7 Alasan Kenapa Kamu Membutuhkan “Pertengkaran” dalam Sebuah Hubungan

Kamu yang tak pernah bertengkar, yakin hubunganmu sehat?

Sama halnya dengan roller coaster yang naik turun, kamu juga membutuhkan fase naik turun dalam sebuah hubungan. Bayangkan saja jika sebuah roller coaster hanya berjalan lurus tanpa ada tanjakan ataupun turunan. Pasti akan sangat membosankan dan membuat penumpang jenuh. Begitupula dalam sebuah hubungan yang terkadang berada di puncak atau fase bahagia dan berada di bawah atau fase renggang.

Baca juga : Akibat Buruk yang Kamu Dapatkan Jika Mencintai Kekasih Secara Berlebihan

avalonrc.ie
avalonrc.ie

Tak bisa jika kamu hanya mengharapkan hubunganmu berada di fase bahagia saja. Karena prinsipnya semua hubungan pasti dibumbui dengan pertengkaran-pertengkaran. Tapi tahukah kamu? Pertengkaran justru akan membuat hubungan kamu dan dia makin erat. Dan inilah 7 alasan kenapa kamu justru membutuhkan pertengkaran dalam sebuah hubungan.

1. Kamu bisa tahu bagaimana sifat asli pasangan

Bukan tidak mungkin dia selama ini mati-matian menjaga perilaku agar sifat aslinya tidak ketahuan olehmu. Nah melalui sebuah pertengkaran, kamu bisa tahu bagaimana sifat dia sebenarnya. Bagaimana reaksinya saat mendapatkan masalah, bagaimana caranya menyelesaikan persoalan hingga seperti apa sifatnya saat bertengkar.

jeremymast.com
jeremymast.com

Tapi bukan berati kamu bisa seenaknya membuat dia marah atau mencari-cari kesalahan. Pertengkaran secara alami yang justru akan mengungkapkan sifat kamu dan pasangan luar dan dalam. Dengan begitu kalian bisa lebih tahu karakter masing-masing dan mencoba menyesuaikan diri dalam hubungan.

2. Menyampaikan uneg-uneg

Tidak sedikit seseorang yang merasa tak puas dengan sikap, perilaku maupun watak pasangan namun tak bisa mengungkapkannya. Yang terjadi justru saling sindir hingga hubungan terasa menegang dan aneh. Nah disinilah kamu terkadang membutuhkan pertengkaran agar tahu keinginan masing-masing.

listen-hard.com
listen-hard.com

Meskipun sebenarnya uneg-uneg tak perlu disampaikan lewat pertengkaran. Komunikasi baik-baik justru akan lebih menyenangkan. Tapi kalau komunikasi baik-baik sudah tidak bisa dilakukan, bertengkar justru jadi salah satu solusi agar bisa memahami keinginan satu sama lain.

3. Mengetahui dia benar-benar mencintaimu atau tidak

Meskipun sebenarnya untuk mengetahui hal ini kamu tak harus bertengkar dengannya, tapi cobalah sekali-kali. Seorang pria atau wanita dewasa yang benar-benar mencintai pasangannya tak akan dengan mudah meninggalkan setelah bertengkar hebat. Mereka akan menghadapi masalah dan berusaha mencari jalan keluar yang terbaik.

jillcohenmediation.com
jillcohenmediation.com

Nah jika pasangan kamu melakukan hal ini, tandanya dia benar-benar menempatkan kamu dalam posisi penting di hidupnya. Tetap disampingmu dan memperhatikan kamu meskipun kalian sedang bertengkar bisa menjadi salah satu cirinya.

4. Mengukur bagaimana responnya terhadap masalah

Apakah pasanganmu akan melarikan diri ketika masalah terjadi, ataukah dia akan bersembunyi hingga masalah mereda dengan sendirinya. Atau mungkin dia justru menghadapinya dengan respon-respon yang tak terduga? Semua kemungkinan di atas bisa terjadi jika kalian sedang dihadapkan pada suatu masalah.

lifehack.org
lifehack.org

Nah melalui masalah dan pertengkaran inilah kemudian kamu bisa mengukur bagaimana respon-respon atau tindakan yang dia ambil dikala dia terdesak. Kamu bisa menilai apakah apakah pasanganmu bisa mengungkapkan emosinya atau tidak. Yang harus kamu waspadai adalah, ketika pasanganmu tak pernah meluapkan emosinya dan hanya memendamnya saja.

5. Kamu jadi paham pentingnya komunikasi

Kebanyakan pasangan mengalami pertengkaran karena adanya kesalah pahaman. Nah salah paham inilah yang akan terjadi jika komunikasi tidak lancar atau bermasalah. Kamu sadar benar, satu kesalahan ucapan saja bisa mengakibatkan pertengkaran hebat. Makanya setelah bertengkar biasanya kamu dan pasangan akan lebih menghargai sebuah komunikasi.

huffpost.com
huffpost.com

Kamu dan dia akan lebih memiliki komunikasi yang berkualitas. Menghargai setiap obrolan yang kalian lakukan berdua, meskipun itu tentang hal-hal yang konyol. Kamu juga jadi belajar apa pentingnya mendengarkan setiap ucapan yang disampaikan oleh pasangan.

6. Melihat dari sudut pandang lain

Selain karena kesalah pahaman, penyebab pertengkaran biasanya karena salah satu pihak memaksakan pendapatnya dari satu perspektif saja dan itu merupakan pendapat pribadi. Dengan bertengkar kamu akan paham bahwa suatu masalah dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.

oafnation.com
oafnation.com

Kamu bisa belajar bagaimana sudut pandang yang diambil oleh pasangan. Memahami ternyata hidup terdiri dari banyak sudut pandang yang tak pernah terpikir sebelumnya olehmu. Dan pelajaran ini bisa kamu dapatkan melalui pertengkaran.

7. Tanpa bertengkar hubunganmu hampa

Sungguh, hubungan yang didalamnya tidak ada pertengkaran sama sekali justru tak boleh kamu jadikan relationship goals. Meskipun hampir tidak ada, hubungan yang tak memiliki pertengkaran sama sekali hanya akan berjalan datar dan hampa. Hubungan yang seperti itu biasanya cenderung membosankan.

hellodeadline.wordpress.com
hellodeadline.wordpress.com

Dengan adanya pertengkaran, hubunganmu justru akan lebih stabil. Naik turunnya bisa makin medekatkan kamu dan pasangan. Hal inilah yang kemudian akan menambah keharmonisan hubungan. Tak hanya itu hubungan juga bisa lebih langgeng dari mereka yang tak pernah bertengkar.

Bertengkar sekali atau dua kali sangatlah wajar, tapi kalau kamu dan pasangan nyaris bertengkar setiap hari ini yang harus kamu waspadai. Bisa jadi kalian memang tidak cocok tapi dipaksa untuk bersama. Apalagi sering bertengkar besar karena hal-hal kecil. Lihat lagi deh apa yang salah dengan hubungan kalian.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

9 Perilaku Aneh dari Tubuh yang Ternyata Merupakan Mekanisme Pertahanan

7 Teknologi Canggih di Tahun 2017 yang Akan Lebih “Memanjakan” Manusia