Meskipun Kaya Tujuh Turunan, 7 Hal Ini Tak Akan Bisa Kamu Beli dengan Uang!

Percayalah, uang bukan segalanya

1.1k
SHARES

Hidup mapan dan memiliki uang berlimpah menjadi impian banyak orang. Tak bisa dipungkiri bahwa uang memiliki peranan yang amat sangat penting dalam kehidupan manusia. Lebih dari sekedar alat pembayaran, kini uang juga bisa menjadi penentu kelas sosial. Dengan uang, kamu bisa membeli apapun yang kamu inginkan. Mulai dari rumah mewah, mobil, ponsel keluaran terbaru, liburan keliling dunia hingga cinta. Iya, banyak yang bilang bahwa sekarang uang bisa membeli cinta dan kebahagiaan.


7 hal yang tak bisa dibeli dengan uang (amazonaws.com)

Tapi nyatanya, uang tidak sekeren itu. Nggak semuanya bisa dibeli dengan uang meskipun kamu kaya raya tujuh turunan. Pecaya deh, 7 hal di bawah ini tak akan pernah bisa kamu dapatkan hanya dengan uang!

1. Waktu yang telah lewat

Waktu yang telah terlewat tak akan bisa kamu kembalikan dengan apapun, meskipun kamu menghabiskan uangmu ataupun meratapinya dengan penyesalan. Waktu tak akan bisa diputar ulang apapun yang terjadi. Mungkin kamu terlalu sering sibuk sekolah, kuliah, bekerja atau sibuk main sama teman-teman hingga sering melewatkan waktu bersama keluarga dan orang tercinta. Tentu dengan anggapan kamu masih memiliki banyak waktu yang lainnya.

Waktu yang terlewat (trbimg.com)

Tanpa kamu sadari kebersamaan bisa hilang begitu saja. Kamu tak memiliki kesempatan bahkan untuk ngobrol karena terlalu asik dengan duniamu sendiri. Hingga akhirnya orang-orang yang kamu sayang hilang satu persatu. Sungguh, kamu akan menyesalinya dan uang tak akan bisa mengembalikan segalanya.

2. Kepercayaan orang lain kepadamu

Membangun sebuah kepercayaan bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan waktu dan proses yang panjang serta perjuangan agar bisa dipercaya. Tapi merusak kepercayaan hanya membutuhkan waktu “sedetik”, bahkan satu kesalahan saja bisa menghancurkan seluruh kepercayaan yang sudah terbangun sejak lama. Sementara untuk memperbaikinya, butuh waktu selamanya.

Kepercayaan (roryvaden.com)

Selayaknya gelas yang pecah tak akan bisa kembali utuh seperti semula. Kepercayaan adalah perasaan yang tak bisa kamu beli dengan uangmu. Kamu tak bisa membayar orang agar kembali percaya kepadamu. Maka dari itu jika seseorang sudah percaya padamu, jaga baik-baik kepercayaan tersebut.

3. Kesehatan

Kebanyakan orang sering menyepelekan kesehatan di masa mudanya. Tak pernah menjaga asupan makanan, sering begadang, tak pernah olahraga hingga memiliki gaya hidup yang buruk. Memang dampaknya belum terasa, tapi jika masih saja dibiasakan bukan tidak mungkin kesehatanmu tak akan bertahan lama.

Kesehatan (dontchangemuch.ca)

Jika akhirnya kamu sakit-sakitan di masa tua, uang yang kamu kumpulkan saat muda hanya akan habis sia-sia untuk obat-obatan. Pada titik ini uang tak akan bisa mengembalikan kesehatan seperti semua. Dan kamu akan meyesali karena tidak menjagakesehatan dengan baik.

4. Perasaan tulus orang lain

Mungkin kamu bisa membeli cinta dengan uang, tapi tidak dengan perasaan tulus. Dengan uang kamu bisa membuat seseorang pura-pura mencintai ataupun menyayangi kamu, tapi kamu tak bisa membeli perasaan tulusnya.

Perasaan tulus orang lain (newhdwallpapers.in)

Kamu tak akan pernah tau apa yang ada di dalam hatinya. Sebanyak apapun uangmu, percayalah perasaan tulus sangatlah mahal dan tidak bisa dibeli dengan harta sebanyak apapun yang kamu punya.

5. Kedamaian hati dan jiwa

Kedamaian sesungguhnya adalah hal sederhana yang ingin dirasakan oleh semua orang. Meskipun sederhana, nyatanya kamu tak bisa membeli kedamaian dan ketentraman batin dengan uang. Banyak orang-orang kaya di luar sana yang hidupnya justru tak tenang karena memiliki banyak uang. Takut dirampok, takut bisnisnya berantakan, was-was dengan kompetitor hingga takut dimanfaatkan.

Kedamaian (msecnd.net)

Perasaan takut dan was-was inilah yang kemudian membuat hati tak bisa damai. Meskipun pergi ke tempat yang jauh sekalipun, perasaan cemas dan khawatir pasti ada. Hasilnya, mereka justru tak bisa menikmati hidup seperti yang diinginkan.

6. Kecerdasan emosional

Kecerdasan ini memungkinkan seseorang untuk memahami diri sendiri, paham perasaan orang lain dan juga efeknya terhadap kehidupan interaksi sosial. Selain itu, dengan kecerdasan emosi kamu juga bisa mengendalikan perasaan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saat ada masalah pribadi, kamu tidak lantas menumpahkannya di kantor atau saat tersinggung dengan rekan kerja, kamu masih bisa sabar dan menahan marah.

Kecerdasan emosional (drinkcoffee.com)

Nah kecerdasan emosi inilah yang terkadang tak dimiliki semua orang. Meskipun kaya tujuh turunan, belum tentu seseorang bisa memiliki kecerdasan emosi yang baik. Kamu pasti pernah deh ketemu orang kaya yang nggak bisa mengontrol emosi atau perasaannya hingga sering menyakiti hati orang lain.

7. Usia

Umur, usia manusia hanya Tuhan yang tau. Ini adalah hak prerogatif Tuhan yang tak akan bisa diubah atau dipengaruhi oleh apapun juga termasuk uang. Karena memang umur, jodoh, rezeki hingga takdir semuanya sudah diatur oleh Tuhan dan manusia hanya bisa mengikuti. Dengan kekayaan, kekuasaan dan juga kepintaran kamu tak akan bisa membeli umur atau meminta umur panjang.

Usia (natrasanuk.com)

Ketika ‘waktu’ manusia di dunia sudah habis, uang sebanyak apapun tak akan bisa kembali menghidupkan. Oleh karena itu lebih baik gunakan sisa umur yang kamu punya sebaik mungkin. Gunakan untuk berbuat baik dan mencari bekal ketika waktumu sudah habis.

Sekarang kamu pasti sadar bahwa uang bukanlah segalanya. Terlalu fokus mengejar duniawi hingga melupakan hal sederhana di atas kamu pasti akan menyesal di kemudian hari. Karena sebanyak apapun uang yang kamu miliki, semuanya tak akan berarti ketika kamu menghadap Illahi.

1.1k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"