Tidak Banyak Diketahui, Inilah Alasan Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih

Jadi ini alasannya kenapa bendera Indonesia berwarna merah putih!

Menjelang hari kemerdekaan Bangsa Indonesia, segenap rakyat Indonesia sibuk meramaikan hari bersejarah itu dengan mengibarkan bendera merah putih di beberapa tempat. Di pinggir jalan raya, di depan rumah, di perkantoran, sampai di pusat perbelanjaan banyak ditemui bendera merah putih untuk menyambut hari proklamasi.

Baca juga : Nggak Cuma Indonesia, Bahasa Jawa Juga Digunakan 6 Negara Ini Untuk Percakapan Sehari-hari

menjelang hari kemerdekaan banyak yang berjualan bendera di sepanjang jalan (youtube.com)

Namun meskipun setiap saat kita temui bendera merah putih, nyatanya banyak yang belum tahu asal-usul kenapa negara Indonesia memilih warna merah dan putih sebagai warna bendera negeranya. Jangan sampai kamu menjawab hal ini dengan jawaban takdir yah, sebab pemilihan bendera berwarna merah dan putih bukanlah suatu hal yang kebetulan terjadi begitu saja. Namun hal tersebut memiliki nilai historis dan filosofi, mengingat bendera merupakan simbol negara yang perlu dijunjung tinggi penghormatannya.

Pengibaran sang saka merah putih saat hari kemerdekaan (kompas.com)

Inilah alasan kenapa Negara Indonesia menggunakan bendera berwara merah dan putih sebagai simbol negara.

Bendera merah putih sudah ada di bumi pertiwi sejak jauh hari sebelum Bangsa Indonesia lahir.

Bisa dikatakan jika bendera merah putih usianya jauh lebih tua dibandingkan dengan bangsa Indonesia itu sendiri. Jauh hari sebelum bangsa Indonesia lahir, dan di kepulauan Indonesia masih berdiri kerajaan-keraan, kebanyakan kerajaan yang berada di nusantara menggunakan corak merah putih sebagai warna kebesaraan kerajaannya.

Sejak nusantara masih jaman kerajaan, bendera merah putih sudah banyak digunakan kerajaan di nusantara (kaskus.id)

Beberapa kerajaan di nusantara yang pernah menggunakan bendera berwarna merah putih antara lain, kerajaan gelanggelang (kini Madiun) pada tahun 1292 menggunakan bendera merah putih saat melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1222-1292).

Kerajaan lainnya yang menggunakan bendera merah putih antara lain, kerajaan Melayu Minangkabau dalam abad ke 14 saat dipimpin oleh Maharaja Adityawarman (1340-1347). Tidak lupa pula kerajaan terbesar di tanah nusantara, Majapahit juga menggunakan bendera merah putih sebagai lambang negara.

Bendera majapahit sebagai cikal bakal bendera Indonesia (pelangisingosari.files.wordpress.com)

Namun saat itu bendera yang digunakan majapahit tidak seperti bendera merah putih yang ada saat ini. Kerajaan Majapahit menggunakan bendera merah dan putih bergaris-garis. Inilah yang kemudian membuat bendera merah putih dijadikan sebagai simbol negara.

Sebab, sedikit banyak negara Indonesia telah mengadopsi simbol pemerintahan pada masa kerajaan Majapahit. Seperi semboyan Bhineka Tunggal Ika, nama tentara elite Bhayangkara, serta bendera merah putih merupakan peninggalan Majapahit yang digunakan bangsa Indonesia.

Harapan digunakannya merah putih sebagai bendera Indonesai tentu agar bisa berjaya seperti kerajaan Majapahit. Selain itu merah putih juga menjadi simbol keberanian dan kesucian, yaitu keberanian melawan penjajah dan kesucian meraih kemerdekaan.

Pertama kali bendera merah putih berkibar setelah jaman kerajaan sudah berakhir

Setelah masa kerajaan di nusantara telah berakhir, Indonesia saat itu berada dibawah kekuasaan bangsa lain, inilah yang dikenal sebagai jaman penjajahan. Saat itu secara de facto maupun de jure negara Indonesia belum ada. Namun benih-benih kemunculan negara Indonesia sudah ada, termasuk simbol negara seperti bendera kebangsaan.

Foto setelah sumpah pemuda (damniloveindonesia.com)

Namun uniknya, bendera merah putih sebagai simbol negara Indonesia justru pertama kali berkibar di Eropa, yaitu saat para pelajar Indonesia di Eropa yang tergabung di perhimpunan Indonesia merayakan peringatan 15 tahun perhimpunan Indonesia di Belanda. Namun saat itu bendera merah putih masih terdapat lambang kepala banteng di tengahnya.

Suasana sumpah pemuda 28 Oktober 1928 (pecintawisata.files.wordpress.com)

Bendera merah putih untuk pertama kalinya berkibar di Indonesia dengan bentuk merah dan putih seperti sekarang ini, yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928 pada kongres sumpah pemuda di Jakarta. Inilah untuk pertama kalinya bendera merah putih dikibarkan sebagai penyemangat persatuan pemuda Indonesia.

Bendera merah putih disahkan menjadi simbol negara

Pada hari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, bendera merah putih kembali berkibar tinggi dengan menapatkan penghormatan. kemudian sehari setelahnya, tepatnya pada tanggal 18 Agustus, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) merumuskan Undang-undang dasar republik Indonesia atau yang kita kenal dengan UUD 1945.

Pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 1945 (blog.8share.com)

Dalam UUD 1945, Bab I, pasal I, ditetapkan bahwa Negara Indonesia ialah Negara kesatuan yang berbentuk Republik. Dalam UUD 1945 pasal 35 ditetapkan pula bahwa bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih. Dengan demikian , sejak ditetapkannya UUD 1945 , Sang Merah Putih merupakan bendera kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Alih-alih Bahagia, Kenapa Pasangan yang Mau Menikah Malah Sering Bertengkar? Ini Alasannya

Bandara Dubai Gunakan Bahasa Jawa untuk Informasi Penerbangan Mereka. Kok Bisa?