosa juga menyebabkan kecemasan, rasa lelah, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, hal yang sama juga bisa terjadi kalau tubuh kekurangan kadar serotonin.

Selain glukosa, hormon serotonin juga berperan penting untuk menstabilkan emosi. (duapah.com)

Serotonin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengontrol suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Hormon ini sangat penting bagi tubuh karena mampu membuat kita merasa bahagia serta menghilangkan emosi negatif pada pikiran.

Bagaimana cara meningkatkan hormon serotonin? Salah satu cara terbaik adalah dengan makan.

Jadi.. kalau kamu tiba-tiba menjadi korban kemarahan pasangan yang sama sekali tidak diketahui penyebabnya, kamu hanya perlu mengatakan ini sambil tersenyum:

“Say, makan yuk!”

1.3k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."