Agar Mudikmu Berjalan Lancar, Hati-hati Saat Melewati 7 Jalan yang Penuh Misteri Ini

Tidak wajib percaya, tapi wajib waspada saat berkendara.

190
SHARES

Mendekati arus mudik, biasanya pemerintah disibukan dengan proyek perbaikan jalan dan pemberian rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jakur mudik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan.

Yang mau mudik hati-hati di jalan yah (fotokita.net)

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia memang masih sangat tinggi, bahkan banyak pihak yang mengatakan jika faktor kematian terbesar di Indonesia ialah akibat kecelakaan lalu lintas, baik darat, laut, maupun udara. Bahkan data dari pemerintah, korban kecelakaan pada tahun 2016 menunjukan angka 105.374 kasus, dengan korban meninggal dunia tercatat 25.859 orang, luka berat 22.939 orang, luka ringan 120.913 orang. Angka yang cukup besar untuk sebuah hilangnya nyawa.

Salah satu kecelakaan lalu lintas saat mudik (dephub.go.id)

Namun konon tingginya angka kecelakaan di Indonesia bukan hanya karena faktor konstruksi jalan yang kurang baik, atau kondisi kendaraan dan pengemudi yang kurang fit. Diluar itu semua ada hal mistis yang mengiringi berita kecelakaan di jalanan. Bahkan bagi para supir, ada beberapa jalan yang dikenal angker dan rawan kecelakaan. Terlepas benar atau tidak, mungkin kita bisa lebih hati-hati saat berkendara di 7 jalan ini.

1. Jalan di hutan Blora

Jalan yang perlu diwaspadai pertama ialah jalan di hutan Blora. Bagi para pengemudi bus malam, hutan jalan di hutan Blora dikenal dengan rute yang cukup angker, jalanan di sepanjang hutan ini sangat gelap dan sepi saat malam hari.

PO Garuda Mas yang nyasar ke tengah hutan (tirto.id)

Kisah mistis yang paling sering terjadi selain kecelakaan ialah tersesatnya bus di tengah-tengah hutan. Tidak sedikit bus yang mengalami hal aneh, hal ini yang dialami oleh bus malam PO Garuda Mas, jurusan Blora-Cepu yang tiba-tiba menyelonong masuk ke tengah hutan jati Kalimondang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin 13 Maret 2017 lalu.

Sebelumnya, Bus Jati Mas nopol K 1495 GE dengan sopir Santoso juga mengalami hal mistis. Saat itu, bus hendak menjemput siswa SDN 2 Plosorejo yang hendak berangkat study tour. Karena para siswa direncanakan berangkat pagi-pagi, akhirnya sang sopir menjemput sebelum waktu subuh.

Bus Jati Mas saat dievakuasi keluar dari hutan (harian.online)

Namun sampai di hutan Blora, sang sopir dijemput seseorang yang mengaku dari SDN 2 Plosorejo dengan mengendarai sepeda motor, ia bermaksud untuk menunjukan jalan kepada sang supir. Akirnya sang supir mengikuti orang tersebut dari belakang, namun ditengah-tengah perjalanan tiba-tiba lampu bus mati. Ahkirnya sopir dan kernet turun untuk mengeceknya, namun betapa terkejutnya sopir dan kernet tersebut, setelah mengetahui mereka ternyata berada ditengah-tengah hutan belantara yang tidak ada jalan setapakpun disekelilingnya.

2. Tanjakan emen

Jalan yang penuh misteri selanjutnya ialah Tanjakan Emen, mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah pernah dengar kisah mistis di tanjakan ini. Tanjakan Emen sendiri merupakan jalanan yang berada di Kabupaten Subang Jawa Barat.

Kecelakaan beruntun di tanjakan emen baru-baru ini (mediajabar.com)

Dinamakan Tanjakan Emen karena memang jalan ini menanjak, nama Emen sendiri merupakan nama seorang sopir pemberani yang melakukan perjalanan dari Bandung menuju Subang. Saat itu ia hendak mengirimkan ikan asin, namun nahas kendaraan yang ia bawa mengalami kecelakaan dan terbakar di tanjakan tersebut. Emen pun tewas terbakar di dalam mobil itu.

Dari kejadian tersebut, konon arwah Emen sering menganggu pengendara yang lewat di tanjakan itu. Banyak pengendara yang mengalami kecelakaan mengaku terjadi kejadian aneh sebelumnya, seperti tiba-tiba ada orang nyebrang, rem tiba-tiba blong, sampai supir atau penumpang yang mengalami kesurupan.

3. Jalan alas roban

Jalan alas roban juga tidak kalah angkernya dibandingkan dengan jalanan lain. Jalan yang berada di Kabupaten Batang ini dikenal sebagai salah satu jalan yang penuh keangkeran, konon di sepanjang jalan alas roban sering terjadi penampakan yang kadang membuat kaget pengemudi sehingga mengakibatkan kecelakaan.

