Kamu Akan Menyesal Jika ke Purwokerto Tanpa Mengunjungi 7 Wisata Keren Ini

Benar-benar sayang kalau kamu lewatkan…

Purwokerto, kota dengan banyak julukan ini merupakan ibukota Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah. Ambil saja salah satu julukannya, Kota Wisata. Julukan satu ini sepertinya tak berlebihan. Purwokerto memang punya banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya wisata tersohor Baturraden. Purwokerto terletak di selatan Gunung Slamet, salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa hingga kini. Letaknya yang di kaki gunung, membuat Purwokerto dikelilingi alam yang indah. Potensi ini sangat cocok dijadikan tempat wisata. Tak heran, Purwokerto tumbuh dengan julukan Kota Wisata. Kalau kamu berniat ke Purwokerto, atau bahkan mudik ke kota satu ini, kamu harus mengunjungi wisata-wisata berikut ini agar liburanmu tak sia-sia.

Baca juga : Biaya Hidup di 5 Kota Ini Jadi yang Termurah di Indonesia. Kotamu Ada?

(Via caraanoa.wordpress.com)
(Via caraanoa.wordpress.com)

1. Lokawisata Baturraden

Terletak di Karangwungu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas atau lereng sebelah selatan Gunung Slamet, Lokawisata Baturraden hanya berjarak 15 kilometer dari kota Purwokerto. Kamu hanya membutuhkan 30 menit untuk sampai kesana dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sampai disana kamu akan disambut dengan udara dingin dan sejuk, dengan pemandangan alam yang indah bak surga.

(Via rawalo-ku.blogspot.com)
(Via rawalo-ku.blogspot.com)

Selain alam lereng Gunung Slamet dengan pemandangan yang menakjubkan, disini kamu juga bisa menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang di Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturraden. Pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain itu ada juga Teater Alam. Kalau kamu melihat ada bodi pesawat yang terparkir disana, itulah lokasi Teater Alam. Kamu akan merasakan terbang naik pesawat sambil menikmati film pengetahuan alam. Kamu cukup membayar Rp 5.000 per orang untuk menikmati teater ini.

2. Kebun Raya Baturraden

Wisata yang satu ini bisa dibilang baru, karena diresmikan pada tanggal 20 Desember 2015 lalu. Sempat menjadi viral karena insiden selfie yang merusak tanaman disana. Namun karena insiden ini juga, Kebun Raya Baturraden mulai dikenal. Lokasinya yang berada di Desa Kemutuk Lor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas ini tak jauh dari Lokawisata Baturraden, haya berjarak 1,5 kilometer dari gerbangnya. Selain sebagai obyek wisata, Kebun Raya Baturraden juga difungsikan sebagai cagar alam.

(Via baturadenpariwisata.hol.es)
(Via baturadenpariwisata.hol.es)

Kebun raya seluas 143,5 hektare ini menyimpan berbagai macam tumbuhan khas Jawa. Ada sekitar 2637 spesies tanaman dengan pembagian 571 spesies tanaman, dengan 394 marga dan 196 suku. Kekayaan alam ini merupakan anugerah asli yang dimiliki Kabupaten Banyumas dan sebagian dibibitkan dari Kebun Raya Bogor. Kamu hanya perlu membayar Rp 14.000/orang dan parkir Rp. 3.000 untuk sepeda motor untuk bisa menikmati panorama indah yang cocok untuk latar belakang selfie kamu.

3. Pancuran Pitu

Pancuran Pitu atau pancuran tujuh ini sepintas terlihat unik karena warnanya yang emas kecoklatan. Bisa jadi kamu akan mengira coklat leleh yang keluar dari sana. Pancuran pitu ini merupakan salah satu sumber mata air panas yang mengandung belerang. Lokasinya ada dalam Lokawisata Baturraden, sehingga menjadi salah satu spot yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Baturraden. Sumber airnya berasal dari perut bumi yang memancar di kaki Gunung Slamet melalui 7 saluran air yang ada disana.

(Via jatramastravel.blogspot.com)
(Via jatramastravel.blogspot.com)

Untuk menuju kesana kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan jarak 2,5 kilometer dari Lokawisata utama. Atau kamu yang berjiwa petualang bisa juga mengunjungi Pancuran Pitu dengan gratis. Kamu hanya prlu berjalan melewati jalan setapak yang biasa digunakan oleh penduduk lokal.

