7 Pernik Resepsi Pernikahan yang Bisa Kamu Pangkas Untuk Menghemat Biaya

Kelebihan dana resepsi jadi bisa ditabung untuk masa depan bersama pasangan, bukan?

Pernikahan adalah momentum sakral yang diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup manusia. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika pada akhirnya banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membuat resepsi pernikahan semegah mungkin.

Padahal kalau mau dicermati lebih dalam, sebenarnya kita juga tak perlu begitu saja menghamburkan uang untuk keperluan acara resepsi itu. Ada banyak pos anggaran pernik-pernik resepsi yang sebetuknya bisa dipangkas agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Undangan

Asal kreatif, undangan berharga murah pun bisa terlihat unik dan menarik (tribunstyle.com)

Saat ini banyak penyedia jasa pembuatan undangan pernikahan yang menawarkan beragam desain undangan yang menarik. Tak hanya itu, undangan yang dibuat pun bisa disesuaikan, mau menggunakan hard cover, soft cover, atau menggunakan emboss. Harga yang harus dibayarkan tentu lebih mahal ketimbang undangan model biasa. Padahal, selama informasi di dalam undangannya sudah jelas dan lengkap, tamu yang diundang pun sebenarnya tidak terlalu mempedulikan penampilan undangan tersebut, bukan?

2. Foto prewedding

Foto prewedding sederhana pun sudah lebih dari cukup.
Tak perlu membuang uang untuk prewedding di luar negeri atau konsep mahal lainnya (kapankamunikah.com)

Pada dasarnya, foto prewedding yang dipasang di gedung resepsi digunakan untuk meyakinkan tamu bahwa mereka tidak datang ke resepsi yang salah, apalagi jika ada dua resepsi berbeda yang digelar dalam waktu bersamaan dan berdekatan. Oleh karena itu, sebaiknya tak perlu lah membuat foto prewedding dengan konsep atau lokasi yang sekiranya bisa menghabiskan banyak biaya. Misalkan saja foto prewedding di bawah air di Maldives. Foto di studio pun sudah lebih dari cukup kok asal kita punya konsep yang unik dan menarik.

3. Dekorasi

Tidak perlu menggunakan dekorasi yang terlalu mentereng,
yang penting nyaman dilihat dan tetap estetis (primeraweddingcadangan.blogspot.co.id)

Banyak orang bilang kalau ‘ada harga maka ada barang’. Sebenarnya tidak selalu begitu. Jadi misalkan kamu ingin mendapatkan dekorasi mewah untuk gedung resepsimu, tak berarti kamu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menyewa dekor terbaik. Kamu bisa mencari vendor yang punya penawaran lebih murah. Dengan sedikit kreativitas dan ide menarik, vendor bisa kok mengatur agar dekorasi berharga murah pun terlihat elegan.

4. Gaun pengantin

Gaun pengantin sederhana seperti yang dipakai Kate Middleton ini juga tetap terlihat anggun kan? (genmuda.com)

Pengantin wanita biasanya ingin terlihat bak seorang putri di hari pernikahannya. Oleh karenanya, mereka kemudian ingin mengenakan gaun yang spesial dan terlihat megah sekaligus anggun. Tak perlu repot-repot membuatnya secara khusus karena toh tak akan dipakai lagi. Menyewa pun usahakan agar bisa menemukan tempat persewaan yang punya banyak pilihan gaun menarik, jadi kamu bisa lebih menyesuaikan dengan dana yang ada.

5. Souvenir

Pilihlah souvenir yang tidak terlalu mahal namun ada manfaatnya (tokomesin.com)

Daripada mencari souvenir yang elegan dan berharga mahal, alangkah lebih baik jika kamu mencari souvenir dengan harga terjangkau namun punya fungsi dan manfaat yang bisa digunakan oleh para tamu undangan yang menerimanya.

6. Buket bunga

Buket bunga dengan pilihan bunga lokal juga tak kalah menarik kok (kantora.info)

Karena ingin terlihat serba wah, ada lho pasangan yang sampai memilih untuk menggunakan bunga tulip impor untuk buket bunga yang nantinya pun akan dilemparkan ke tamu undanga. Sebenarnya tidak masalah kalau kamu memang punya dananya. Tapi bukankah lebih baik menghematnya saja dengan menggunakan bunga mawar lokal yang dirangkai seindah mungkin?

7. Photobooth

Photobooth tak ada pun tidak masalah (singaporebrides.com)

Tren photobooth di gedung resepsi pernikahan memang sedang marak. Banyak pasangan yang sampai memikirkan secara khusus space untuk para tamu agar bisa berfoto di booth khusus ini. Meskipun menarik, sebenarnya photobooth bukanlah hal krusial. Toh para tamu pun biasanya memilih untuk menikmati hidangan sambil ngobrol dengan teman-teman yang ditemuinya. Bahkan mereka lebih

Dozan Alfian

Written by Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Ingin Berlibur ke Luar Negeri Namun Terkendala Soal Dana? Begini Cara Hematnya

Nyatanya, Traveling di Era Digital Tidak Membuat Liburan Lebih Mengesankan