Untung Besar, Inilah 7 Film Adaptasi Game Terlaris Sepanjang Masa

Warcraft di urutan nomor satu!

Warcraft telah membuat sejarah baru di dunia perfilman. Film yang sekarang masih diputar di bioskop ini berhasil menjadi film adaptasi game terlaris di dunia. Selain Warcraft, ada enam film lain yang juga masuk daftar film adaptasi game terlaris sepanjang masa. Menurut Box Office Mojo per tanggal 26 Juni 2016, inilah mereka:

7. Need for Speed (2014) – USD203,3 juta

Berjudul sama dengan game-nya, Need for Speed menampilkan beberapa mobil super, dari yang biasa sampai yang sangat eksotis. Ford Shelby Mustang, Carroll Shelby, Mercedes Benz SLR McLaren, Koenigsegg Agera R, Lamborghini Sesto Elemento, GTA Spano, McLaren P1, Buggatti Veyron, dan Saleen S7 adalah deretan mobil-mobil keren yang hadir di film besutan Scott Waugh ini.

Di Amerika Utara, Need for Speed hanya mendapat penghasilan USD43,5 juta, namun di Cina berhasil meraup USD66 juta. Maka tak mengherankan kalau akhirnya trio perusahaan Tiongkok yakni Jiaflix, China Movie Channel, dan 1905 Pictures ingin memproduksi sekuel film produksi DreamWorks ini.

6. Resident Evil: Retribution (2012) – USD240,2 juta

Resident Evil merupakan sekuel dari film Afterlife. Di film ini Alice (Mila Jovovich) ditangkap oleh Umbrella Corporation –perusahaan pembuat Virus T yang mampu mengubah manusia menjadi zombie. Masih disutradarai Paul WS Anderson, ada beberapa karakter dari game Resident Evil yang muncul selain Alice, seperti Jill Valentine (Siena Guillory), Ada Wong (Li Bingbing), Leon S Kennedy (Johann Urb), dan Carlos Oliveira (Oded Fehr).

5. Lara Croft: Tomb Raider (2001) – USD274,7 juta

Film ini berasal dari game berjudul sama, yang pertama kali dirilis oleh Eidos Interactive pada tahun 1996. Tokoh utamanya bernama Lara Croft, seorang arkeolog yang menjelajahi dunia untuk mencari artefak kuno yang sebagian besar ternyata mempunyai unsur mistik. Bisa jadi, Lara Croft adalah versi wanita dari Indiana Jones.

Lara Croft: Tomb Raider dibintangi oleh bapak-anak, Jon Voight dan Angelina Jolie. Bahkan di film ini, mereka juga memerankan bapak dan anak bernama Lord Richard Croft dan Lara Croft. Daniel Craig (pemeran James Bond dalam empat film terakhir) adalah bintang lain yang bermain di film ini sebagai kekasih Lara Croft.

4. Resident Evil: Afterlife (2010) – USD296,2 juta

Salah satu game PlayStation paling ikonik adalah Resident Evil, sebuah game perjuangan manusia menghadapi zombie. Pencapaian memuaskan itu membuat Sony Pictures mengadaptasinya menjadi sebuah film pada tahun 2002 dengan Milla Jovovich sebagai bintang utama yang memerankan karakter Alice. Sampai saat ini Resident Evil telah mencapai film kelima, dimana film keenam sedang dalam proses produksi dan direncanakan rilis tahun depan. Dari lima film tersebut, yang terlaris adalah Resident Evil: Afterlife, film keempat yang tayang pada 2010.

3. The Angry Birds Movie (2016) – USD329 juta

Dari game smartphone sederhana, Angry Birds menjelma menjadi merek raksasa yang mencakup boneka, serial televisi, wahana permainan, dan film berjudul The Angry Birds Movie. Film animasi 3D ini menceritakan sebuah pulau yang didiami para burung, Red si burung pemarah, Chuck si burung cepat, dan Bomb si burung penyendiri. Namun kedamaian mereka terganggu oleh sekawanan babi hijau misterius yang berusaha menjajah pulau tersebut.

2. Prince of Persia: The Sands of Time (2010) – USD336,4 juta

Prince of Persia: The Sands of Time dipenuhi bintang populer seperti Jake Gyllenhaal, Gemma Arterton, Ben Kingsley, dan Alfred Molina. Dalam film ini, Dastan (Gyllenhaal) dan Putri Tamina (Arterton) harus menghentikan seorang penjahat bernama Nizam (Kingsley) yang mengancam akan menghancurkan dunia dengan sebuah belati yang di dalamnya terdapat pasir ajaib yang bisa memutarbalikkan waktu.

1. Warcraft (2016) – USD381,7 juta (dan masih terus bertambah)

Dalam daftar box office Amerika Utara pekan pertamanya (10-12 Juni), Warcraft gagal merebut singgasana film terlaris yang diduduki oleh film horor The Conjuring 2. Perbedaannya pun jauh. Warcraft hanya meraih USD24,3 juta, sementara Conjuring 2 berhasil meraup USD40,3 juta. Di pekan kedua setelah rilis, film garapan Duncan Jones ini meraih hasil lebih mengenaskan, USD6,5 juta saja. Padahal, biaya produksi Warcraft mencapai USD160 juta.

Namun dii Tiongkok, Warcraft sukses besar. Pekan perdana mampu meraup USD156 juta. Pekan selanjutnya, film yang diangkat dari game buatan Blizzard Entertainment ini meraih USD46 juta, yang berarti memperoleh USD200 juta lebih di Tiongkok saja.


Dari ketujuh film adaptasi game terlaris di atas, mana yang paling kamu suka?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *