Selain Obat Antimabuk, 8 Jenis Obat-Obatan Ini Wajib Kamu Bawa Saat Mudik

Biar mudik lancar dan nggak tumbang di kampung halaman

Tak terasa, beberapa hari lagi umat muslim akan merayakan hari Idul Fitri. Momen yang dikenal juga sebagai Lebaran ini sekaligus menjadi ajang bagi para perantau untuk mudik ke kampung halamannya. Bagaimanapun juga, tradisi mudik sudah mendarah-daging dan rasanya kurang afdol jika tidak dijalani oleh mereka yang punya kampung halaman.

Baca juga : Sakit tapi tak berdarah! 4 tahun pacaran, pria ini tetap bisa senyum di pelaminan mantan

Tapi perlu diingat, mudik merupakan kegiatan yang melelahkan, baik bagi mereka yang memilih untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum. Oleh karenanya, ada baiknya kalau kamu mempersiapkan 8 jenis obat  berikut ini. Yah, hitung-hitung untuk pertolongan pertama di perjalanan, daripada kamu tumbang saat tiba di kampung halaman, bukan?

1. Obat antimabuk

obat antimabuk – radiusmedica.com

Sesuai namanya, obat antimabuk bisa kamu minum saat gejala mabuk di perjalanan mulai terasa. Obat ini wajib dibawa untuk kamu yang akan menempuh perjalanan jauh, terutama melalui jalan darat. Maklum, kondisi jalanan yang kerap tidak rata punya potensi besar membuat kita mual dan mabuk darat.

2. Obat sakit kepala

obat sakit kepala – ihsanerral.blogspot.com

Obat sakit kepala tak kalah pentingnya dengan obat antimabuk. Perjalanan yang jauh memang bisa membuat kepala jadi pusing dan lain sebagainya. Meski sakit kepala bisa ditahan, namun alangkah baiknya jika segera diobati, bukan?

3. Parasetamol

Parasetamol – jurnalbanua.com

Parasetamol bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri. Obat ini juga cocok diminum untuk meredakan demam. Tak jarang, ada anggota keluarga, terutama yang masih anak-anak, mengalami demam di perjalanan. Maka Parasetamol jelas wajib dibawa saat mudik.

4. Minyak kayu putih

minyak kayu putih – amazonaws.com

Minyak kayu putih dikenal juga sebagai minyak ajaib, karena banyak orang beranggapan bahwa segala penyakit yang diderita oleh para pemudik di perjalanan bisa selesai seketika dengan menggosokkan minyak ini ke tubuh.

5. Sirup herbal

sirup herbal – tokopedia.net

Saat ini, sudah banyak produk sirup herbal yang dijual di pasaran dengan kegunaan untuk mengusir penyakit macam masuk angin hingga menjaga stamina tubuh dari kelelahan. Selain praktis, sirup herbal juga ada yang bisa dicampur dengan minuman hangat sehingga rasanya lebih menyegarkan.

6. Obat diare

Obat diare – tokopedia.net

Dalam perjalanan, kadang kita mengkonsumsi makanan maupun minuman yang tidak bersih. Akibatnya, bisa saja kita terkena diare. Ini tentu mengganggu, karena kita jadi membutuhkan banyak waktu untuk sering berhenti ke toilet terdekat yang ada di sepanjang jalan. Oleh karenanya, obat diare juga wajib dibawa.

7. Obat luka

obat luka – tokopedia.net

Obat luka penting dibawa, terutama karena kita tidak tahu apa yang mungkin terjadi di sepanjang perjalanan. Bisa saja kita mengalami kondisi dimana ada bagian tubuh yang tergores dan terluka sehingga membutuhkan obat agar luka segera mengering.

8. Plester luka

plester luka – lebook.com

Setelah luka diolesi obat luka, maka langkah selanjutnya yang diperlukan adalah menutup luka tersebut dengan plester luka. Plester luka cukup baik untuk melindungi luka dari kuman sehingga tetap steril.

Bagaimana, apakah obat-obatan di atas sudah ada di daftar bawaan kamu saat mudik nanti? Atau kamu punya saran tambahan untuk obat yang wajib dibawa lainnya? Sampaikan di kolom komentar ya!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

7 Surga Tersembunyi di Sukabumi yang Keindahannya Harus Kamu Nikmati

Guys, Sebenarnya Biaya Nikah Itu Murah. yang Mahal Itu Gengsinya!