6 Wisata di Batu Malang Ini Menyimpan Sejuta Keindahan Alam di Atas Ketinggian

Bawa aku ke Batu Malang, please!

Menjadi salah satu kota wisata terbesar di Indonesia, Kota Batu memiliki jumlah kunjungan wisatawan terbanyak bersama dengan Bali dan Yogyakarta. Bukan menjadi satu hal yang mengherankan sih mengingat Kota Batu memang memiliki banyak wisata yang tak bisa diabaikan keberadaannya. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, semuanya sangat-sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Baca juga : Mbah Rasimun, Pria Tua Pembuat Payung Kertas yang Produknya Berhasil Mendunia

tipsjalan.com
tipsjalan.com

Kota Batu sendiri merupakan salah satu kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang, yang berada di ketinggian 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika Batu menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia dengan suhu udara rata-rata mencapai 12-19 derajat celcius. Berada di ketinggian, Kota Batu dianugerahi sekian wisata alam menakjubkan dengan sejuta keindahan. Beruntunglah kamu yang berdomisili atau merantau di Kota Apel ini. Berikut ini 6 wisata alam Kota Batu yang keindahannya tak perlu di ragu.

1. Air Terjun Coban Talun

Siapa sangka kota yang dikenal dengan “Swiss Kecil di Pulau Jawa” ini tak hanya memiliki apel dengan kualitas terbaik namun juga memiliki air terjun yang sangat indah. Salah satunya adalah air terjun Coban Talun. Air terjun asri ini berada di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Malang.

surabaya.panduanwisata.id
surabaya.panduanwisata.id

Untuk mencapai lokasi bisa dibilang membutuhkan sedikit perjuangan yang “menyenangkan”. Dari tempat parkir kamu harus jalan kaki menyusuri hutan pinus yang eksotis. Namun sebelum itu kamu diharuskan menyeberangi dua aliran sungai terlebih dahulu. Ketelitian memilih jalan sangat dibutuhkan dalam hal ini. Perjalanan yang akan menempuh waktu sekitar 30-60 menit ini akan membawamu pada air terjun Coban Talun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Jika beruntung, kamu bisa melihat bias pelangi yang indah di sekitar air terjun ini. Sungguh pemandangan yang sangat menawan.

2. Air Terjun Coban Rais

Kota Batu yang berada di ketinggian ternyata masih menyimpan banyak potensi wisata alam yang menggiurkan. Jika kamu masih belum puas dengan air terjun Coban Talun, cobalah untuk menjelajahi air terjun yang satu ini, Coban Rais. Lokasinya berada di Desa Oro-oro Ombo, Batu atau dekat dengan wisata Batu Night Spectacular dan Jatim Park II.

Esok Hari Nanti
Esok Hari Nanti

Untuk menuju air terjun dengan ketinggian 70 meter ini, kamu harus melewati bumi perkemahan dan area outbond yang luas, berjalan kaki selama 1,5 jam menyusuri tepi sungai dan hutan, berseling tebing dan jurang di satu sisi. Tak usah khawatir, lelahmu akan terbayar kok setelah sampai di lokasi. Air terjun yang berada di lereng gunung Panderman ini memiliki pemandangan ke arah kota Malang yang sangat indah.

3. Air Terjun Coban Putri

Kota Batu masih mempunyai satu lagi potensi wisata air terjun yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Air terjun ini bernama Coban Putri. Lokasinya berada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, atau sekitar 500 meter dari Jalur Lingkar Barat (Jalibar) Desa Tlekung dengan menggunakan sepeda motor. Walaupun tak lebih tinggi dari Coban Talun dan Coban Rais, Coban Putri yang hanya memiliki tinggi 35 meter dan lebar sekitar 3 meter ini tak boleh kamu sepelekan keindahannya.

Ferdy Waterfall
Ferdy Waterfall

Konon, nama Coban Putri ini diambil karena air terjun ini merupakan tempat mandi rahasia dari Putri Ken Dedes, permaisuri Ken Arok, Raja Singosari. Walaupun belum terlalu dikenal, Coban Putri memiliki keindahan tersendiri yang wajib di sambangi. Anggunnya air terjun dipadu dengan alam yang asri dan di iringi suara burung yang merdu. Perpaduan sempurna untuk nikmati akhir pekan.

4. Pemandian air panas Cangar

Bicara tentang keindahan wisata alam Kota Batu, kamu tentu tak boleh melewatkan Pemandian Cangar. Lokasinya berada di Desa Cangar, Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu dan berada di kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo. Berada di taman hutan, tentu membuat alam sekitar Pemandian Cangar sangat indah dan asri.

sinta.files.wordpress.com
sinta.files.wordpress.com

Pemandian Cangar sudah cukup dikenal oleh wisatawan karena memiliki air yang jernih, dan tempatnya yang bersih dan apik. Apalagi ditambah pemandangan dari alam sekitar yang mempesona, dijamin akan membuatmu betah berlama-lama. Pemandian ini memiliki dua kolam renang dengan tingkat panas yang berbeda.

5. Paralayang Batu

Kamu yang hobi dengan olahraga ekstrim yang menantang, Paralayang Batu wajib kamu coba. Lokasi olahraga ini ada di Gunung Banyak, hanya sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Batu. Untuk menikmati pemandangan Kota Batu dari udara dengan paralayang ini, kamu harus menyiapkan biaya sebesar 350-600 ribu rupiah. Tarif tersebut sudah termasuk sewa perlengkapan dan juga pendamping dari instruktur berpengalaman.

outboundindonesia.com
outboundindonesia.com

Jika kamu seorang pemula, kamu bisa terbang tendem dengan instruktur terlatih dan profesional. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir dan bisa lebih santai menikmati eksotiknya Kota Batu dari udara. Wisata paralayang ini buka pukul 07.00 pagi hingga pukul 16.00 sore.

6. Taman Selecta Batu

Sudah puas bermain air dan menikmati Kota Batu dari udara, kini giliran kamu melihat apiknya bunga-bunga yang tersusun rapi di sebuah taman megah. Bisa dibilang, Taman Selecta ini menjadi salah satu andalan yang banyak dikunjungi wisatawan. Taman yang sudah ada sejak tahun 1930 ini berlokasi di Jl. Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu.

setiatransport.com
setiatransport.com

Dengan luas sekitar 18 hektar, Taman Selecta terbagi menjadi empat bagian utama yaitu taman rekreasi, hotel, restoran, dan juga kebun. Taman ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti kolam renang, taman bunga, tempat outbond dan juga arena joging. Dengan keindahan alam dan hawa yang sejuk, tak heran jika Selecta masih menjadi favorit hingga kini.

Sungguh, 6 wisata alam di atas tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kota Batu. Berada di ketinggian, Batu benar-benar bisa memanjakan wisatawan dengan keindahannya. Yuk piknik ke Batu, Malang!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

4 Bahaya Mie Instan yang Paling Sering Diabaikan Anak Kosan

Fakta! Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja lebih Keren dari Mahasiswa lain