8 Hal Sepele Ini Ternyata Mampu Membuat Orang Lain Tersenyum, Sudahkah Kamu Melakukannya Hari Ini?

Meski sederhana, namun sangat bermakna

Kata orang, bahagia itu sederhana. Iya, sangat sederhana. Bahkan dengan kamu tersenyum saja, kamu bisa membahagiakan diri sendiri. Dan ternyata, membuat orang lain bahagia juga tidak sulit. Bahkan hal-hal sederhana saja sudah mampu membuat mereka tersenyum. Ketika melihat mereka tersenyum karena kamu, hatimu juga akan ikut bahagia.

Membuat orang lain tersenyum (wikimedia.org)

Sederhana sekali bukan? Ada banyak efek positif yang bisa dirasakan ketika kamu membahagiakan orang lain. Tak perlu melakukan hal yang muluk-muluk. Beberapa hal sederhana berikut ini bisa kamu lakukan untuk membuat orang lain bahagia.

Ucapkan terimakasih

Setiap menerima bantuan, apapun bentuknya, entah itu hal kecil atau besar, jangan lupa selalu ucapkan terimakasih. Sederhana memang, namun ucapan ini bisa membuat orang lain merasa dihargai bantuannya. Hingga mereka tak segan untuk kembali mengulurkan tangan padamu jika dibutuhkan.

Ucapkan terimakasih (fthmb.tqn.com)

Jangan memaki kurir yang datang terlambat

Karena kamu tak pernah tau kenapa si kurir sampai datang terlambat. Di samping itu membutuhkan waktu agar bisa mengantarkan pesanan kamu dengan selamat. Ucapkan saja terimakasih disertai senyum tulus. Itu sudah cukup memberi penghargaan pada mereka. Tak perlu mengucap kata yang tidak menyenangkan.

Jangan memaki kurir yang datang terlambat (singaporebusiness.com)

Jangan lewat lantai yang sedang di pel

Saat di kantor atau mall mungkin kamu menjumpai lantai yang sedang di pel. Jika bisa usahakan untuk tidak melewatinya. Lewat jalan lain, atau jika terpaksa berjalanlah dengan berjinjit. Hal ini dimaksudkan untuk menghargai jasa cleaning service yang sudah berusaha untuk membersihkan lantai tersebut.

Jangan lewat lantai yang sedang di pel (irp-cdn.multiscreensite.com)

Belanja baju? Kembalikan ke tumpukan semula

Ketika kamu berada di pusat perbelanjaan, tak jarang kamu akan melihat barang-barang yang tidak sesuai dengan tempatnya. Apalagi pakaian. Setelah selesai mencoba dan tidak ingin kamu beli, kembalikan saja ke tumpukan semula atau tumpukan yang tepat. Jangan membiarkannya begitu saja di tempat yang salah. Hal ini untuk menghargai penjaga toko yang sudah merapikannya.

Belanja baju? Kembalikan ke tumpukan semula (business.pinterest.com)

Tumpuk di tengah

Ketika selesai makan, kumpulkan dan tumpuk piring atau mangkuk kotor di tengah meja. Hal sederhana ini ternyata bisa membantu petugas pelayan di rumah makan yang kamu kunjungi. Bisa meringankan tugas orang lain akan memberimu kebahagiaan tersendiri, percayalah.

Tumpuk di tengah (huffingtonpost.com)

Buang sampah sendiri ketika di bioskop

Kamu yang hobi nonton film, tak jarang membeli makanan dan minuman kan? Setelah film selesai, usahakan untuk membawa keluar sampah bekas makanan dan minumanmu. Iya sih ada petugas yang siap membersihkannya. Tapi tak ada salahnya jika kamu membatu tugas mereka dengan membuang sampahmu sendiri kan?

Buang sampah sendiri ketika di bioskop (Time Out)

Terima brosur dari SPG

Ketika jalan-jalan, seringkali kamu menjumpai SPG yang memberikan brosur berbagai produk. Ambil saja sembari tersenyum. Jika kamu tidak tertarik, jangan pernah buang brosur tersebut di depan SPGnya.

Terima brosur dari SPG (pluspromotionsales.com)

Setidaknya sembunyikan dan buang di tempat yang agak jauh. Membuangnya di depan SPG akan melukai hatinya secara tidak langsung. Tapi jika kamu mau pura-pura membacanya, si SPG akan merasa dihargai.

Nongkrong di minimarket

Pernah nongkrong di mini market? Banyak orang yang meninggalkan bungkus makanan setelah selesai nongkrong. Meski ada petugas kebersihan, tak ada salahnya jika kamu membuang bungkus makananmu sendiri kan? Melakukan hal ini, kamu sama saja dengan membantu pekerjaan orang lain dan membuat orang lain bahagia.

Nongkrong di minimarket (pbs.twimg.com)

Nah itulah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak sulit bukan untuk membuat orang lain senang? Sudahkah kamu melakukan kebaikan tersebut hari ini? Setidaknya, berikan senyum tulus kepada orang yang menyapa kamu hari ini.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *