7 Hal Bijak yang Harus Selalu Kamu Ingat Ketika Kesulitan Menghampiri Hidupmu

Ingat dan coba resapi

Hidup memang harus selalu disyukuri. Entah yang terjadi baik ataupun buruk, terduga maupun tidak terduga, suka maupun tidak suka. Kamu masih bisa bangun di pagi hari, melihat sinar matahari menerobos melalui celah kecil di jendela, menghirup udara pagi yang segar dengan kondisi badan yang sehat, mendapat kenikmatan sederhana seperti itu saja kamu wajib bersyukur. Karena bagaimanapun keadaan kamu sekarang, kamu tak akan pernah tahu di luar sana masih banyak orang yang bahkan jauh lebih menderita daripada kamu.

Baca juga : Tahu Istrinya Akan Buta, Kakek Ini Ikut Kursus Make Up Untuk Membantu Berdandan

Di dunia ini tak ada satupun manusia yang hidupnya luput dari kesulitan. Orang yang bahagia sekalipun, belum tentu tak memiliki masalah dalam hidupnya. Mereka hanya mencoba merasakan kebahagiaan sekecil apapun meskipun sedang berada dalam kesulitan terbesar sekalipun. Kamu yang saat ini sedang mengalami masa sulit dalam hidup, jangan putus asa. Kamu masih punya banyak hal yang bisa membantumu keluar dan segera bertemu dengan bahagia. Setidaknya saat kamu dalam kesulitan, 7 hal bijaksana ini bisa sedikit meringankan beban.

Hal Bijak yang Harus Selalu Kamu Ingat Ketika Kesulitan Menghampiri Hidupmu (badlegaindia.org)

1. Luka adalah bagian dari pendewasaan

Hidup itu tentang proses. Proses yang harus kamu jalani untuk kemudian sampai kepada tujuan. Proses yang akan membuatmu semakin dewasa. Dan ingatlah satu hal,  tiada pendewasaan tanpa adanya luka. Justru luka yang akan mengajarimu menjadi seseorang yang semakin kuat, semakin mengerti bagaimana untuk menjadi individu yang sebenarnya. Saat kamu dalam kesulitan dan terluka, ingatlah selalu bahwa itu adalah prosesmu menuju pendewasaan.

Luka adalah bagian dari pendewasaan (alphacoders.com)

2. Hidup -dan semua yang ada di dalamnya- hanyalah sementara

Hujan akan berhenti, luka bisa sembuh, matahari bisa tenggelam, malam akan selesai jika pagi mulai menjelang dan seperti itulah kehidupan. Apapun yang disebut dengan hidup -serta semua aspek yang ada didalamnya- tak akan berlangsung selamanya, termasuk kesulitan yang kamu alami. Percayalah, akan ada waktunya kesulitanmu menjadi sesuatu yang manis. Jika saat ini kamu sedang mengalami kebaikan maka nikmatilah karena itu tak akan berlangsung selamanya, tapi jika kamu sedang dalam keburukan, jangan khawatir karena kebaikan akan segera tiba.

Hidup -dan semua yang ada di dalamnya- hanyalah sementara (huffpost.com)

3. Khawatir dan mengeluh tak akan mengubah apapun

Iya memang itu kenyataannya. Percuma saja kamu merasa khawatir seharian ataupun mengeluhkan berbagai hal. Itu semua tak akan mengubah apapun, tak akan membuat hidupmu menjadi lebih baik. Mengeluh tentang hari kemarin tak akan membuat hari esokmu lebih cerah. Lebih baik berhenti dan mulailah untuk ambil tindakan. Ingatlah, kebahagiaan sejati justru akan datang kalau kamu berhenti mengeluh. Menerima keadaan dan mensyukurinya justru bisa menjadi sumber kekuatan untuk mulai hari baru dan mengubah hidupmu jadi lebih baik.

Khawatir dan mengeluh tak akan mengubah apapun (whitsundayprofessionalcounselling.com)

4. Setiap langkah kecil akan membawamu semakin maju

Dalam kehidupan, kesabaran bukan selalu tentang menunggu. Kesabaran adalah kemampuan untuk menjaga sikap tetap baik meskipun dalam perjuangan yang sangat berat. Kamu harus coba melangkah meskipun hanya sebuah langkah kecil. Entah nanti langkahmu akan disambut oleh kegagalan maupun keberhasilan, kamu tetap akan merasa lebih baik di setiap langkahnya daripada tak melakukan apapun. Dan suatu saat kamu akan menyadari setiap langkah yang kamu ciptakan adalah bentuk dari sebuah perjuangan menuju sesuatu yang kamu inginkan. Teruslah maju meskipun hanya selebar langkah bayi.

Setiap langkah kecil akan membawamu semakin maju (newstatesman.com)

5. Kenegatifan orang lain bukanlah masalahmu

Tetaplah menjadi positif ketika negatif mengelilingimu, tetaplah tersenyum meskipun banyak yang berusaha membuatmu jatuh. Itu adalah cara mudah untuk mempertahankan semangat dan menjaga fokus. Ketika orang lain memperlakukanmu dengan buruk, tetaplah jadi dirimu sendiri. Jangan biarkan kepahitan orang lain mempengaruhi dan mengubah hidupmu. Jika kamu percaya akan sesuatu, berjuanglah untuk meraihnya. Jangan khawatirkan apa yang orang lain pikirkan. Cukup pikirkan tentang dirimu dan apa yang harus kamu lakukan untuk sampai pada tujuan.

Kenegatifan orang lain bukanlah masalahmu (lifehopeandtruth.com)

6. Jika kamu percaya sesuatu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi

Kekuatan dalam hidup akan datang ketika kamu punya banyak kesempatan untuk menangis dan mengeluh tapi kamu justru memilih tersenyum dan menghargai hidup. Ada hikmah dalam setiap perjuangan yang kamu lakukan, kamu hanya harus membuka hati dan pikiran untuk melihatnya. Percayalah apa yang kamu inginkan pasti akan tewujud dengan perjuangan dan usaha yang kamu lakukan, tak lupa doa.

Pada akhirnya, mencintai hidup adalah tentang mempercayai intuisi, mengambil resiko, kehilangan dan menemukan kebahagiaan, menghargai kenangan dan belajar melalui pengalaman. Berhentilah khawatir dan meragukan jalan yang kamu pilih. Jika akhirnya kamu tak sampai persis pada apa yang kamu ingini, kamu akan berhenti pada sesuatu yang lebih baik dari itu.

Jika kamu percaya sesuatu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi (imgix.net)

7. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tetap berjalan

Iya, mungkin saat ini kamu sedang terpuruk karena kesulitan yang melanda hidupmu. Tak apa, kamu hanya harus segera bangkit lagi dan menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai. Bangkit lagi, coba lagi, belajar mencintai lagi, belajar untuk ‘hidup’ lagi dan bermimpilah lagi. Pelajaran paling baik dalam hidup terkadang datang pada saat terburuk. Ingatlah, kamu harus melewati beberapa kegagalan sebelum menemukan keberhasilan. Kamu harus melalui yang terburuk sebelum mendapatkan yang terbaik. Kuncinya, jangan menyerah dan tetaplah berjalan.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tetap berjalan (walldevil.com)

Iya, hidup memang keras dan sulit, tapi kami yakin kamu bisa melaluinya. Kamu adalah seseorang yang kuat, lebih dari yang kamu bayangkan. Teruslah tersenyum dan syukuri apapun yang kamu dapatkan dalam hidup.

Semangat terus ya!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

Mengenal Sejarah Siapa Sebenarnya Budi dan Ani dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

3 Hal yang Bikin Kangen Pacar. Tapi Kamu yang Lagi LDR-an, Hanya Bisa Sabar