Ramadhan Sebentar Lagi, Siap Kangen-Kangenan Sama 7 Momen Ini?

Siapkan hati dan pikiran untuk menyambut Ramadhan ya!

590
SHARES

Nggak kerasa hanya dalam hitungan hari saja, umat Muslim akan kembali berjumpa dengan bulan suci Ramadhan. Bulan puasa yang penuh limpahan berkah dan pahala ini memang layak untuk dinanti-nanti. Tidak hanya karena pahala yang dilipat gandakan, tapi juga berbagai kebiasaan khas Ramadhan yang menyenangkan. Kebiasaan yang sungguh membuat Ramadhan sangat berbeda dengan bulan-bulan lainnya.


Menyambut bulan Ramadhan (prelo.co.id)

Sebelum Ramadhan tiba, tak ada salahnya mulai siapkan diri, hati dan pikiran agar lebih konsentrasi menjalani ibadah. Tak hanya itu, yuk mulai siapkan diri kangen-kangenan sama 7 momen khas berikut ini.

1. Pengingat sahur yang unik

Bulan puasa memang tak bisa dipisahkan dari yang namanya sahur. Dan percayalah, setiap daerah di Indonesia pasti punya tradisi sahurnya yang unik. Ada yang membangunkan sahur dengan kentongan, dengan pengeras suara mushola, bahkan ada yang berkonvoi keliling untuk membagikan makanan sahur kepada masyarakat sekitar. Sudah siap dengan “peralatan” untuk bangunkan warga beberapa hari lagi?

Obrog-obrog (jatiwangiartfactory.files.wordpress.com)

2. Keributan anak kecil saat tarawih

Tarawih memang menjadi ciri khas Ramadhan yang banyak dirindukan. Sholat berjamaah yang -seharusnya- khusyuk ini terkadang juga diwarnai celoteh hingga tangisan anak-anak kecil yang bermain disekitaran masjid. Mereka biasanya berlari-lari hingga mengusili jemaah yang lain. Menyebalkan memang, tapi akui saja tanpa mereka sholat tarawih akan terasa sepi, iya kan?

Anak-anak saat tarawih (hendryyanto.files.wordpress.com)

3. Berderet takjil dipinggir jalan saat buka puasa

Setelah berjuang menahan haus dan lapar seharian tak jarang buka puasa jadi ajang “balas dendam”. Mau makan ini mau makan itu, semuanya di borong. Apalagi saat momen-momen buka puasa banyak sekali pedagang musiman yang menjajakan takjil di pinggir jalan. Mulai dari kolak, es buah, es pisang ijo, gorengan hingga aneka lauk pauk tak hentinya menggoda selera.

Penjual takjil di sepanjang jalan (terupdatenews.files.wordpress.com)

4. Suara ngaji di sore dan malam hari

Saat Ramadhan, semua amal baik yang kamu lakukan akan dilipat gandakan pahalanya. Apalagi jika waktu luang kamu isi dengan membaca Al-Quran. Salah satu yang paling dirindukan dari Ramadhan adalah suara orang membaca Al-Quran yang bersaut-sautan saat sore dan malah hari sesudah tarawih. Bahkan hanya dengan mendengarnya saja, pahalamu akan ditambah oleh Allah.

Suara mengaji dimana-mana (darulfithrah.com)

5. Ngabuburit dan ‘bukber’

Kegiatan yang satu ini sih biasanya akrab di telinga anak muda sembari menunggu buka puasa tiba. Jalan-jalan, nongkrong bareng hingga bagi-bagi takjil menjadi contoh kegiatan ngabuburit. Biasanya sih ngabuburit dilanjutkan dengan momen buka puasa bersama atau biasa dikenal dengan istilah “bukber”. Jadi, udah siapain jadwal kapan bukber bareng teman-teman?

Ngabuburit (nasionalisrakyatmerdeka.files.wordpress.com)

6. Kembang api dan petasan dimana-mana

Mungkin di awal-awal Ramadhan suara kembang api maupun petasan sangat jarang terdengar. Tapi akan lebih sering jika sudah mendekati hari raya Idul Fitri. Penjual petasan musiman biasanya mulai berjajar di pinggir jalan sebelum hari raya tiba. Suara petasan ini juga seakan melengkapi suasana Ramadhan yang khas dan menyenangkan.

Kembang api (ninasapphira.blogspot.co.id)

7. Mudik

Nah momen yang satu ini sih erat hubungannya dengan Idul Fitri. Tapi banyak juga masyarakat yang mulai mempersiapkan mudik jauh-jauh hari sebelum hari raya tiba. Bahkan ada yang memesan tiket bebrapa bulan sebelum Ramadhan. Ini semua dilakukan demi bisa berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman saat Lebaran tiba.

Mudik (bokunosekai.files.wordpress.com)

Nah itulah beberapa momen yang bikin Ramadhan terasa sangat spesial dibanding bulan-bulan lainnya. Jadi, sudah siap menyambut Ramadhan?

590
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"