Ketika 6 Lagu Manca Dibikin Versi Jawa, Bukti Kreativitas Level Dewa

Orang Jawa emang kreatif banget!

Kreativitas memang dibutuhkan oleh setiap orang. Lewat kreativitas kamu bisa menemukan inovasi-inovasi baru maupun membantu memecahkan masalah dengan cara tak biasa. Nah, selama ini stereotip kreatif ini selalu melekat pada negara-negara maju seperti Jepang dan juga China. Padahal jika ditelisik, Indonesia juga punya kreativitas tak terduga!

Baca juga : Inspiratif! Guru Ini Ajarkan Bahaya Bullying pada Muridnya Melalui Dua Buah Apel

Lagu internasional yang punya versi Jawa (youtube.com)

Nggak perlu diragukan lagi orang-orang Indonesia memang memiliki kreativitas tingkat dewa. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya karya anak bangsa yang bisa tembus hingga manca negara salah satunya di bidang musik. Tak hanya bisa membuat lagu yang enak didengar, orang Indonesia juga mampu merombak lagu-lagu internasional menjadi versi bahasa Indonesia maupun menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Jawa. Nah berikut ini merupakan sekian lagu hits manca yang dibuat versi Jawanya.

1. SNSG – Pinter Ngaji

Kamu yang penggemar K-pop pasti bisa langsung menebak siapa yang menjadi inspirasi peng-cover lagu ini. Dari namanya saja kamu bisa langsung tau bahwa SNSG terinspirasi dari girl group Korea Selatan Girls’ Generation atau yang juga dikenal dengan sebutan SNSD.

SNSG membuat lagu versi bahasa Jawa dari lagu “Mr. Taxi” yang dipopulerkan oleh SNSD dengan judul “Pinter Ngaji” atau dalam bahasa Indonesia “Pintar Mengaji”. Tak hanya lirik saja yang sesuai dengan beat musiknya, SNSG juga membuat koreografinya. Selain itu, cover ini mengajak pendengar untuk lebih rajin beribadah dan menghindari perbuatan maksiat. Pesan positifnya ngena banget!

2. Alif Rizky feat. Fazayubdina – Dek Lastri

Lagu berbahasa Spanyol yang booming pada pertengahan 2017 “Despacito“, tak luput dari ulah kreatif orang Indonesia. Adalah Alif Rizky yang berkolaborasi dengan Fazayubdina telah membuat versi Jawa dari “Despacito” dengan judul “Dek Lastri”.

Lagu asli yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini juga memiliki versi dimana Justin Bieber juga muncul di dalamnya. Dalam versi Jawa, Alif Rizky menyanyikannya dengan penjiwaan dengan musik yang tak luput dari nuansa Jawa.

3. Gafarock – Kroso Sepi

Dari judulnya kamu mungkin belum bisa menebak artis siapa yang menjadi inspirasi dalam cover satu ini. Tapi ketika kamu mendengarkan lagunya kamu seketika bisa tau ini lagu dari musisi legendaris John Legend!

Lagu “Kroso Sepi” atau dalam bahasa Indonesia berati “Terasa Sepi” ini merupakan versi Jawa dari lagu “All of Me” milik John Legend. Lagu hits internasional satu ini tak hanya liriknya yang diubah menjadi bahasa Jawa, musiknya pun juga diberikan bumbu nuansa gamelan Jawa. Bener-bener njawani banget!

4. Ndruw – Bentukmu

Cover satu ini sih dari judulnya aja emang udah versi Jawa dari judul aslinya. Yep, ini merupakan versi Jawa dari lagu hits “Shape of You” yang dipopulerkan oleh Ed Sheeran. Makna dari lirik versi Jawa ini nggak berbeda jauh dari versi aslinya lho.

Tak hanya itu, Ndruw dan tim juga membuat video yang sesuai dengan makna lagu dalam versi Jawanya. Bener-bener kreativitas yang niat banget!

5. Ndruw feat. Bundar – Nang Jejerku

Nggak cukup dengan “Bentukmu”, Ndruw juga mengubah lagu hits dari The Chainsmokers dan Halsey “Closer” menjadi versi Jawa. Lagu hits yang sempat bertahan 12 minggu di Billboard 100 ini memang digemari kalangan muda sejak pertama kali dirilis pada 2016 silam.

Nah dalam bahasa Jawanya, Ndruw berhasil mengubah lirik dan makna hingga tak berbeda jauh dengan versi aslinya. Dengan beat yang tepat dan juga video yang terbilang unik, cover ini telah ditonton lebih dari satu juta kali di Youtube.

6. Gamelane Awan – Ojo Minggat

I got all I need when I got you and I
I look around me, and see sweet life
I’m stuck in the dark but you’re my flashlight
You’re gettin’ me, gettin’ me through the night

Iya, itu adalah potongan lirik dari lagu hits “Flashlight” yang dipopulerkan oleh Jessie-J. Lagu fenomenal di tahun 2015 ini juga punya versi Jawa lho yang dinyanyikan oleh Gamelane Awan yang berjudul “Ojo Minggat”. Beat lagu yang sesuai, dengan musik kental nuansa Jawa tapi tetap mempertahankan keindahan lagu aslinya menjadi suatu kelebihan.

Nah itulah sekian lagu internasional yang punya versi Jawa. Gimana? Kreatifnya tingkat dewa kan? Bangga deh sama Jawa dan Indonesia!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Dari menikah dengan Bantal, Sampai Menikah dengan Jembatan. Inilah 5 Pernikahan Paling Konyol

Bentuk-Bentuk “Perbudakan” Dalam Hubungan Pacaran yang Jarang Kita Sadarkan