7 Surga Tersembunyi di Sukabumi yang Keindahannya Harus Kamu Nikmati

Tunggu apa lagi? Yuk ambil ranselmu sekarang!

Sukabumi merupakan sebuah kota dan kabupaten yang berada Tatar Pasundan, Jawa Barat. Wilayahnya yang sejuk dan asri membuat Sukabumi banyak digemari wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Apalagi didukung dengan banyaknya tempat wisata yang sudah terkenal hingga mancar negara, sebut saja diantaranya Geopark Ciletuh dan juga Pantai Pelabuhan Ratu.

Geopark Ciletuh, Sukabumi (ulinulin.com)

Tapi ternyata, Sukabumi tak hanya memiliki dua wisata tersebut. Masih banyak potensi wisata Sukabumi yang patut ditelusuri. Diantara wisata-wisata ini, beberapa tempat masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Nah berikut ini ada 7 wisata paling indah yang hanya dimiliki Sukabumi, cocok banget nih buat piknik sama keluarga, teman hingga gebetan!

1. Situ Gunung Sukabumi

Dalam bahasa Indonesia, ‘Situ’ memiliki arti danau. Iya, ini adalah wisata danau yang terletak tepat di kaki gunung Pangrango. Jika kamu baru pertama kali mengunjungi situ ini, kamu akan takjub dengan pemandangan yang disuguhkan. Sungguh, pemandangannya seperti lukisan pemandangan yang sering kamu lihat di galeri.

Situ Gunung Sukabumi (Pinterest)

Tak hanya pemandangan yang memanjakan mata, udara sejuk juga bisa membuatmu betah berlama-lama. Suasana tenang akan membuat pikiranmu kembali segar. Jika sempat, cobalah bermalam di camping ground yang disediakan.

2. Goa Buniayu

Kalau kamu suka petualangan yang memacu adrenalin, tempat ini wajib banget masuk ke list kunjungan. Goa yang terbentuk dari proses pengangkatan tektonik berjuta tahun lalu ini, telah dinobatkan menjadi wisata yang banyak dikunjungi. Di dalamnya, kamu akan menemukan pengalaman menyenangkan yang penuh tantangan.

Goa Buniayu, Sukabumi (superadventure.co.id)

Kamu bisa menyusuri goa ini dengan didampingi oleh pemandu wisata. Perjalanan menyusuri goa Buniayu memakan waktu hingga 5 jam. Dengan berbagai tantangan yang ada di dalamnya, fisik kuat sangat dibutuhkan. Karena tak hanya memacu adrenalin, wisata ini akan sangat melelahkan.

3. Taman Selabintana

Letaknya sangat dekat dengan pusat Kota Sukabumi, taman rekreasi ini sangat mudah sekali dijangkau oleh pengunjung. Meskipun dekat dengan kota, Selabintana memiliki pemandangan hijau yang sangat menyejukkan mata. Keindahan khas taman yang asri dan rindang juga bisa kamu temui disini, bahkan rumputnya selalu dijaga agar selalu segar.

Taman Selabintana, Sukabumi (staticflickr.com)

DI taman ini, kamu boleh piknik dan menggelar tikar. Tak hanya itu, taman Selabintana juga menyediakan fasilitas seperti kebun teh, ATV, flying fox hingga penginapan. Kamu hanya harus membayar 5 ribu rupiah untuk menikmati keindahan taman ini.

4. Kampung Ciptagelar

Sukabumi tak hanya unggul dengan wisata alamnya tapi juga punya wisata budaya yang tentunya juga dibalut dengan keindahan alam. Kampung Ciptagelar yang berlokasi di Kecamatan Cisolok ini kabarnya sudah berusia sekitar 650 tahun. Sebuah perkampungan tua nan unik yang masih dijaga keasliannya hingga sekarang.

Kampung Ciptagelar, Sukabumi (jhonyhutapea.files.wordpress.com)

Rumah-rumah yang ada di kampung ini memiliki struktur bangunan yang unik dan aneh. Tak hanya itu, warga yang tinggal disana juga memiliki pakaian adat khas yang unik. Kampung adat yang kental dengan budaya ini memiliki banyak hal menarik yang tak boleh kamu lewatkan.

5. Sungai Cicatih

Tak cukup menguji adrenalin di goa Buniayu? Tenang, masih ada sungai Cicatih yang siap memacu keberanianmu. Sungai Cicatih memiliki banyak wahana yang dijamin seru dan menyenangkan. Salah satunya arung jeram di sungai yang memiliki arus menantang ini. Tapi jangan khawatir, kamu akan didampingi oleh pemandu yang profesional dengan perlengkapan yang terjamin keamanannya.

Sungai Cicatih, Sukabumi (unlimitrip.com)

Tak hanya arung jeram, kamu juga bisa menikmati flying fox, tim building game, paint ball, dan aneka wahana lainnya. Semua permainan ini juga dibekali peralatan lengkap yang sudah teruji keamanannya, hingga kamu tak perlu khawatir terluka. Jadi, siap menantang nyali?

6. Kawah Ratu

Kamu yang hobi mendaki, wisata ini sangat cocok untukmu. Kawah Ratu menjadi wisata favorit para pendaki yang mampir ke Sukabumi. Untuk mencapai puncaknya, kamu harus mendaki selama kurang lebih 3 jam dengan jalur yang penuh tantangan.

Kawah Ratu, Sukabumi (sportourism.id)

Kawah yang terletak di lereng Gunung Salak ini merupakan kawah aktif yang masih mengeluarkan uap panas hingga saat ini. Untuk kamu yang berniat mendaki, disarankan untuk memakai pakaian dan perlengkapan yang aman. Lebih penting dari itu, fisik prima menjadi modal yang utama.

7. Pantai Cimaja

Jangan lupakan fakta bahwa Kabupaten Sukabumi beratasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Nggak heran kalau akhirnya Sukabumi dianugerahi deretan pantai indah yang tak boleh dilewatkan, salah satunya pantai Cimaja. Pantai ini sudah terkenal dikalangan turis mancanegara lho. Alasannya, ombak ganasnya yang menantang untuk ditaklukkan.

Pantai Cimaja (travelisindonesia.files.wordpress.com)

Lokasinya berada di Desa Cimaja dan berjarak sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Pantai ini sering menjadi lokasi kompetisi surfing. Kalau kamu ngaku hobi selancar, coba deh uji nyalimu dan taklukkan ombak di Cimaja.

Jadi, sudah tentukan kemana liburanmu selanjutnya? Udah, daripada bingung mending ke Sukabumi aja.

Selamat ber-Rekreasee!

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Agar Mudik Lebih Menyenangkan, 5 Aplikasi Khusus Mudik Ini Wajib Ada di Smartphone mu

Selain Obat Antimabuk, 8 Jenis Obat-Obatan Ini Wajib Kamu Bawa Saat Mudik