Alasan Logis Kenapa Acara TV Berbau Mistis di Indonesia Selalu Laris

Bagaimana menurutmu dengan acara mistis di Indonesia?

Berbicara soal acara televisi di Indonesia, tentu tidak terlepas dari acara reality show, lawakan, acara gosip, sinetron percintaan remaja, dan acara mistis. Kategori-kategori acara tersebutlah yang sering menduduki rating tertinggi di televisi kita.

Alasan acara mistis selalu laku di Indonesia (kaskus.id)

Khusus acara mistis, jenis acara ini sepertinya tidak pernah kehilangan pangsa pasarnya di Indonesia. Dari mulai acara yang memberikan tantangan uji nyali, wisata misteri yang dipandu Tukul Arwana, sampai yang terbaru yang sedang booming ialah acara Karma yang menyuguhkan acara misteri berbalut modern.

Lalu pertanyaannya, kenapa acara mistis selalu laku di Indonesia? Ada berbagai faktor yang mempengaruhi lakunya acara mistis di Indonesia. Namun faktor-faktor yang paling nampak ialah sebagai berikut.

Masyarakat Indonesia menyukai hal-hal mistis

Tidak dipungkiri, acara televisi yang ada saat ini mengikuti selera pasar (masyarakat). Jika di suatu negara masyarakatnya menyukai dengan politik dan hukum, maka acara televisinya didominasi acara yang berbau politik dan hukum.

Namun di Indonesia, mayoritas masyarakat kita masih sangat menyukai dengan hal-hal yang berbau mistis. Meskipun saat ini jaman sudah terbilang modern, namun kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal mistis masih sangat terasa.

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang dekat dengan hal-hal mistis (youtube.com)

Hal tersebut bisa dilihat dengan masih banyaknya masyarakat yang percaya dengan jimat, dukun, dan praktek-praktek mistis lainnya. Memang tidak dipungkiri, ketertarikan yang begitu besar masyarakat kita terhadap persoalan mistis merupakan hasil warisan adat dan budaya nenek moyang yang sangat kental dengan dunia mistis.

Selera masyarakat yang begitu tinggi terhadap hal-hal mistis, kemudian “dimanfaatkan” oleh para pebisnis media televisi untuk meraup keuntungan dengan menyajikan acara-acara berbau mistis.

Peran media televisi dalam larisnya acara mistis di layar kaca Indonesia

Selain seleras masyarakat terhadap dunia mistis sangat tinggi,  faktor lainnya yang membuat acara televisi berbau mistis selalu laris ialah karena adanya peran dari media televisi itu sendiri untuk mendongkrak rating acara mistis.

Media selalu memblow up acara-acara berbau mistis (pepo.id)

Cara yang mereka lakukan pun beragam, dari mulai mendatangkan pembawa acara dan bintang tamu ternama, melakukan promosi berkali-kali, sampai jam penayangan yang dilakukan saat jam prime time.

Acara mistis yang berkali-kali ditayangkan kepada masyarakat, kemudian tanpa disadari masyarakat akhirnya menyukai acara tersebut. Inilah yang kemudian menjadikan acara televisi mistis seakan-akan berada menjadi bola salju yang kian hari, kian banyak peminatnya.

Minimnya acara berkualitas di Indonesia

Faktor selanjutnya kenapa acara mistis masih banyak diminati masyarakat, ialah karena masih terbatasnya acara-acara berkualitas di layar kaca kita. Sehingga, mau tidak mau masyarakat mengkonsumsi acara-acara mistis yang dinilai sebagai acara terbaik.

Minimnya acara berkualitas membuat masyarakat terpaksa menonton acara mistis (dailymotion.com)

Media televisi yang memiliki tanggung jawab sebagai media informasi dan edukasi, belum banyak memberikan peran tersebut. Pada akhirnya, televisi yang  seharusnya menaikkan nalar kritis masyarakat, justru membuat masyarakat terlena dengan hal-hal mistis yang tidak logis.

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *