6 Diet Paling Berbahaya yang Nggak Boleh Kamu Coba, Mulai Dari Diet Jus Hingga Diet Tidur

Pernah dengar tentang diet cacing pita? Coba baca infonya disini

189
SHARES

Saat ini banyak sekali orang yang tak puas dengan berat badannya sehingga melakukan berbagai macam diet untuk mencapai berat badan ideal. Diet memang dibutuhkan, apalagi jika kamu mengalami kegemukan dan juga obesitas. Karena dengan diet kamu bisa kembali ke berat normal sehingga badan terasa lebih bugar dan sehat.

Diet paling berbahaya (cloudfront.net)

Para ahli menganjurkan diet secara umum dengan cara mengatur pola makan, perbanyak buah dan sayur hingga olahraga teratur. Hanya saja hasilnya tak langsung terlihat sementara orang-orang menginginkan diet yang bisa secara cepat memberikan hasil maksimal. Maka munculah berbagai macam program diet. Dari mulai diet mayo, diet karbo, diet pisang hingga diet gula. Sayangnya, tak semua program diet aman dilakukan. Bahkan beberapa justru mengancam kesehatan seperti diet di bawah ini.

1. Diet jus

Diet jus ini menganjurkan konsumennya untuk minum jus dari buah-buahan segar maupun dari sayuran sebanyak minimal 3 gelas sehari. Meskipun terlihat sehat, diet ini nyatanya berbahaya karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi dalam tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi buah dan sayur, tubuh akan kehilangan energi dari karbohidrat, protein, lemak esensial dan mineral kalsium.

Diet jus (watchfit.com)

Diet ini menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat. Sayangnya berat badan bisa dengan cepat pula kembali melonjak jika kamu kembali ke pola makan normal. Jika dilakukan terus-menerus diet ini akan menyebabkan anemia, tulang kropos karena kurang kalsium dan juga mempengaruhi tekanan gula darah.

2. Diet cacing pita

Bicara tentang diet ekstrim, diet cacing pita termasuk salah satunya. Diet ini bermula dari hasrat orang Amerika Serikat pada tahun 1950 untuk menurunkan berat badan. Cara kerjanya, kamu harus menelan pil yang berisi cacing pita yang kemudian akan tumbuh dalam perutmu. Dan setelah itu kamu bebas makan apapun sesuka hati karena cacing pita ini yang akan mencernanya.

Cacing pita (nismarahman17.files.wordpress.com)

Tak hanya menjijikkan, diet ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Kamu bisa mengalami diare, keram perut, dan gangguan pencernaan lainnya. Untungnya diet cacing ini telah dilarang oleh WHO sekarang.

3. Diet Sleeping Beauty

Orang-orang yang melakukan diet ini percaya, dengan perbanyak waktu tidur kamu bisa memperkecil kesempatan makan. Karena nggak semua orang bisa tidur dalam waktu lama, mereka mengambil jalan pintas yaitu dengan mengkonsumsi obat penenang.

Diet sleeping beauty (sleep.org)

Bahaya diet ini sangatlah jelas. Badanmu bisa lemas tak bertenaga, keadaan psikologis juga akan terganggu. Tak hanya itu, terlalu banyak mengkonsumsi obat bisa membuatmu ketergantungan hingga bisa menyebabkan depresi dan gangguan makan.

4. Diet pencuci perut

Diet yang dikembangkan oleh Stanley Burroughs pada tahun 1941 ini menganjurkanmu untuk mengkonsumsi lemon atau sirup mapel dalam waktu 10 hari. Ide utama dari diet ini adalah detoksifikasi. Tubuh harus mengeluarkan racun yang ada demi menurunkan berat badan dan menyembuhkan penyakit.

Diet pencuci perut (googleusercontent.com)

Dalam 10 hari selama program diet berlangsung, kam tak boleh mengkonsumsi makanan lain kecuali lemon, sirup mapel dan juga cabai rawit. Tapi tak sedikit yang melakukannya dalam 45 hari. Dan hasilnya tubuh bisa kekurangan nutrisi dan vitamin hingga meningkatkan resiko terserang penyakit.

5. Diet kapas

Apa yang dilakukan kapas hingga bisa membantu menurunkan berat badan? Banyak yang percaya memakan kapas mampu menurunkan nafsu makan, rendah kalori dan kaya serat. Padahal kapas yang selama ini beredar di pasaran, yang sering digunakan untuk alat kecantikan atau kebutuhan bayi, terbuat dari serat sintetik yang sebenarnya adalah plastik.

Diet kapas (The Food Guru – blogger)

Nyatanya, kapas sama sekali tidak menyehatkan. Kapas justru berbahaya karena bukanlah sebuah makanan. Kapas tidak mengandung nutrisi apapun dan bahkan sangat berbahaya bagi pencernaan jika kamu mengkonsumsinya.

6. Diet satu jenis makanan

Di dunia ini, tidak ada satupun makanan yang memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Semua jenis makanan memiliki nutrisinya masing-masing yang akan saling melengkapi ketika dicerna. Nah diet satu ini menganjurkanmu untuk makan hanya satu jenis makanan saja. Misalnya apel, anggur ataupun kubis.

Diet satu jenis makanan (theladbiblegroup.com)

Meskipun dilakukan dalam jangka pendek, diet ini sangat tidak sehat. Berat badanmu mungkin berkurang tapi tidak dengan lemakmu. Kamu hanya kehilangan cairan dan juga otot. Dalam jangka panjang kamu bisa mengalami anemia, osteoporosis, kelelahan, kurang energi, diare dan dampak lainnya.

Mulai sekarang, berhati-hatilah dalam memilih program diet ya!

189
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"