Mudik Lewat Pantura? Inilah 7 Kuliner Lezat Sepanjang Jalan Pantura yang Wajib Kamu Coba

Referensi lezat saat mudik nanti.

Jalur pantai utara (Pantura) merupakan jalur terpadat saat musim mudik lebaran. Pada musim mudik 2017 yang lalu, sebanyak 3.652.718 kendaraan melintasi jalur pantura baik dari arah barat maupun dari arah timur.

Mudik lewat pantura (cdn.medcom.id)

Banyaknya volume kendaraan membuat jalur pantai utara dikenal sebagai rute langganan macet. Nah, buat kamu yang kerap terjebak macet di jalur pantura, tidak ada salahnya kamu mampir dulu mencicipi kuliner lezat sepanjang kawasan ini.

1. Empal gentong

Buat kamu yang sedang melewati jalur pantura Cirebon, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk berburu makanan khas Kota Udang, empal gentong. Sekilas empal gentong hampir mirip dengan gule daging.

Empal gentong khas Cirebon (global.cpcdn.com)

Namun perbedaan keduanya ialah, empal gentong tidak hanya menyuguhkan daging saja, melainkan juga jeroan. Selain itu, cara masak empal gentong juga terbilang cukup unik, yakni dimasak menggunakan kuali tanah liat (gentong).

Empal gentong biasanya dinikmati dengan lontong atau nasi. Untuk mendapatkan makanan khas Cirebon ini, kamu bisa menemukannya dengan mudah di sepanjang jalur pantura guys!

2. Sega Jamblang

Selain empal gentong, Cirebon juga memiliki makanan khas yang tidak kalah lezatnya, yakni sega jamblang. Dinamakan sega jamblang, ialah karena kuliner ini berasal dari daerah Jamblang, Cirebon.

Sega Jamblang khas Cirebon (cireboncinnamon.com)

Sega jamblang merupakan kuliner yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun jati. Biasanya untuk menikmatinya, kita akan disuguhi aneka lauk pauk seperti sate kentang, semur tahu kulit, ikan asin jambal roti, telor dadar, dan yang paling fenomenal ialah sambal gorengnya.

3. Sauto tauco Tegal

Banyak yang mengatakan jika sauto tauco merupakan soto khas Tegal, namun sauto ini berbeda dengan soto biasa. Kuliner yang banyak ditemukan sepanjang jalur pantura Tegal ini menggunakan bumbu tauco yang khas.

Sauto tauco Tegal (indonesiawisatategallakalaka.blogspot.co.id)

Ada beberapa pilihan sauto yang disediakan, biasanya terdiri dari sauto babad, daging ayam, atau campuran keduanya. Kuliner ini akan terasa nikmat saat dimakan dalam kondisi panas dan ditambah sambal kecap plus rawit. Jangan lupa krupuk dan gorengan sebagai pelengkapnya.

4. Kupat glabed Brebes-Tegal

Kupat Glabed Brebes (visitjateng.id)

Kupat glabed merupakan kuliner yang banyak ditemukan di sepanjang jalur pantura Brebes-Tegal. Kupat glabed sendiri merupakan potongan lontong yang disiram dengan menggunakan kuah santan kuning. Kuah yang kental dan biasanya ditambah dengan lauk sate entok membuat kuliner terkenal kelezatannya.

5. Sego Lengko

Kalau kamu makan di Warteg di Jakarta mungkin tidak asing dengan kuliner yang satu ini, sego lengko. Makanan yang satu ini memang khas daerah pantura, jadi kalau kamu lewat pantai utara dan tidak mencicipinya, kamu sangat rugi melewatkan makanan lezat ini.

Sego lengko khas pantura (global.cpcdn.com)

Sego lengko merupakan makanan yang terdiri dari nasi dengan lauk potongan tempe, tahu, mentimun, taoge, yang disiram dengan menggunakan sambal kacang dan kecap. Sego lengko terasa lebih nikmat dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. Untuk mendapatkan nasi lengko, kamu bisa menemukannya di warung makan sepanjang jalur pantura Tegal.

6. Soto grombyang

Kuliner lezat di jalur pantura selanjutnya ialah Soto grombyang Pemalang. Sekilas memang soto grombyang hampir sama dengan soto tauco, namun yang membedakan ialah campuran dari makanan yang satu ini.

Soto Grombyang khas Pemalang (primarasa.co.id)

Soto grombyang memiliki campuran parutan kelapa goreng (sundreng) yang membuat makanan ini memiliki cita rasa sendiri yang sangat khas. Menikmati makanan khas Pemalang ini, memang paling nikmat dalam keadaan hangat, terleboh dengan daging kerbau yang digunakan pada kuahnya membuat selera makan kita dijamin bertambah.

7. Nasi kebuli Pekalongan

Ada sebuah perkampungan Arab di jalan Surabaya, Pekalongan, yang terkenal dengan wisata kulinernya. Berbagai masakan timur tengah bisa kamu temui di salah satu kawasan heritage dengan arsitektur lawas ini.

Nikmatnya nasi kebuli Kampung Arab, Pekalongan (citarasaindonesia.co.id)

Salah satu kuliner yang paling banyak diburu ialah nasi kebuli. Salah satu rumah makan yang kerap diserbu para wisatawan ialah Rumah Makan Puas Pekalongan. Konon sih di rumah makan ini juaranya untuk rasa lezat nasi kebuli.

Itulah 7 kuliner di sepanjang jalur pantura yang bisa kamu coba saat mudik lebaran nanti. Yang perlu diingat, jaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat berkendara dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan lezat.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *