Selain Stephen Hawking, 5 Tokoh Terkenal Ini Juga Mengidap Penyakit ALS yang Mematikan

Hanya 5 persen dari penderita ALS yang sanggup bertahan hidup selama dua dekade

Fisikawan jenius Stephen Hawking baru saja meninggal dunia hari Rabu (14/3) lalu pada usia 76 tahun. Penyebabnya adalah penyakit  Amytotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang dideritanya sejak usia 21 tahun dan membuatnya lumpuh hingga harus menjalani hidup di atas kursi roda khusus.

Sebagai informasi, ALS merupakan gangguan neurologis progresif yang tak bisa disembuhkan dan bersifat degeneratif. Penyakit ini menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada neuron-neuron motorik yang memerintahkan otot-otot di tubuh untuk bekerja. Para pengidap ALS kebanyakan meninggal setelah dua hingga lima tahun didiagnosis terkena penyakit ini. Itulah sebabnya Hawking bisa dibilang luar biasa karena bisa bertahan hidup berpuluh-puluh tahun lamanya.

Selain Hawking, ternyata juga ada sejumlah tokoh ternama dunia lainnya yang juga mengidap penyakit ALS tersebut. Berikut ini daftarnya:

1. Mao Zedong

Mao Zedong (stuff.co.nz)

Tokoh revolusioner Partai Komunis China yang sekaligus menjadi ‘bapak’ pendiri Republik Rakyat China ini memburuk kesehatannya di tahun-tahun terakhir kehidupannya. Mao meninggal dunia pada usia 83 tahun setelah dihajar komplikasi penyakit Parkinson, ALS, serta masalah paru-paru dan jantung.

2. Henry A. Wallace

Henry A.
Wallace (nationalreview.com)

Henry A. Wallace dikenal sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat ke-33. Wallace juga pernah maju dalam pencalonan pemilihan Presiden AS tahun 1948. Ia pertama kali diketahui mengidap ALS pada tahun 1964 dan meninggal setahun setelahnya di usia 77 tahun.

3. Lane Smith

Lane Smith (snakkle.com)

Aktor Amerika Serikat ini dikenal karena perannya dalam film Red Dawn dan serial televisi di NBC V. Smith didiagnosis mengidap ALS pada tahun 2004 dan meninggal setahun kemudian pada usia 69 tahun.

3. David Niven

David Niven (bfi.org.uk)

Aktor sekaligus novelis asal Inggris ini mulai mengalami kelelahan dan kelemahan otot pada tahun 1980. Niven sempat menjalani perawatan selama 10 hari di rumah sakit pada bulan Februari 1983 dan meninggal dunia pada tanggal 29 Juli 1983 dalam usia 73 tahun.

4. Lou Gehrig

Lou Gehrig (nydailynews.com)

Tidak mungkin membicarakan penyakit ALS tanpa menyebut nama Lou Gehrig. Pasalnya, nama atlet baseball profesional Amerika Serikat ini sekaligus digunakan sebagai nama lain untuk menyebut penyakit ALS. Gehrig meninggal dunia di tahun 1941 pada usia 37 tahun.

5. Wan Wei Yiong

Wan Wei Yiong (kanan)(bisnis.com)

Wan Wei Yiong dikenal sebagai mantan Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia pada masa bakti 2009-2012. Ia meninggal pada 22 Februari silam dalam usia 59 tahun.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *