Gagal Kreatif, 7 Sinetron Indonesia Ini Memilih Meniru Film Luar Negeri

Ternyata film ada KW nya loh.

499
SHARES

Beberapa waktu lalu netizen sempat ramai dengan perbincangan dugaan penjiplakan adegan IP Man 3 pada teaser film Boy yang tayang di SCTV. Memang dari adegan teaser film Boy bisa dikatakan hampir 90% mirip dengan salah satu adegan di film IP Man 3. Dari pemilihan tempat kejadian, alur cerita adegan, sampai gerakan perkelahian aktor semuanya hampir menyerupai.

Adegan teaser sinetron Si Boy diduga meniru adegan di film Ip Man3 (sctv.co.id)

Sebenarnya bukan pertama kali pecinta film Indonesia dibuat kesal oleh para produsen film. Pasalnya beberapa film sinetron unggulan yang mendapatkan ratting bagus, justru ide ceritanya diduga meniru film luar negeri. Mau tahu film sinetron apa saja yang meniru film luar negeri? Inilah 7 film tersebut.

1. Kau yang berasal dari bintang meniru film my love from the star

Film yang dibintangi oleh Nikita Willy dan Morgan Oey sempat meramaikan layar televisi kita. Bahkan sinetron ini pernah menjadi sinetron unggulan di stasiun televisi nasional kala itu. Namun ternyata film ini diduga meniru drama Korea yang berjudul My love from the star.

Sinetron kau berasal dari bintang meniru drama Korea my love from the star (brilio.net)

Selain memiliki judul yang sama, film kau berasal dari bintang juga memiliki kisah yang sama. namun meskipun demikian, pihak produksi film kau yang berasal dari bintang menyangkal jika pihaknya sudah mendapatkan izin dari produksi film my love from the star.

Namun setelah di konfirmasi, stasiun Tv Korea SBS, menyangkal jika sudah memberikan izin tersebut. Kasus ini pun sempat menjadi headline di beberapa media di Korea.

2. Sinetron benci bilang cinta meniru film princes hours

Sinetron Benci Bilang Cinta yang dibintangi oleh Marshanda dan Baim Wong tidak kalah tenarnya, film yang mengisahkan perjodohan antara gadis miskin dengan seorang anak orang kaya yang mewarisi harta keluarganya. Namun siapa sangka film ini ternyata sangat mirip dengan drama Korea Princes Hours.

Sinetron benci bilang cinta meniru drama Korea Princes Hours 

Bahkan konsep dari kedua film tersebut sangatlah mirip. Jika ada yang membedakan ialah latar belakang keluarga pria, jika di princes hours dari keluarga kerajaan namun di sinetron benci bilang cinta dari keluarga pengusaha konglomerat.

3. Demi cinta memiliki kisah yang sama dengan film Endless love

Sinetron Demi Cinta sangat memiliki kemiripan dengan drama Korea yang berjudul Endless Love. Keduanya memiliki cerita dan konflik yang sangat sama, bermula dari tertukarnya bayi si miskin dan si kaya, yang kemudian baru diketahui setelah dewasa, dan pemeran utama cewek tersebut terlanjur jatuh cinta dengan kakaknya yang berasal dari keluarga kaya.

Demi cinta meniru drama korea Endless Love (moslor.com)

4. Pura-pura kawin meniru full house

Full house salah satu drama terpopuler di Korea juga tidak tertinggal dicontek oleh produsen film Indonesia. Kisahnya yang berhasil menarik pecinta film membuat produsen film yang gagal keratif untuk meraih pasar menconteknya. Di Indonesai Sinetron Pura-pura kawin diduga kuat menjiplak cerita dari Full House. Keduanya memiliki alur cerita yang sangat mirip. Atas film pura-pura cinta dengan full house pun banyak kalangan yang mengkritik film yang sempat tayang di SCTV ini.

sinetron pura-pura kawin meniru drama Korea full House (wawker.com)

5. Sinetron cinta remaja meniru drama Sassy girls chun hyang

Sinetron lainnya yang meniru film luar negeri ialah sinetron Cinta Remaja, pernikahan dua anak muda yang saling membenci karena kesalahpahaman ini ternyata sangat mirip dengan drama Korea Sassy girls chun hyang. Bahkan adegan pertama kali keduanya bertemu juga sangat persis dimana si cewek dengan tidak sengaja merusak hp si cowok.

Sinetron cinta remaja meniru drama Korea Sassy girls chun hyang (wawker.com)

6. Siapa takut jatuh cinta meniru film Meteor Garden

Kamu anak 90an tentu tidak asing dengan drama Korea yang satu ini, Meteor Garden. Drama Korea yang melejitkan nama Tao ming tse sempat booming di Indonesia. Kesuksesan eteor Garden di Indonesia membuat Insan Perfilman melihatnya sebagai peluang bisnis, akhirnya diproduksilah film yang memiliki cerita yang sama dari Meteor Garden dengan judul Siapa takut jatuh cinta.

Siapa takut jatuh cinta meniru drama meteor garden (duniaku.net)

7. Ganteng-ganteng serigala meniru Twilight

Pada episode-episode awal sinetron Ganteng-ganteng serigala memiliki cerita yang sangat mirip dengan film Twilight, dimana ada keluarga serigala yang bersekolah di sekolah manusia dan salah satu diantara mereka ada yang jatuh cinta dengan manusia. Namun karena mendapat kritikan dari berbagai pihak, akhirnya GGS sebutan untuk film ganteng-ganteng serigala  mengembangkan cerita sendiri.

Ganteng-ganteng serigala meniru Twilight

Itulah 7 sinetron Indonesia yang meniru ide cerita dari film luar negeri. Memang sangat disayangkan, disaat banyak penulis fiksi yang berkualitas di negara kita, tetapi dunia perfilman kita gagal kreatif mencari ide cerita.

 

499
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,