6 Kesalahan Dasar Ini Wajib Dihindari Kamu yang Pemula dalam Make Up

Cewek wajib tau!

“Make up is life”, saya yakin kebanyakan wanita setuju dengan istilah satu ini. Bagi wanita, kedudukan make up sama halnya dengan kebutuhan premier. Dengan make up, seseorang bisa tampil jauh lebih baik di depan publik. Meningkatkan rasa percaya diri dan juga menambah daya tarik diri. Sayangnya, make up juga bisa merusak penampilan jika kamu tak bisa menggunakannya dengan baik.

6 Kesalahan make up bagi pemula (lipservicemakeup.com)

Oleh karena itu banyak orang yang bahkan mengikuti kursus hanya agar bisa menggunakan make up dengan baik. Padahal sebenarnya, make up bisa dipelajari secara otodidak. Untuk kamu yang pemula dan sedang belajar menggunakan make up, sekian kesalahan ini jangan sampai kamu lakukan ya!

1. Salah pilih foundation

Kesalahan dasar pertama dalam ber-make up biasanya terletak pada warna foundation yang salah. Banyak orang yang menyarankan memilih foundation yang lebih terang satu level daripada warna kulit agar tampak lebih cerah. Tapi pada beberapa kasus, foundation yang lebih terang justru membuat keseluruhan kulit terlihat abu-abu.

Salah pilih foundation (youtube.com)

Sebenarnya tak salah kamu mau memilih foundation yang lebih terang maupun lebih gelap asalkan kamu percaya diri menggunakannya. Hanya sekedar saran, lebih baik gunakan foundation dengan shade yang sama dengan warna kulitmu agar terlihat lebih natural dan nggak “bertopeng”. Toh nggak ada yang salah dengan warna kulit gelap.

2. Riasan mata dan bibir yang sama-sama menonjol

Dalam beberapa kesempatan dan keperluan, riasan yang meonjolkan mata dan bibir secara bersamaan sah saja digunakan. Misalnya untuk keperluan iklan maupun pesta dengan tema tertentu. Tapi jika untuk make up sehari-hari lebih baik kamu hindari.

Riasan mata dan bibir sama-sama menonjol (rd.com)

Jika kamu ingin menonjolkan riasan mata, pakailah lipstick dengan warna lembut atau nude. Sebaliknya jika kamu ingin menonjolkan bibir dengan warna lipstick merah menyala, gunakan saja eyeshadow dengan warna netral tanpa aksen gelap atau bold.

3. Alis yang terlalu berlebihan

Tren menebalkan alis masih sangat digandrungi wanita hingga saat ini. Dan mungkin kamu juga menjadi salah satu dari mereka. Nggak ada yang salah dengan menebalkan alis dari pangkal hingga ujung, kalau kamu percaya diri kenapa tidak? Tapi bila dilihat dari sisi profesional, akan lebih baik kamu perhatikan ketebalan alismu.

Alis yang berlebihan (youtube.com)

Menghitamkan alis sebaiknya tak kamu lakukan dari pangkal hingga ujung. Berikan sedikit gradasi pada pangkal alis agar tampak lebih natural. Jika kamu aplikasikan terlihat terlalu hitam tebal keseluruhan, alismu hanya akan terlihat ‘kotak’ bahkan bisa disebut mirip tokoh kartun Shinchan.

4. Bronzer yang terlalu tebal

Bronzer merupakan hal penting dalam make up. Dengan bronzer, wajah bisa terlihat lebih segar dan nggak flat. Memilih warna bronzer tidak sesederhana kelihatannya karena skintone setiap orang berbeda-beda. Apa yang bagus dipakai orang lain belum tentu bagus untukmu. Kalau salah pilih wajahmu justru bisa terlihat aneh.

bronze terlalu tebal (squarespace.com)

Bronzer yang dipakai orang lain bisa saja terlihat lebih merah, gelap maupun coklat jika diaplikasikan di wajah kamu. Satu-satunya cara adalah mencoba terlebih dahulu bronzer yang hendak kamu beli dan minta pendapat orang lain.

5. Memakai foundation dengan kandungan SPF di malam hari

Kamu tak hanya harus memilih foundation yang sama dengan warna kulit tapi juga harus menggunakannya di waktu yang tepat. Apalagi jika foundation tersebut mengandung SPF, usahakan jangan memakainya di malam hari. SPF akan melindungi wajah dari sinar matahari, tapi juga memantulkan kembali cahaya.

Foundation dengan SPF untuk malam hari (trendingfeeds.com)

Memakainya di malam hari hanya akan membuat wajahmu terlihat jauh lebih putih daripada aslinya. Apalagi jika ada sesi foto, flash kamera hanta akan membuatmu terlihat memakai topeng.

6. Menggunakan smokey eyes di siang hari

Riasan smokey eyes biasanya digunakan untuk menonjolkan mata. Riasan ini hanya disarankan digunakan saat acara-acara penting saja seperti pesta, acara lainnya. Di siang hari, sebaiknya jangan gunakan smokey eyes karena terlihat berlebihan dan terlalu menonjol.

Smokey eyes di siang hari (rd.com)

Apalagi kalau kamu suka menambahkan eyeshadow hitam pada riasan smokey eyes sebagai pelengkap. Tak masalah kalau tujuanmu pesta, tapi kalau ke kantor untuk bekerja make up ini hanya akan mengundang kehebohan.

Nah sudah tau kan apa saja kesalahan yang harus kamu hindari sebagai pemula? Tapi bagaimanapun juga make up itu sesuai selera, kalau kamu suka dan percaya diri menggunakannya ya tak ada masalah.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Bikin Baper, Pernikahan Muzammil Sang Qari Muda yang Jadi Idaman Wanita dan Calon Mertua

Siapa Sangka, 5 Musisi Dunia Ini Ternyata Berdarah Indonesia