Ini Alasan Paling Pas Mengapa Food Court Selalu Ada di Lantai Atas

Karena di lantai bawah udah dikuasai Pizza Hut sama McD? Bukan…

Di hari-hari terakhir bulan Ramadhan ini, banyak orang yang memilih untuk menghabiskan waktu dengan berkeliling di pusat-pusat perbelanjaan. Dan setelah puas berburu kebutuhan Lebaran, menjelang waktu berbuka tiba, food court di lantai atas adalah tempat yang bisa jadi paling ramai dikunjungi. Pertanyaan cerdasnya adalah, mengapa harus selalu di lantai atas?

Diletakkannya food court di lantai atas bukannya tanpa alasan yang jelas. | economicstudents.com

Perilaku psikologis pengunjung

Kira-kira jawaban yang paling pas begini. Pengelola pusat perbelanjaan punya alasan mengapa selalu memposisikan toko-toko di lantai bawah, yaitu agar pengunjung betah lama-lama berkeliling untuk menjelajahi toko demi toko di setiap lantai. Perilaku ini secara psikologis akan menimbulkan keinginan yang tinggi untuk membeli.

Toko-toko selalu diposisikan di lantai bawah agar pengunjung betah berlama dan akhirnya membeli. | myprocrastinationdiary.wordpress.com

Nah, setelah (tanpa disadari) berjalan lama, pada umumnya pengunjung akan merasa lelah dan lapar. Ketika hal itu terjadi, mereka pun secara spontan akan mencari tempat terdekat untuk mengisi perut. Kalau sampai tidak ada satu pun tempat makan di sebuah pusat perbelanjaan, maka besar kemungkinan para pengunjung akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

Itulah mengapa kemudian disediakan food court di lantai atas, lantai terdekat dari pengunjung yang cenderung punya kebiasaan berkeliling dari lantai paling bawah hingga paling atas. Setelah selesai makan dan pengunjung kembali turun ke bawah, perut yang kenyang akan ‘memaksa’ mereka untuk belanja lebih lama lagi. Satu strategi, dua kali keuntungan.

Pertimbangan sistem pembuangan

Alasan lain mengapa food court selalu berada di lantai atas adalah soal sistem pembuangan. Akan lebih mudah membuang asap hasil pengolahan makanan kalau sumber asapnya sendiri berada di tempat yang tinggi.

Sistem pembuangan asap dapur lebih mudah pasang jika dapurnya berada di tempat yang tinggi. | cakram.co.id

Memang ada beberapa tempat makan di lantai yang lebih rendah, namun hal itu biasanya sudah dipertimbangkan oleh pemegang saham dan pemilik toko lain di sekitarnya.

Hubungan antara food court dan bioskop

Ada hubungan yang tinggi antara food court dan bioskop yang hampir selalu ada di lantai atas. Keduanya sama-sama memerlukan langit-langit yang tinggi, terutama bioskop yang setidaknya membutuhkan tinggi ruangan 12 meter.

Sedangkan food court membutuhkan ruang yang lebih luas agar bisa mengakomodir pengunjung yang sering datang beramai-ramai dan juga dianggap telah membawa banyak barang belanjaan dari toko-toko yang dikunjungi di bawahnya.

Food court dan bioskop sama-sama membutuhkan banyak ruang untuk bisa beroperasi. | postimg.org

Sudah jelas kan sekarang? Jadi, jangan harap kamu akan menemukan food court yang berada di lantai satu, kecuali kalau pusat perbelanjaan itu memang cuma punya satu lantai.

Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."