9 Orang Sukses Ini Tidak Pernah Menyelesaikan Kuliah, Kamu Masih Bergantung Pada Ijazah?

Untuk sukses, meskipun ijazah itu dibutuhkan, namun bukan yang terpenting.

2.5k
SHARES

Banyak yang beranggapan jika kalau mau sukses harus memiliki pendidikan yang baik, harus kuliah di perguruan tinggi terkemuka, nilai IPK harus diatas rata-rata, dan kalau bisa harus menjadi lulusan terbaik atau tercepat. Mungkin sebagian dari kamu juga masih ada yang beranggapan demikian?

Mereka orang-orang besar tanpa ijazah sarjana

Sepertinya kurang tepat jika pendidikan hanya berorientasi pada kesuksesan materi. Sebab pada dasarnya pendidikan hanya akan memberi kita sebuah ilmu, tanpa jaminan kesuksesan materi. Nyatanya, banyak kalangan pengusaha, pejabat negara, seniman, sampai tokoh agama yang tidak memiliki ijazah perguruan tinggi, mereka berhasil menjadi orang yang sukses dibidangnya masing-masing. Mau tahu siapa saja, tokoh terkemuka yang tidak pernah memiliki ijazah perguruan tinggi?

1. Bill Gates

Bill Gates merupakan orang terkaya di dunia dengan menjabat sebagai CEO perangkat lunak komputer Microsoft. Namun siapa sangka, orang terkaya nomor wahid di dunia ini tidak pernah menyelesaikan kulaihnya. Bahkan sampai menjadi orang paling tajir di muka bumi ini, Bill Gates tidak pernah memiliki ijazah sarjana.

Bill gates orang terkaya di dunia dan CEO Miscosoft (boomsbeat.com)

Sebelumnya Bill Gates memang pernah mengenyam pendidikan di Harvard University Amerika Serikat. Namun dia tidak pernah menyelesaikan kuliahnya dan harus keluar tanpa ijazah. Namun di luar itu, Bill Gates berhasil membangun bisnisnya di sektor teknologi bersama temannya, Paul Allen. Bisnisnya pun kini berkembang dan berhasil mengantarkan Bill gates menjadi orang terkaya di dunia.

2. Mark Zuckerberg

Mungkin saat ini pengguna facebook di belahan dunia berlatar belakang ada yang profesor, ilmuan, atau bahkan seorang rektor di perguruan tinggi. Namun siapa sangka, mereka para orang berpendidikan tinggi menggunakan fasilitas berjejaring yang diciptakan oleh pemuda yang waktu itu tidak lulus kuliah.

Mark Zubeckberberg merupakan pendiri Facebook yang tidak lulus kuliah (bateman-group.com)

Boleh dikatakan Mark merupakan junior dari seorang Bill Gates, sebab Mark juga pernah kuliah di Harvard University, namun waktu itu hanya bertahan di semester dua. Mark lebih tertarik dengan situs jejaring yang ia garap, dan ia memilih meninggalkan kampusnya. Saat ini Mark masuk kedalam salah satu orang terkaya di dunia.

3. Jack Dorsey

Pesaing berat facebook, yaitu Twitter juga memiliki nasib yang sama dengan media sosial bercirikan warna biru putih itu. Twitter juga dibangun oleh pemuda yang sama sekali tidak pernah mendapatkan ijazah sarjana, meskipun sang pemiliki Jack Dorsey pernah dua kali menjajal kampus bergengsi, yaitu Missouri University of Science and Technology,dan New York University.

Jack Dorsey si pendiri twitter (fastcompany.net)

Dari kedua kampus tersebut, Jack Dorsey sang pembuat sekaligus pemiliki Twitter tidak pernah mendapatkan ijazah. Sebab ia keluar sebelum menyelesaikan perkuliahannya.

4. David Karp

Dari sebagian kamu mungkin ada yang memiliki akun Tumblr? Akun yang mengkolaborasi media sosial dan blogger ini memang belum banyak digunakan di Indonesia, yah dibandingkan dengan facebook, twitter, instagram, dan media sosial lainnya. Namun meskipun demikian, tumblr masuk ke 9 besar website yang paling banyak dikunjungi di Amerika.

Tidak pernah kuliah David Karp berhasil membangun Tumblr (jamesdigioia.com)

Tumblr juga kini merambat ke Indonesia, tidak sedikit penulis ternama yang menuangkan idenya di website ini. Timblr pun sama dengan pendahulunya, yaitu facebook dan twitter, ia ditemukan oleh pemuda yang tidak menyelesaikan kuliahnya. Ialah David Karp, Bahkan Karp tidak mendapatkan ijazah SMA, sebab ia memilih keluar dari sekolahnya pada tahun 2000 dan memilih belajar di rumahnya.

5. Steve Jobs

Nama yang satu ini juga tentu tidak asing bagi generasi millenial, terlebih bagi penggemar teknologi Apple. Dibalik kesuksesan perusahaan elektronik Apple, ada nama Steve Jobs sebagai CEO dari salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia ini.

Steve Jobs CEO Apple merupakan salah satu orang paling berpengaruh dibidang teknologi (marshallmashup.usc.edu)

Apple merupakan penggagas ponsel pintar iPhone yang sekarang menjadi smartphone unggulan di masyarakat. Dari tangan Steve Jobs lah Apple menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini. Padahal, secara akademik Steve Jobs bisa dikatakan gagal, pasalnya ia hanya duduk di bangku kuliah di semester awal saja.

Ia gagal menyelesaikan studi di Reed Coolege, Oregon. Namun kegagalannya tersebut membuat ia bisa fokus membangun perusahaan Apple, hingga merajai perusahaan teknologi seperti sekarang ini.

6. Jose Mourinho

Mendengar nama Jose Mourinho mungkin sebagian dari kita akan ingat dengan tim Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, atau mungkin juga Manchester United. Sebab pelatih sepakbola yang mendapat julukan The special one ini merupakan pelatih tersukses yang berhasil menangani tim-tim besar di dunia sepakbola.

The specialis one, pelatih sukses yang gagal mendapatkan ijazah kuliah (mldspot.com)

Bukti Mou dikatakan sebagai pelatih terbaik saat ini, bisa dilihat dari prestasi-prestasi tim yang pernah ditanganinya. Bahkan secara individu Mou berhasil mendapatkan penghargaan dari FIFA dengan meraih Ballon d’Or Best Coach pada tahun 2010.

Namun dibalik kesuksesan karirnya, Mou juga tidak pernah menyelesaikan kuliahnya. Ia keluar dari salah satu perguruan tinggi ternama di London, saat itu Mou menjadi mahasiswa jurusan ekonomi. Namun Mou memilih keluar dari kampus dan berkarir di dunia sepakbola.

7. Sujiwo Tejo

Mungkin sebagian dari kamu ada yang berfikiran kondisi di Indonesia tidak sama dengan kondisi di luar negeri, dimana di Indonesia kalau mau menjadi orang sukses harus kuliah dulu. Itu pandangan yang kurang tepat menurut saya, pasalnya di Indonesia juga banyak orang besar yang tidak pernah mendapatkan gelar sarjana.

Sujiwo Tejo mahasiswa fisika yang menjadi dalang dan seniman (indonesiakaya.com)

Salah satunya ialah seniman Sujiwo Tejo, seniman sekaligus dalang nyentrik yang mendeklarasikan dirinya sebagai Presiden Jancuk ini nyatanya tidak pernah menyelesaikan kuliahnya. Sujiwo Tejo pernah mengenyam pendidikan di jurusan Fisika masuk tahun 1980 dan jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung. Namun ia tidak pernah menyelesaikan kuliahnya.

Mbah Jancuk (sebutan Sujiwo tejo) lebih memilih dunia seni dan kepenulisan, ia juga sempat menjadi wartawan di harian kompas selama 8 tahun. Saat ini Sujiwo Tejo berhasil menulis belasan buku. Buku-bukunya yang terkenal antara lain Republik Jancukers (Kompas, Desember 2012), Rahvayana ‘Aku Lala Padamu’ (Bentang Pustaka, Mei 2014) dan Lupa Endonesa Deui (Bentang Pustaka, Januari 2014)

8. Emha Ainun Najib

Kesuksesan tidak hanya berupa materi, kedalaman ilmu dan kemapanan dalam sosial masyarakat juga bisa dikatakan sukses. Inilah kesuksesan yang diraih oleh tokoh intelektual yang bernafaskan Islami, Emha Ainun Najib atau yang lebih dikenal dengan Cak Nun.

Cak Nun, tidak menamatkan modnodk di Gontor, dan keluar dari Fakultas Ekonomi UGM (nugarislurus.com)

Cak Nun setidaknya dua kali tidak menyelesaikan masa pendidikannya. Yang pertama saat ia masih mondok di Pesantren Gontor, Cak Nun harus keluar terlebih dahulu dari teman-teman seangkatannya karena terjadi persoalan dengan pondok. Yang kedua ialah saat Cak Nun kuliah di UGM Yogyakarta, Ia hanya betah sampai di semester satu Fakultas Ekonomi.

Namun meskipun demikian, keilmuan dan wawasan keislaman, politik, sosial dan kebudayaan Cak Nun tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan Cak Nun merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh disaat reformasi, Cak Nun juga pernah dipanggil ke Istana Merdeka oleh Presiden Soeharto untuk diminta nasihatnya.

9. Susi Pudjiastuti

Terakhir, ialah Menteri paling fenomenal saat ini yaitu Susi Pudjiastuti. Ia merupakan satu-satunya Menteri yang secara formal hanya mengantongi ijazah SMP. Namun meskipun demikian, ia menjadi salah satu Menteri dengan raport terbaik. Bahkan ia kerap mendapatkan penghargaan dari dalam maupun luar negeri.

Susi Pudjiaastuti merupakan satu-satunya menteri dengan pendidikan formal SMP (detak.co)

Itulah sembilan tokoh dan orang sukses di dunia ini yang tidak mengantongi ijazah sarjana. Meskipun Ijazah sarjana dibutuhkan, namun itu bukan yang paling terpenting. Sebab untuk menggapai kesuksesan hal yang paling utama ialah impian dan tekad yang kuat, usaha sampai titik darah penghabisan, dan doa.

2.5k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,