7 Kesalahan Saat Melakukan Charge Hp yang Bisa Membuatnya Cepat Rusak

Kamu pasti pernah melakukan salah satu kesalahan pengecasan berikut ini…

Bagi masyarakat modern, smartphone kini tidak lagi menjadi alat pelengkap kehidupan, namun sudah menjadi barang kebutuhan. Jika saja manusia modern tidak memegang hp sehari saja, pasti ada perasaan yang mengganjal dan gelisah.

kesalahan ngecas hp (catatanmini.com)

Semakin tingginya penggunaan smartphone di kalangan pengggunanya, membuat kebutuhan akan arus listrik guna mengisi smartphone pun meningkat. Sebenarnya hal ini sudah disiasati oleh produsen hp dengan meningkatkan kapasitas baterai, namun tetap saja pengguna merasa selalu butuh asupan listrik guna mengisi smartphone-nya.

Sayangnya, semakin sering kita mengisi hp, maka semakin menurun pula kualitas baterai di dalam hp kita. Terlebih jika kita mengisinya dengan asal-asalan. Mengisi daya smartphone yang asal-asalan, tidak hanya akan menurunkan kualitas baterainya, namun juga bisa merusak baterai dan perangkat keras smartphone kita. Berikut beberapa kesalahan proses pengisian baterai hp yang bisa merusak ponsel pintarmu.

1. Mengecas hp sambil main game

Banyak ditemui diantara kita, saking serunya bermain game sampai-sampai lupa waktu untuk mengisi baterai hp kita. Bahkan ada yang tidak mau melepaskan smartphone saat sedang proses pengisian daya, dan tetap memainkan gamenya.

Main game saat ngecas hp (pricebook.co.id)

Penggunaan hp saat sedang dalam pengecesan akan membuat baterai menurun kualitasnya. Selain itu, panas yang dihasilkan smartphone pun lebih tinggi, hal inilah yang membuat hp akan lebih cepat rusak saat dicas sambil digunakan untuk bermain game.

2. Terlalu sering menggunakan power bank

Pada mulanya, power bank diciptakan tidak untuk mengisi daya baterai, namun lebih untuk mempertahankan kapastitas baterai agar tidak mudah habis saat dalam kondisi darurat. Namun seiring berjalannya waktu, dengan mobilitas masyarakat yang tinggi dan tidak banyak waktu untuk menunggu proses pengecasan hp melalui listrik, masyarakat menggunakan power bank untuk proses pengisian baterai.

Bahaya terlalu sering menggunakan power bank (jalantikus.com)

Padahal, ada beberapa kekurangan pada power bank yang bisa merusak smartphone kita. Panas yang dihasilkan arus power bank jauh lebih tinggi dibandingkan arus listrik rumah tangga. Hal ini bisa memicu panas berlebihan pada baterai smartphone kamu.

3. Mengecas hp semalaman

Biasanya, sebelum tidur kita asik bermain hp hingga baterai mengalami low battery. Lalu kemudian kita mengecasnya hingga larut lagi. Kebiasaan mengecas hp semalaman tentu memiliki dampak yang tidak baik.

Mengecas hp semalaman (shopback.com)

Selain pemborosan arus listrik, pengisian semaca ini akan membuat baterai kelebihan kapasitas, dan jika dilakukan berulang kali bisa membuat bateraimu cepat kembung bahkan meledak.

4. Menunggu hp sampai benar-benar kehabisan baterai lalu baru mengisinya sampai full 100%

Mungkin kamu pernah berfikiran untuk mengecas hp sekalian jika benar-benar habis dan mengambilnya jika sudah full 100%? Memang hal ini membuat kamu tidak bolak balik mengisi baterai hp. Namun jika hal ini terus menerus dilakukan, kebiasaan itu akan membuat performa baterai menurun drastis.

Jangan menunggu hp kehabisan baterai (appmifile.com)

Posisi paling terbaik agar baterai awet ialah di kisaran 40% sampai 80%. Artinya, jika baterai kamu menunjukan angka 40%, kamu bisa mengecasnya dan jika sudah menyentuh angka 80%, kamu bisa melepasnya. Pengisian baterai diantara 40 dan 80 persen bisa membuat baterai lebih terjaga performanya dan tidak mudah cepat habis.

5. Mengecas hp diatas kasur

Mengecas hp diatas kasur juga sangat tidak baik bagi performa smartphone maupun kondisi baterai. Kasur atau barang empuk lainnya memiliki kemampuan menahan panas yang lebih besar dibandingkan bahan licin seperti lantai atau kayu.

Bahaya mengecas hp diatas kasur (widodbootloop.blogspot.co.id)

Saat kamu mengisi hp diatas kasur, maka panas akan terkumpul dan bisa membuat hp kelebihan panas. Pada beberapa kasus, pengecasan seperti ini bahkan bisa menimbulkan ledakan baterai yang diakibatkan panas yang berlebihan saat mengecas hp diatas kasur.

6. Menggunakan charger Kw atau palsu

Mengecas hp menggunakan charger kw atau palsu memang tidak akan langsung merusak smartphone kamu. Namun jika hal itu terus-terusan kamu lakukan, bisa merusak perangkat keras gawaimu.

Bahaya charger kw (jalantikus.com)

Kapasitas baterai charger kw biasanya berbeda dengan kapasitas baterai di smartphone mu. Inilah kemudian banyak ditemukan smartphone meledak saat mengecas menggunakan charger kw atau palsu.

7. Mengecas hp terlalu dekat dengan elektronik

Mengecas hp dekat dengan elektronik itu artinya sama saja dengan sengaja meningkatkan suhu smartphone kamu. Sebab jika kita mendekatkan smartphone kita dengan elektronik saat mengecas, maka smartphone kita akan mendapatkan aliran panas dari dua arah. Yakni arah dalam dan arah luar dan dari dalam.

mengecas hp dekat dengan elektronik bisa mengakibatkan panas berlebihan (jalantikus.com)

Arus panas dari luar sendiri diakibatkan oleh radiasi panas elektronik di sekitar smartphone. Seperti televisi, lapptop, atau kulkas. Dan arus panas dari dalam ialah panas yang dihasilkan dari proses pengisian baterai. Jika smartphone kamu mengalami suhu yang terlalu tinggi, hal itu akan membuat kerusakan di dalam perangkat smartphone mu.

Itulah beberapa kesalahan proses pengecasan hp yang sering kita lakukan, tetapi justru bisa membuat smartphone kita cepat rusak.

 

Tulis Komentarmu
Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Meminangmu Adalah Cara Terbaik Mengantar Hatiku Menemukan Jalan Pulangnya

Ketidakadilan Pendidikan Adalah Cara Indonesia Melestarikan Kemiskinan