8 Fakta Tentang Tahapan Usia Manusia dan Berbagai Momen yang Mengikutinya

Hidup itu singkat, jangan buang-buang waktu yuk!

365
SHARES

Setiap tahunnya umur manusia selalu bertambah. Dan di setiap pertambahan ini pasti diikuti perkembangan baik fisik maupun mental. Tak hanya itu saja, pasti ada momen-momen maupun peristiwa yang terjadi setiap tahunnya yang menandai tahapan kehidupan, entah kamu sadari atau tidak. Misalnya saja kamu mulai bisa berjalan saat umur satu tahun, kamu mulai masuk sekolah dasar saat usia 6 tahun atau remaja usia 18 tahun dianggap siap menuju tahap kedewasaan. Setiap tahun yang dilalui akan semakin membentuk karakter dan kepribadianmu.


Ternyata, semua peristiwa dan momen juga memiliki puncaknya pada usia-usia tertentu. Misalnya saja kamu pasti bisa merasakan puncak puberitas di usia 17 tahun. Tak hanya itu, masih ada 8 fakta lain tentang tahapan usia manusia serta berbagai momen yang memiliki puncak pada usia tertentu.

Tahapan usia manusia (heidihelserphotography.com)

1. Usia 23 daya tarik perempuan terhadap laki-laki berada pada puncaknya, sementara daya tarik laki-laki akan semakin baik setiap bertambahnya usia

Menurut buku Dataclysm yang ditulis oleh Co-founder dari situs online-dating OKCupid disebutkan bahwa lelaki umur berapapun mengatakan bahwa perempuan sangat menarik di usia 20an. Dan puncak daya tarik ini ada di usia 23 tahun. Sedangkan bagi perempuan, lelaki yang atraktif adalah lelaki yang usianya lebih tua darinya. Tapi bagi perempuan usia di atas 30 tahun, justru lebih menyukai lelaki yang lebih muda.

daya tarik perempuan di usia 23 (static.pexels.com)

2. Kepuasan hidup memuncak di usia 23

Bicara tentang kepuasan hidup, manusia memang tak akan pernah puas sebenarnya. Tapi kepuasan hidup ternyata juga memiliki puncaknya. Hal ini didasarkan pada sebuah survey yang dilakukan di Jerman kepada 23.000 orang. Hasilnya adalah orang-orang yang berusia 23 tahun sangat puas terhadap hidupnya diihat dari banyak aspek.

Kepuasan hidup memuncak di usia 23 (bondibeauty.com.au)

3. Usia 25, kekuatan berada di puncaknya

Sejak lahir, otot selalu mengalami perkembangan dan salah satunya massa otot yang selalu lebih kuat. Nah otot ini berada pada kondisi terkuatnya ketika kamu berusia 25 tahun. Meskipun begitu, menjaga kebugaran di umur ini sangat perlu dilakukan. Hal ini supaya kamu bisa tetap sehat 10 hingga 15 tahun mendatang.

Kekuatan otot (stack.com)

4. Usia 26, usia puncak bersiap menikah

Berdasarkan data dari statistika, ketika usia 26 kamu telah bertemu dengan banyak orang dan memiliki pilihan tanpa harus menunggu terlalu lama. Kamu sudah sangat siap apabila ada yang mengajakmu menikah. Selain itu ada penelitian yang menyebutkan bahwa tingkat perceraian sangat rendah bagi kamu yang menikah diantara usia 28 hingga 32 tahun.

Siap menikah (rd.com)

5. Usia 30, puncaknya massa tulang

Tak hanya otot, tulang juga punya puncaknya. Tepatnya saat usia 30 tahun, tulang akan mencapai tingkat terpadat dan juga terkuat. Meskipun begitu, asupan vitamin D tetap harus kamu jaga. Hal ini agar tulangmu bisa kuat lebih lama.

Usia 30, puncaknya massa tulang (thebestrunningshoes.info)

6. Gaji perempuan naik paling tinggi di usia 39, sementara laki-laki di usia 48

Semakin giat kamu bekerja, tentu akan mempengaruhi pendapatanmu setiap bulannya. Hal ini juga tergantung dengan dinamisme ekonomi. Berbeda dengan masa muda dimana kamu bisa menghabiskan gaji hanya untuk keinginan, di usia puncak ini keinginan sudah berkurang bahkan tak ada lagi. Apalagi keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

Gaji perempuan naik paling tinggi di usia 39, sementara laki-laki di usia 48 (pendoasion.files.wordpress.com)

7. Usia 40, puncak pengertian pada perasaan orang lain

Ada sebuah penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan 10.000 orang, kemudian ditunjukkan foto beberapa orang kepada mereka. 10.000 ribu orang ini kemudian diminta menjelaskan emosi apa yang dirasakan orang di foto tersebut. Dan hasil dari penelitian ini, mereka yang berusia 40 hingga 50 tahunan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi emosi secara benar.

Usia 40, puncak pengertian pada perasaan orang lain (buzzlap.com)

8. Kepuasan hidup kembali memuncak di usia 69

Kepuasan hidup tak hanya memuncak pada usia 23 tahun tapi akan kembali lagi pada usia 69 tahun. Bahkan para orang tua yang usianya lebih dari 60 tahun bisa memiliki kepuasan hidup yang jauh lebih baik daripada mereka yang berusia 55 tahun ke atas tapi dihantui prediksi kematiannya sendiri.

Kepuasan hidup kembali memuncak di usia 69 (Pinterest)

Hidup itu singkat, bahkan sangat singkat. Jangan kamu sia-siakan waktumu yang berharga hanya untuk yang tidak penting. Manfaatkan waktu dengan melakukan yang terbaik, apapun itu.

365
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"