4 Kebiasaan Khas Indonesia yang Bisa Membantumu Jadi Orang Kaya

Sederhana tapi bisa bikin kaya, mau?

Hidup mapan, bahagia dan kaya raya menjadi dambaan setiap orang. Untuk meraihnya tentu dibutuhkan kerja keras yang tak sederhana. Sebenarnya, ada banyak strategi yang bisa mengantarkanmu menjadi kaya raya. Misalnya saja kamu bisa mengikuti rahasia dan trik cepat kaya ala masyarakat Cina dan Tionghoa. Atau kerja keras yang dilakukan orang-orang sukses diluar sana. Iya, kalau kamu ingin kaya kamu juga butuh usaha dan kerja keras. Tapi disamping kerja keras, ada beberapa cara khas Indonesia yang bisa kamu terapkan

Baca juga : 7 Kebiasaan Sederhana Tokoh Besar dan Orang Sukses yang Membuat Hidup Lebih Berkualitas

kebiasaan khas indonesia yang bikin cepat kaya (urbanlife.id)

Indonesia memang kaya raya dengan segala manfaatnya. Bahkan, kebiasaan sehari-hari masyarakatnya bisa membantumu memupuk kekayaan. Sekian kebiasaan ini bisa dibilang cukup sederhana tapi memiliki dampak yang cukup besar. Apalagi jika kamu terapkan secara rutin, bukan nggak mungkin kamu bisa menjadi orang kaya dalam beberapa tahun mendatang kan?

1. Kebiasaan “jimpitan”

Kamu pasti paham istilah jimpitan. Kata “jimpit” artinya mengambil sesuatu yang hanya muat dipegang 2 jari. Jimpitan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat pedesaan yang masih erat dengan budaya gotong royong dan kebersamaan. Jimpitan ini dilakukan dengan cara menjimpit beras maupun uang yang kemudian diletakkan di depan rumah. Kemudian akan dikumpulkan secara kolektif.

jimpitan (kompasiana.com)

Hasil dari pengumpulan jimpitan ini bisa digunakan sebagai dana darurat bagi masyarakat. Nah jimpitan bisa kamu terapkan lho dalam strategi keuanganmu. Hasilnya bisa kamu gunakan jika ada keadaan darurat. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari kebangkrutan karena hal tak terduga.

2. Arisan sebagai investasi

Mendengar kata arisan pasti kamu seketika terbayang wajah ibu-ibu. Iya, kegiatan yang hanya ada di Indonesia ini memang lekat dengan image ibu-ibu yang ada pada satu lingkungan maupun komunitas. Arisan adalah kegiatan menyetor uang yang nantinya dilakukan undian untuk menentukan siapa yang akan mendapatkannya.

Kocokan arisan (pinimg.com)

Arisan ini bisa kamu gunakan untuk investasi lho. Dengan catatan kamu bisa cerdas memanfaatkan perputaran uang yang cukup besar ini. Dengan arisan kamu sama halnya dengan menabung secara tidak langsung. Ikut saja arisan yang sesuai dengan target tabungan.

3. Traktir teman-teman

Di luar negeri ada sebuah kebiasaan yang jarang ditemui di Indonesia. Saat seseorang mengundang teman-teman untuk sebuah perayaan, dia tak perlu mengeluarkan uang. Alih-alih mentraktir, justru kamu yag akan mendapat perjamuan. Orang Belanda dan juga Jepang sangat mengenal tradisi bayar sendiri ini.

Traktir teman (icecreamchocolate.files.wordpress.com)

Sangat berbeda jika di Indonesia. Kalau kamu mengundang teman, ya kamu juga yang harus membayar traktiran. Namun menurut Li-Ka Shing, orang terkaya di Asia, kebiasaan menjamu orang bisa membawamu pada kesuksesan. Menurutnya justru kamu harus menyisikan uang dan menjamu orang yang lebih kaya darimu.

4. Membeli tanah dan emas

Bagi masyarakat Indonesia, investasi paling berharga adalah tanah dan juga emas. Jika mereka memiliki sedikit uang lebih, mereka akan membeli tanah maupun emas simpanan. Memiliki tanah dan perhiasan dianggap jauh lebih aman. Karena memang investasi pada valuta asing dan reksadana belum terlalu populer.

Beli tanah dan emas (icecreamchocolate.files.wordpress.com)

Secara tak langsung, masyarakat sangat sadar akan kenaikan harga tanah dan emas setiap tahunnya yang terbilang tinggi. Jika memang suatu saat ada kebutuhan mendesak, menjual kembali tanah dan emas menjadi solusi ampuh untuk menghindarkan diri dari kebangkrutan. Tentunya dengan harga jual yang jauh melebihi harga beli.

Nah itulah beberapa kebiasaan sederhana yang sering sekali dilakukan masyarakat Indonesia. Jika kamu bisa mengikuti dan terus konsisten, menjadi orang kaya bukan lagi angan-angan semata.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

Bukan Berarti Cengeng, Wanita Kadang Memang Perlu Untuk Menangis

Hanya Ada 2 Jenis Dosen di Dunia Ini: Biasa dan Super Saiya. Dosenmu yang Mana?