4. Curug Cipendok

Curug yang satu ini berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Purwokerto, tepatnya di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Disini kamu bisa menikmati air terjun setinggi 92 meter yang dikelilingi alam yang masih asri dengan pemandangan yang mengagumkan. Obyek wisata yang dibuka pada 27 Februari 1987 ini dilengkapi beberapa fasilitas seperti cottage, jogging track, outbond, tempat parkir, tempat istirahat, dan juga kamar mandi. Banyak juga kios yang menjajakan makanan sehingga pengunjung tak perlu khawatir lapar.

(Via jelajahpurwokerto.com)
(Via jelajahpurwokerto.com)

Dalam perjalanan menuju lokasi, pengunjung dapat menikmati perkebunan tomat, cabai dan juga seledri dengan dihiasi sungai-sungai kecil berair jernih. Di air terjun tak hanya air jernihnya yang bisa kamu nikmati, pemandangan unik saat hewan langka elang jawa yang terbang berputar-putar di atas telaga menambah keindahan Curug Cipendok. Tak jauh dari Curug, kamu akan menemukan Telaga Pucung yang mempesona.

5. Curug Ceheng

Kabupaten Banyumas yang berlokasi di kaki Gunung Slamet bisa dibilang sangat beruntung. Selain alamnya yang masih hijau asri khas pegunungan, lereng Gunung Slamet banyak dihiasi curug indah yang menggoda untuk dijelajahi. Salah satu curug yang tak boleh ketinggalan adalah Curug Ceheng yang berlokasi di lereng tenggara Gunung Slamet, tepatnya di desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas atau 15 kilometer arah timur laut kota Purwokerto. Curug dengan ketinggian 13 meter ini akan meyambutmu ketika kamu sampai disana, tapi kamu harus berjalan dulu melewati tangga menurun sepanjang 400 meter.

(Via liatrihay.wordpress.com)
(Via liatrihay.wordpress.com)

Lokasinya yang berada ditengah hutan dan perkebunan menambah eksotisme Curug Ceheng. Curug yang dihiasi kolam yang tak begitu luas dibawahnya ini sangat efektif untuk menghilangkan penat yang kamu rasakan. Apalagi ditambah udara sejuk khas pegunungan.

6. Curug Nangga

Kalau kamu mencari yang baru, kamu bisa mampir ke Curug Nangga yang berlokasi di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen (Ajibarang), Kabupaten Banyumas. Curug ini memiliki keunikan yaitu memiliki tujuh undakan yang akan memanjakan liburanmu. Curug ini baru booming akhir-akhir ini. Saat menuju lokasi, kamu akan dimanjakan dengan alam yang indah dan masih asri. Fasilitas masih belum ada di tempat ini karena baru mulai dikenal. Disarankan menggunakan sepeda motor karena tempat parkir juga belum ada. Kamu bisa menitipkan motor di pekarangan warga.

(Via imaniawan.id)
(Via imaniawan.id)

Dari tempat pemberhentian kamu akan menempuh waktu 30 menit dengan jarak 2-3 kilometer yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Jalan yang ditempuh menurun dan lumayan licin, sehingga kamu harus mempersiapkan sandal dan peralatan yang tepat. Lelahmu menyusuri jalan akan terbayar lunas dengan pemandangan indah di lokasi air terjun.

7. Telaga Sunyi

Kamu yang membutuhkan ketenangan, sepertinya tepat mengunjungi tempat ini. Telaga Sunyi berlokasi dekat dengan wisata Baturraden sehingga mudah dijangkau. Lokasi telaga sendiri agak tersembunyi dengan dikelilingi pepohonan yang padat sehingga menimbulkan aroma khas pohon pinus. Keindahan telaga ini tak perlu diragukan lagi. Air tenang dan jernih menjadi ciri khasnya. Saking jernihnya kamu bisa melihat dasar telaga dengan jelas.

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

Telaga ini menjadi sumber mata air utama di kawasan ini. Keindahannya sangan cocok kamu jadikan latar belakang fotomu. Atau mungkin kamu hanya ingin duduk menikmati kesunyian? Bisa banget untuk bergalau ria.

Tak hanya berhenti di 7 wisata, Purwokerto dan Kabupaten Banyumas masih punya banyak wisata menarik yang wajib kamu kunjungi. Dijamin kamu tak akan menyesal jika berkunjung kesana. Atau kamu punya rekomendasi wisata asik lainnya di Purwokerto dan Kabupaten Banyumas? Yuk share dikolom komentar. Selamat ber-rekreasee!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

6 Tren Fashion Muslimah Bikin Penampilan Saat Lebaran Makin Cantik Cetar

Untung Besar, Inilah 7 Film Adaptasi Game Terlaris Sepanjang Masa