Nggak Disangka, 6 Merek Ini Berasal Dari Lokal Tapi Punya Rasa Internasional

Duh jadi makin bangga sama Indonesia~

226
SHARES

Saat kamu hendak membeli suatu barang, merek menjadi salah satu pertimbangan. Bagaimana tidak, merek bisa menentukan harga dan kualitas suatu barang. Semakin tinggi harga dan juga semakin terkenal merek yang ditawarkan, biasanya juga memiliki kualitas yang bagus pula. Nah terkait merek ini kebanyakan orang Indonesia lebih percaya kepada merek luar negeri dibanding dengan merek lokal. Sehingga barang import lebih diminati dan diburu dipasaran.

merek lokal rasa internasional (dagelan.co)

Padahal jika kamu mau teliti lagi, ada lho merek-merek lokal yang sudah menjamah internasional. Bahkan mungkin kamu sebagai orang Indonesia saja tak tahu bahwa sekian merek ini asli buatan dalam negeri. Hal ini juga menjadi bukti bahwa, kualitas produk Indonesia memang tak kalah apik dengan produk dari luar negeri. Bahkan mungkin bisa jauh lebih unggul. Biar bisa lebih mengenal produk lokal, yuk cari tau apa saja merek lokal berasa internasional berikut ini.

1. J.CO Donuts and Coffee

Pasti kamu nggak menyangka deh kalau merek yang satu ini ternyata hasil karya anak bangsa. J.CO pertama kali dibuka pada tahun 2005 di Supermall Karawaci. Perlahan namun pasti, perusahaan milik Johnny Andrean ini makin melebarkan sayap dan menunjukkan keberhasilannya dengan membuka cabang di beberapa daerah di Indonesia.

JCO donuts (youtube.com)

Bahkan saat ini J.CO juga telah membuka gerai di Malaysia, Singapura, Philipina dan juga China. Menu andalannya adalah donat dan kopi dengan kualitas internasional. Nggak heran selama ini banyak yang salah kira kalau J.CO milik perusahaan luar negeri.

2. Hoka-Hoka Bento

Restoran jenis franchise yang sering disingkat HokBen ini ternyata juga berasal dari Indonesia. Meskipun menawarkan produk makanan Jepang cepat saji dan memiliki konsep yang Jepang banget, nyatanya HokBen ini berada di bawah naungan PT. Eka Bogainti. Didirikan pertama kali pada 18 April 1985 di Kebon Kacang, Jakarta Pusat, HokBen menyajikan makanan Jepang yang sangat variatif dengan harga yang relatif.

Hokben (only1ivy.blogspot.com)

Hingga saat ini HokBen telah memiliki 350 gerai yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Sumatra dan Kalimantan. Meskipun buatan lokal, nyatanya HokBen memiliki rasa internasional yang berhasil menarik banyak pelanggan.

3. CFC

Dari namanya saja California Fried Chicken (CFC) kita pasti bisa menyimpulkan restoran ini berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Nyatanya, restoran berjenis franchise ini berada di bawah naungan perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983 dan hingga saat ini CFC telah memiliki 180 gerai di seluruh Indonesia.

CFC (Venoth’s Culinary Adventures – blogger)

Menu andalannya adalah ayam. Selain itu ada beberapa opsi menu lain seperti spaghetti, mie goreng hingga nasi goreng yang ditawarkan dengan harga relatif. Mungkin karena namanya juga mirip dengan salah satu restoran asal Amerika, CFC banyak dikira dari luar negeri.

4. Buccheri

Ketika memasuki mal-mal besar, kamu pasti melihat gerai sepatu ini tersebar dimana-mana. Dari namanya kamu pasti bisa menebak darimana Buccheri berasal. Iya, rata-rata orang mengira merek Buccheri berasal dari Eropa. Padahal, merek satu ini asli produk Indonesia!

Buccheri (dagelan.co)

Merek Buccheri ini diproduksi oleh PT. Vigano Cipta Perdana yang berasal dari Indonesia. Produknya berupa sepatu kulit dengan kualitas terbaik. Sepatu-sepatu ini sudah mulai diproduksi sejak tahun 1980. Tak hanya sepatu, Buccheri juga menjual tas kulit dengan kualitas yang tak kalah apik.

5. The Executive

Siapa yang menyangka kalau merek terkenal satu ini juga asli dari Indonesia. The Executive pertama kali didirikan oleh Johanes Farial di bawah naungan PT. Delami Garment Industries. Mulanya brand ini memiliki nama Executive 99, kemudian pada tahun 1984 berganti menjadi The Executive.

The Executive (lotteshoppingavenue.co.id)

Menargetkan konsumen para eksekutif pria, The Executif menghadirkan produk busana kantoran yang akan menunjang penampilan menjadi lebih rapi dan elegan. Tak hanya untuk pria, The Executive juga memiliki koleksi busana bagi wanita. Nggak nyangka ya merek ini asli buatan orang Indonesia. Padahal gerainya juga sudah ada di Malaysia lho.

6. Eiger

Kamu yang memiliki jiwa petualang dan hobi menjelajahi alam bebas pasti sudah tak asing dengan merek satu ini. Eiger didirikan pada tahun 1993 oleh Ronny Lukito dibawah perusahaan PT. Eigerindo Multi Produk Industri yang berkantor pusat di Bandung. Eiger ini memang terkenal karena produknya yang menunjang kegiatan alam seperti pakaian dan juga tas untuk mendaki gunung, berkemah, hingga panjat tebing.

Eiger (eiger-freak.blogspot.com)

Toko pertama Eiger dibuka di Cihampelas, Bandung pada tahun 1994. Kini Eiger sudah memiliki banyak gerai cabang di seluruh Indonesia. Kualitasnya yang seperti produk internasional membuat banyak orang salah kira Eiger berasal dari luar negeri.

Nah itulah beberapa merek rasa internasional yang ternyata berasal dari lokal. Membeli produk dari merek di atas juga termasuk cinta produk Indonesia lho, jadi kamu nggak perlu merasa bersalah. Gimana nih? Makin bangga sama Indonesia ya! 😀

226
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"