Jalur alas roban dikenal rawan kecelakaan (detik.net.id)

Konon keangkeran di alas roban tidak terlepas dari sejarah di negeri ini, menurut banyak sumber, alas roban dibangun atas darah pekerja yang tercecer dimana-mana, karena jalan alas roban dibangun pada masa penjajahan Belanda dan pekerjanya disiksa jika tidak maksimal. Selain itu, alas roban juga diklaim sebagai tempat pembuangan mayat saat booming fenomena petrus, atau penembakan misterius.

4. Jembatan benteng Pontianak

Bagi masyarakat Pontianak, nama Jembatan Benteng pasti sudah tidak asing lagi ditelinga, terlebih bagi mereka yang menyukai kisah mistis. Jembatan Benteng menjadi lokasi paling angker di kota Pontianak, bahkan jalanan ini konon terjadi kecelakaan hampir setiap harinya.

Jembatan benteng dan simpang benteng di Pontianak yang dikenal angker (gajahh.com)

Kisah keangkeran jembatan benteng ini pernah diceritakan oleh salah satu warga bernama Agus, yang mengaku pernah melihat kuntilanak menyeret peti jenazah. Hal ini yang seperti dimuat di kompas.com. Menurut kesaksian Agus, ia melihat kuntilanak dengan rambutnya yang panjang menyeret peti mati dengan rantai.

Namun anehnya kuntilanak dan peti tersebut tidak menyentuh tanah, sehingga seretan tersebut tidak menimbulkan bunyi. Konon mahkluk penjaga di jembatan benteng inilah yang kerap menjadi faktor tingginya angka kecelakaan di jembatan benteng Pontianak ini. Jembatan benteng pontianak juga pernah ddatangi acara Tukul Jalan-jalan yang mengupas tentang misteri.

5. Tanjakan gombel Semarang

Tidak kalah angker dari Tanjakan Emen, Tanjakan Gombel di Semarang juga dikenal sebagai kawasan yang sangat angker. Jalanan yang berada di perbukitan di Semarang ini memang langganan kecelakaan. Banyak yang mengatakan jika saat melalui tanjakan ini, pengemudi dibuat merasa sangat nyaman sampai ngantuk, hingga terjadi kecelakaan.

Kondisi lalu lintas di tanjakan gombel yang penuh misteri (panoramio.com)

Konon keangkeran tanjakan gombel ini disebabkan oleh pembangunan jalan tersebut yang berada diatas pemakaman Cina. Jadi, sebelum jalan di tanjakan gombel ini dibangun, daerah tersebut merupakan area pemakaman Cina yang sangat luas. Hingga akhirnya dibongkar oleh pemerintahan Belanda untuk dijadikan jalan dan perumahan, sampai sekarang di daerah tersebut masih banyak perumahan peninggalan Belanda.

Disebut sebagai tanjakan gombel juga, karena konon di tanjakan ini sering terjadi penampakan makhluk wewe gombel yang kerap menganggu pengguna jalan.

6. Tol Cipularang

Jalan Tol Cipularang menjadi jalan paling akngker selanjutnya, dijalan ini sering terjadi kecelakaan yang menyebabkan nyawa menghilang. Tol Cipularang berada di Kabupaten Purwakarta, masih berada di area Gunung Hejo. Konon, keangkeran Tol Cipularang juga tidak terlepas dari keangkeran Gunung Hejo yang sering menjadi tempat ritual masyarakat.

Salah satu kecelakaan di tol cipularang (okezone.com)

Hampir setiap bulan terjadi kecelakaan di Tol Cipularang, khususnya di kilometer 97. Konon disinilah sering muncul penampakan wanita berkerudung yang menyebabkan kecelakaan. Salah satu korban kecelakaan di Tol Cipularang ialah artis pedangdut Saiful Jamil beserta istrinya, dalam kecelakaan tersebut istri Saiful Jamil meninggal dunia.

7. Jalur pantura Subang-Ciasem

Jalur pantura memang dikenal sebagai salah satu jalur aling banyak memakan korban, bahkan jalur ini disebut-sebut sebagai jalur tengkrorak. Titik yang paling rawan terjadi kecelakaan ialah di jalur Subang-Ciasem. Di lokasi ini sangat rutin terjadi kecelakaan.

Kecelakaan di jalur tengkorak Subang-Ciasem (okezone.com)

Menurut beberapa saksi, di jalur itu terdapat sosok makhluk astral berupa seorang perempuan yang memiliki rambut panjang. Ia berdiri di pinggir jalan dengan tatapan mata yang tajam. Saat pengemudi melihat sosok tersebut, maka seakan-akan ia terhipnotis dan lalai dalam berkendara sehingga menabrak kendaraan di depannya atau menabrak pembatas jalan.

Itulah 7 jalan yang penuh misteri di Indonesia, meskipun kecelakaan tidak selalu diakibatkan oleh hal-hal mistis, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba lebih berati-hati saat berkendara dan tidak lupa pula berdoa sebelum berpergian.

190
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,