Biar Nggak Dikatain Norak, Yuk Patuhi 7 Etika Nonton di Bioskop Berikut Ini

Nggak mau kan di bioskop dikatain norak?

Dunia perfilman semakin mengalami perkembangan positif setiap harinya. Terbukti dengan menjamurnya berbagai film berkualitas yang menghiasi layar-layar bioskop di tanah air. Kualitas film ini jugalah yang menjadi salah satu pemicu banyak orang yang rela menonton di bioskop daripada nonton film bajakan. Bioskop memang tak pernah ditinggalkan oleh penggemarnya. Oleh karena itu sekarang fasilitas bioskop mulai banyak yang dibenahi. Bahkan bioskop juga mulai merambah kota-kota kecil di daerah. Jadi kalau mau nonton film nggak perlu ke kota besar dulu.

Baca juga : Jangan Jadikan “Sebatas Teman” Sebagai Alasan. Sebab Sebelum Pacaran, Kita Juga Sebatas Teman

Etika nonton di bioskop (clipartkid.com)

Kemajuan yang membanggakan ini sayangnya tak diikuti oleh kesadaran masyarakat tentang etika di dalam bioskop. Masih saja ada yang membawa kamera untuk merekam film yang diputar ataupun kelakuan tak beretika lainnya yang bikin sebal. Biar kamu nggak dikatain norak sama penonton lainnya, 7 etika sederhana ini harus kamu taati.

1. Mondar-mandir mengganggu penonton

Alangkah lebih baik -dan disarankan- tuntaskan dulu hajatmu di kamar kecil sebelum memasuki bioskop. Nggak lucu kalau setiap berapa menit sekali ada orang yang mondar-mandir di depan kita ketika lagi asik nonton. Jika memang kamu tak bakat menahan hajat, lebih baik pilih tempat duduk yang paling tepi dan memudahkan kamu untuk ke toilet.

Hal ini juga berlaku bagi penonton yang hobi banget telat. Menutupi pandangan, lewat didepan dengan sedikit berdesakan hingga tak jarang menginjak kaki adalah hal yang menyebalkan.

Mondar-mandir mengganggu penonton (wylvera.com)

2. Cahaya LCD yang mengganggu

Memang ada aturan di bioskop dimana penonton harus men-silent smartphone-nya. Tapi setelah di silent bukan berati kamu bebas memainkan smartphone di dalam bioskop. Cayaha dari LCD smartphone justru lebih mengganggu karena membuat penonton silau. Tak hanya itu saja, cahaya LCD ini juga bisa memecah konsentrasi dari film yang sedang diputar.

Cahaya LCD yang mengganggu (moviepass.com)

3. Diamlah meskipun kamu sudah menonton film itu berulang kali

Sungguh, dengan memberitahu orang lain tentang adegan maupun dialog yang ada dalam film kamu tidak akan dianggap pintar. Kamu justru akan mendapat label norak dan menyebalkan. Meskipun kamu sudah menonton film tersebut berulang kali, hargailah mereka yang baru sekali menontonnya. Dengan memberitahu setiap adegan kamu hanya akan mengganggu, membuat risih dan bikin emosi. Jadi, diamlah!

Diamlah meskipun kamu sudah menonton film itu berulang kali (salutemag.com)

4. Menaikkan kaki dan menggoyang-goyang kursi di depannya

Ini adalah hal paling tidak etis yang seharusnya TIDAK pernah kamu lakukan di bioskop. Apalagi kalau kamu duduk di bioskop reguler yang kursinya berhimpitan. Kecuali kamu duduk di studio premium, kamu boleh saja duduk sesuka hati. Menggoyang-goyangkan kursi hanya akan mengganggu penonton yang lain.

Menendang-nendangkan kaki pada kursi di depanmu juga tak boleh kamu lakukan. Dan yang paling memalukan adalah meletakkan kakimu pada sandaran kepala penonton di depanmu. Sungguh, tak hanya jorok hal ini juga nggak sopan dan melanggar aturan bioskop.

Menaikkan kaki dan menggoyang-goyang kursi di depannya (beritagar.id)

5. Jika anak menangis, keluarlah dan jangan egois!

Kamu mungkin pernah melihat orang tua yang membawa anaknya yang masih kecil masuk ke bioskop. Atau bahkan kamu sendiri pernah melakukannya? Nggak ada yang salah kok membawa anak-anak ke bioskop. Tapi kalau sekiranya anak tersebut merasa tak nyaman hingga menangis, lebih baik segera bawa keluar.

Jangan jadi orang tua egois yang membiarkan anak menangis tetapi kamu masih saja menikmati film di depanmu. Suara tangisan si kecil akan mengganggu penonton yang lain, selain itu apa iya kamu tega membiarkan buah hati terus merasa tidak nyaman seperti itu? Lebih baik keluar dan tenangkan dulu.

Jika anak menangis, keluarlah dan jangan egois (dietandi.com)

6. Membagikan cuplikan film di bioskop termasuk tindakan pidana

Mungkin niatnya biar terlihat keren ataupun pamer udah nonton film terbaru dengan membagikan cuplikan film lewat akun sosmed. Tapi hal ini justru akan membuatmu terlihat norak. Selain karena menebar spoiler yang bikin orang lain males nonton, kamu juga bisa disebut melakukan tindak pidana pembajakan.

Membagikan cuplikan film di bioskop termasuk tindakan pidana (beritagar.id)

7. Makan makanan dengan aroma menyengat

Memang tak ada yang melarang membawa makanan dan minuman masuk ke dalam bioskop. Tapi kamu juga harus tau aturannya. Berada di ruangan tertutup yang memiliki pendingin ruangan akan membuat bau menyebar dengan cepat. Nggak kebayang dong kalau aroma makanan yang kamu bawa menyengat hidung semua orang yang ada di dalam bioskop.

Itulah mengapa ada aturan yang melarang kamu membawa makanan dari luar. Karena pihak bioskop sudah menyediakan makanan dan minuman yang sesuai dengan standar bioskop.

Membawa makanan dengan bau menyengat (catch52.me)

Nah itulah beberapa etika yang harus kamu pahami. Karena bagaimanapun yang akan menikmati film tersebut tidak hanya kamu. Buatlah pengalaman menonton jadi menyenangkan untuk semua orang.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Serupa dan Hanya Beda Nama, 5 Makanan dan Minuman Ini Memiliki Beda Harga yang Signifikan

Pernah Jadi Pengurus OSIS di Sekolah? Pasti Rindu Dong dengan 7 Perlakuan Mewah Ini