5 Wisata Air di Semarang yang Membuatmu Lupa Pulang

Mengapa harus pulang kalau kamu bisa mendapat semua keindahan di tempat-tempat ini?

Masih bingung akhir pekan ini mau pergi kemana? Nah, buat kamu yang tinggal di sekitar kota Semarang atau sengaja ingin berlibur ke kota ini, ada rekomendasi bagus nih. 5 wisata air di Semarang berikut ini sangat pas dijadikan tujuan untuk menghabiskan hari libur kamu. Jangan cuma ke Simpang Lima melulu, ibukota Jawa Tengah ini masih punya banyak wisata eksotis lain yang tidak sekadar indah, namun juga alami dan membuatmu lupa pulang.

Mana saja , sih?

Marina, pantai hasil reklamasi yang eksotis

Pantai Marina berjarak sekitar 4 km dari Tugu Muda, tepat di samping Puri Maerokoco, dan hanya beberapa ratus meter dari Bandara Ahmad Yani. Setrategisnya lokasi pantai ini membuat akses jalan begitu mudah, hanya butuh waktu 15-30  menit dari pusat kota Semarang. Menurut sejarah, Marina merupakan pantai hasil reklamasi yang dulunya berupa hutan bakau dan tambak. Kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 3.000,- untuk bisa masuk ke pantai cantik yang dibuka selama 24 jam ini.

Parorama sunset yang mengagumkan di pantai marina (Via v).
Parorama sunset yang mengagumkan di pantai Marina (Via daftarwisatasemarang.xyz).

Para wisatawan biasa mengunjungi Marina untuk menikmati sunset, mencoba beragam kuliner yang dijajakan di sekitar pantai, atau sekadar olaraga di pagi hari. Ada juga perahu yang disediakan bagi pengunjung yang ingin memancing atau melihat laut lebih dekat. Karena keamanan di pantai ini terjamin, maka siapapun bisa berenang dan bermain pasir dengan tenang. Kamu pun bisa menemukan kebun buah naga, jembatan yang menjorok ke laut sehingga cocok untuk ber-selfie ria bersama teman atau pasangan.

Pantai Maron, tak kalah dengan Kuta Bali

Nama Maron diambil dari warna merah maron karena pantai ini merupakan wilayah milik Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) Semarang. Seperti kita tahu, merah maron adalah warna khas baret satuan Penerbad. Namun ada juga warga sekitar yang menyebutkan bahwa Maron adalah singkatan dari Marina Kulon (Marina Barat).

Tak kalah dengan pantai-pantai lain, Maron juga selalu ramai oleh para wisatawan (Via klikhotel.com).

Kalau kamu ingin merasakan riuhnya pantai Maron, datanglah pada Sabtu sore, Minggu pagi, Minggu sore, dan hari-hari libur. Dijamin, keramaiannya tidak kalah dengan pantai-pantai lain seperti Parangtritis di Yogyakarta atau Kuta di pulau Bali. Harga tiket masuk Rp 5.000,- bisa dibilang sangat murah karena Maron menawarkan keindahan pantai yang eksotis dan mengagumkan.

Pantai Tirang, untuk kamu yang hobi memancing

Lokasi pantai Tirang langsung bersebelahan dengan Pantai Maron, berada di desa Tambakrejo, Tugu, Semarang. Tirang merupakan pantai nelayan,  sehingga kamu bisa melihat aktivitas para nelayan mencari ikan dan membudidayakan rumput laut. Pantai ini sangat sejuk karena banyak pohon mangrove yang tumbuh hampir di setiap sudut pantai. Seperti pantai Marina, sunset yang indah juga bisa kamu nikmati di sini.

(Via eunikenny.blogspot.com).
Pantai Tirang menjadi paling favorit para mancing mania (Via eunikenny.blogspot.com).

Kalau kamu hobi memancing, pantai Tirang adalah lokasi wisata yang pas karena pantai ini merupakan tempat paling strategis untuk menyalurkan hobimu tersebut. Beberapa jenis ikan yang bisa ditemui dengan mudah di Tirang adalah kakap putih atau baramundi, serta ikan dokan atau kedokan yang menjadi salah satu ikan favorit warga setempat.

Air terjun Kali Pancur, wisata alam terbaik di Semarang

Selain ketiga wisata pantai di atas, Semarang juga mempunyai wisata air lain. Air terjun Kali Pancur adalah wisata alam paling terkenal di ibukota Jawa Tengah ini. Berlokasi di desa Nogosaren, Semarang, Kali Pancur mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter, dihiasi batuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan beberapa goa walet. Karena air terjun ini “menempel” di punggng Gunung Telomoyo yang mengarah ke Danau Rawa Pening dan cukup tinggi, kamu harus menaiki 800 anak tangga terlebih dahulu untuk mencapai lokasi. Jadi, pastikan kondisi badanmu dalam kondisi fit agar tidak kelelahan.

Keindahan air terjun kali Pancur "menempel" di punggung gunung (Via ardiyanta.com).
Keindahan air terjun Kali Pancur yang “menempel” di punggung gunung Telomoyo (Via ardiyanta.com).

Di objek wisata Kali Pancur kamu bisa hunting foto-foto menarik untuk menyalurkan hobi fotografi. Banyak sekali spot alam mengagumkan yang tersebar di seluruh area air terjun, bahkan sejak kamu melewati pintu masuk. Harga tiketnya murah, cuma Rp 2.000,- per orang dan Rp 1.000,- untuk biaya parkir.

Taman Lele, cocok untuk keluarga dan pasangan

Wisata air terakhir yang wajib kamu kunjungi di Semrang adalah Taman Lele. Di tempat ini kamu bisa menghabiskan liburan bersama pasangan atau keluarga mengelilingi kebun binatang mini, taman bermain, atau bermain sepeda air dan duduk santai melihat pemandangan danau buatan. Untuk kamu yang datang dari luar kota dan ingin bermalam, tak perlu mencari hotel di tempat lain karena di sini sudah disediakan penginapan bagi para pengunjung. Taman Lele Semarang terletak di jalur pantura, tepatnya di Jl. Walisongo KM 10 Kecamatan Ngaliyan Semarang.

Wisata Taman Lele sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan (Via hellosemarang.com).
Wisata Taman Lele sangat cocok dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga atau pasangan (Via hellosemarang.com).

Bagaimana, kamu sudah menentukan pilihan dari lima wisata air di atas? Kalau masih bingung, kamu bisa pergi ke pantai Marina atau Maron kalau berencana pergi bersama teman-teman. Pantai Tirang adalah pilihan terbaik kalau kamu ingin memancing sambil menikmati rimbunnya pohon mangrove. Nah, bagi kamu yang ingin berlibur dengan keluarga atau pasangan, air terjun Kali Pancur dan Taman Lele merupakan pilihan nomor satu. Tentukan pilihanmu.

Share juga ke yang lain, siapa tahu teman-temanmu masih bingung akhir pekan ini mau pergi kemana. Berkomentar juga boleh kok, selalu ditunggu malah. Selamat berlibur!

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

10 Tradisi Tabu di Berbagai Negara yang Kita Anggap “Biasa”

5 Alasan Kenapa Captain America: Civil War Akan Lebih Keren Dibanding Batman V Superman: Dawn of Justice