Hanya Euforia dan Minim Akan Karya, Alasan Boyband dan Girlband Dilupakan Penggemarnya

kemana boyband dan girlband, bagaimana dengan fansnya?

Antara tahun 2010 dan 2013 dunia musik di Indonesia ramai dibanjiri dengan grup musik boyband dan girlband, hampr setiap stasiun televisi mengundang boyband atau girlband baik untuk bernyanyi maupun hanya sebagai bintang tamu talkshow. Kepopuleran mereka pun bak jamur di musik hujan.


Dalam hitungan dua tahun saja antara 2010 sampai 2012, boyband dan girlband baru di Indonesia mencapai belasan. S4 dan Sm*sh disinyalir merupakan boyband yang mendongkrak virus musik boyband di pasaran. Setelah S4 dan Sm*ash mengeluarkan lagu single mereka dan berhasil menarik perhatian pasar anak  muda, boyband dan girlrband baru pun banyak bermunculan.

Alasan Boyband dan Girlband Dilupakan Penggemarnya
beranda.co.id

Dalam kurun waktu tersebut pula muncul nama-nama boyband dan girlband baru yang berhasil menarik perhatian penggemar musik muda, seperti Cherrybelle, Xo IX, Coboy Jr, Hitz, 7Icon, Dragon Boyz, Super Geulis, Mr Bee, NSG Star, G Stirng,5 Bidadari, 3 in 1, Mikki, Treeji, Max5, dan masih banyak boyband dan girls band baru.

Namun seperti halnya kedatangan mereka yang begitu instan, kepergian mereka juga terbilang cukup instan. Tidak sampai mengeluarkan album yang kedua atau ketiga, mereka sudah keduluan ditinggalkan para penggemarnya, dan bahkan mungkin banyak boyband dan girlband yang kandas sebelum tenar.

Alasan Boyband dan Girlband Dilupakan Penggemarnya
steycool.blogspot.co.id

Adanya fenomena boyband dan girlband yang datang dan pergi dengan begitu cepat, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam dunia seni dan artis. Mungkin yang pertama ialah jika seorang musisi hendaklah memberikan karya yang ia miliki yang terbaik untuk orang lain. Namun dalam hal ini boyband sepertinya “tidak serius” dalam urusan karya dan cenderung hanya memanfaatkan moment virus boyband yang sedang menjangkit untuk membuat terkenal.

Kebanyakan dari boyband diatas tidak sempat membuat banyak album lagu. Bahkan bebarapa diantaranya hanya mengandalkan lagu single. Seperti girlband G-String yang hanya mengeluarkan satu single andalan yang berjudul “Honey, Bunny, Sweety”, atau 7Icon yang hanya mengandalkan .lagu “playboy” nya.

Alasan Boyband dan Girlband Dilupakan Penggemarnya
rikzamusica.blogspot.co.id

Sama seperti para girlband, boyband juga banyak yang mengandalkan lagu single untuk membuat mereka terkenal, seperti boyband Mikki yang hanya mengandalkan single lagu “I Don’t Wanna Let You Go”, atau XO IX yang hanya mengandalkan single perdananya yang berjudul ‘Cukuplah Sudah‘, boyband Hitz yang juga hanya mengandalkan single perdananya yang berjudul “Yes Yes Yes”, boyband dragon boyz dengan single “Love You No More”, Mr Bee dengan single “lets Me Go”, dan masih banyak boyband dan girlband lainnya yang hanya mengandalkan lagu single mereka.

Dengan banyaknya boyband dan girlband yang bermunculan dengan mengandalkan lagu single mereka, mengindikasikan jika kemunculan mereka terkesan mendadak, tidak dibentuk secara matang, dan orientasi mereka hanya mengikuti pasar musik, bukan idealisme bermusik. Hal itulah yang membuat eksistensi mereka tidak bertahan lama.

Alasan Boyband dan Girlband Dilupakan Penggemarnya
indahxowners2.blogspot.co.id

Akhir 2010 sampai 2011 merupakan masa panen kemunculan boyband, bahkan di beberapa stasiun televisi membuka audisi untuk membentuk sebuah boyband atau girlband. Sekali lagi, meskipun dengan cara audisi ini melalui beberapa tahapan, namun hal demikian juga bukti bentuk manajemen musik yang hanya menginginkan keuntungan dengan membentuk grup musik dadakan. Hasilnya tentu tidak bisa bertahan lama.

Untuk orientasi bermusik yang hanya memandang geliat pasar dan menginginkan ketenaran praktis, tanpa mematangkan karya mereka, hampir bisa dipastikan keberadaan mereka hanya sekejap mata. Bahkan boyband sekelas One Direction pun bisa menyusut personilnya diakibatkan pembentukan mereka yang terbilang instan yaitu melalui program audisi.

Alasan Boyband dan Girlband Dilupakan Penggemarnya
blokufo.blogspot.co.id

Kebanyakan dari boyband yang dibentuk instan, hanya menginginkan kepopuleran saja, tidak begitu memperhatikan karya bermusik mereka, dan biasanya jika nama mereka sudah populer maka mereka akan memilih bersolo karier. Meskipun bersolo karier juga tidak menjamin mereka sukses.

Yang luput dari mereka para boyband ialah mereka lupa, jika mereka merupakan musisi yang dinantikan karyanya oleh fansnya, bukan hanya bangga dengan teriakan para penggemarnya yang hanya euforia sementara. Sebab, mereka tidak akan terkenal jika karyanya tidak fenomenal dan mereka juga tidak bisa bertahan lama jika karyanya biasa-biasa saja.

Simpan

Simpan

Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,