Diluar Dugaan, Ternyata Ini 3 Alasan Mengapa Cowok Enggan Minta Maaf Duluan

Cewek wajib tau lho

175
SHARES

Selain tidak peka dan masa bodoh, cowok masih punya satu sikap menjengkelkan lagi, yaitu sangat sulit mengucapkan kata maaf. Berbeda dengan cewek yang cenderung lebih cepat meminta maaf dan mengakui kesalahan, kalimat-kalimat seperti “aku yang salah”, “maaf udah ngomong kayak gitu”, atau “aku minta maaf udah berkata kasar” adalah sesuatu yang sepertinya begitu susah diucapkan cowok.

Minta maaf adalah hal yang sangat memberatkan bagi kebanyakan cowok. | tracycrossley.com

Kira-kira apa alasannya? Apa karena hanya ada sedikit kosakata ‘maaf’ dalam kamus besar seorang cowok? Ternyata bukan. Ternyata, ada tiga alasan mengapa cowok benar-benar mempertahankan dirinya untuk tidak mau minta maaf, apalagi berinisiatif minta maaf duluan.

1. Meminta maaf berarti lemah

Bagi seorang cowok, melakukan kesalahan sama artinya dengan lemah, dan lemah merupakan awal dari kekalahan. Jadi, bagi cowok, meminta maaf sama artinya dengan menunjukkan bahwa dirinya adalah orang yang tidak kompeten dan lemah.

Cowok tidak mau dianggap lemah hanya karena meminta maaf. | cpcnanaimo.com

2. Keinginan yang kuat untuk membela diri

Meskipun pada akhirnya meminta maaf, namun selalu saja ada keinginan yang kuat untuk membenarkan diri sendiri. Meminta maaf dengan embel-embel kata ‘tapi’, misalnya. Dari kebiasaan ini, sangat jelas bahwa cowok cenderung tidak mampu untuk bertanggung jawab secara menyeluruh atas kesalahannya.

Permintaan maaf yang tidak tulus adalah kebiasaan cowok. | tavistockrelationships.org

3. Ekspektasi dan emosi yang berbeda

Rata-rata cowok enggan meminta maaf pada pasangan atau orang lain karena dia memiliki ekspektasi dan emosi yang berbeda, dengan kalimat “apa yang salah dari yang kulakukan?” sebagai tameng andalannya. Hal ini terjadi karena saat melakukan kesalahan, cowok lebih dikuasai oleh pikiran rasional ketimbang perasaan.

Setiap kali melakukan kesalahan, cowok jarang sekali melibatkan perasaan. | vitalmind.com.au

Lantas, sebagai cowok, apa yang bisa kamu lakukan agar masalah ini tidak menimbulkan masalah lain seperti hancurnya hubungan dengan pasangan? Begini caranya:

  1. Saat pasangan berkata kamu salah, cobalah untuk benar-benar mendengarkan.
  2. Memang sulit meminta maaf untuk sesuatu yang menurut kamu benar. Karena itu, pastikan untuk tidak mengatakan sesuatu yang membuat pasanganmu lebih sedih/marah lagi.
  3. Percayalah bahwa kamu tidak selamanya benar. Ada kalanya apa yang disampaikan pasangan adalah benar. Jadi, fokuslah pada fakta itu, jangan hanya terpaku pada harga dirimu saja.
  4. Mengakui kesalahan adalah bentuk pertanggungjawaban yang keren. Karena itu, jangan pernah takut mengaku salah.
  5. Meminta maaf perlu dilakukan dengan perkataan dan tindakan, bukan hanya dengan salah satunya saja.
  6. Cobalah untuk menempatkan diri sebagai pasanganmu, dan bayangkan apa yang akan kamu lakukan andai kamu jadi dia.

Ingatlah bahwa, adanya kemauan dan kemampuan untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf itu merupakan ciri-ciri orang yang kuat. Jadi kalau kamu mengaku sebagai cowok yang kuat, maka jangan pernah ragu untuk meminta maaf. Hal ini sangat penting bukan saja dalam hubungan, namun juga untuk kualitas kehidupan.

175
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."