5 Tips Menyesatkan Seputar Dunia Kecantikan yang Sering Beredar di Media Sosial

Sebelum memutuskan akan mengikuti tips di media sosial, cobalah untuk mencari referensi valid lainnya terlebih dahulu

Dengan adanya media sosial macam Instagram atau bahkan YouTube, mulai banyak bermunculan influencer yang tertarik untuk mengulas seputar kecantikan. Entah itu ulasan kosmetik terbaru, perbandingan antara produk satu dengan lainnya, atau bahkan tips dan trik yang bisa diaplikasikan pada dirimu.

Khusus untuk perkara tips dan trik, ternyata ada banyak rekomendasi yang sebetulnya menyesatkan dan tidak baik untuk kamu terapkan. Mungkin para influencer tersebut memang mendapatkan hasil yang memuaskan saat mencoba pada dirinya sendiri. Masalahnya, ada beberapa kondisi yang ternyata justru bakal membuatmu menyesal jika tetap mengikuti saran-saran tersebut.

1. Mengangkat komedo dengan lem

Seorang make up artist kondang bernama Huda Kattan pernah membagikan tips untuk mengangkat komedo pada wajah dengan efektif pada para followers-nya lewat akun Instagram @hudabeauty. Alih-alih dengan plester komeo, cara yang dimaksudnya adalah dengan menggunakan lem.

Huda saat menunjukkan cara mengangkat komedo dari wajah dengan lem (dailymail.co.uk)

Meski mengaku bahwa hasilnya memuaskan, namun pakar kecantikan mengatakan bahwa mengangkat komedo dengan lem bisa membuat kulit yang sensitif menjadi iritasi. Hal ini bahkan bisa jadi lebih parah jika sisa lem sampai menutupi pori-pori. Kalau sudah begini, kulit muka justru akan udah ditumbuhi jerawat. Mau?

2. Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Tips yang satu ini terbilang amat umum diketahui, termasuk dalam tips-tips kecantikan yang muncul di media sosial. Sebabnya, sejumlah pasta gigi diketahui mengandung triclosan atau hidrogen peroksida yang mengandung bahan anti bakteri.

Daripada menggunakan pasta gigi, cobalah untuk memilih bahan-bahan alami sebagai pengusir jerawat (leymanmw.com)

Sayangnya, pasta gigi sekaligus bisa membuat kulit wajah menjadi kering, iritasi, atau bahkan mengelupas jika dipakai terlalu sering. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih bahan-bahan alami saja ketimbang mencari jalan pintas dengan pasta gigi, ya!

3. Teknik reverse hair washing untuk mengembangkan rambut

Untuk mendapatkan hasil rambut yang lebih mengembang, muncul tips untuk melakukan teknik reverse hair washing di berbagai media sosial. Cara ini dilakukan dengan menggunakan kondisioner terlebih dahulu untuk mencuci rambut, baru kemudian menggunakan sampo.

Teknik reverse hair washing tak bisa diterpakn pada semua jenis rambut (charlotteruff.com)

Meski teknik ini berhasil dilakukan oleh banyak orang, tak semua jenis rambut bisa cocok menerapkannya. Misalkan saja mereka yang berambut kering dan cukup tebal justru akan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan karena rambut jadi mekar seperti surai singa.

4. Masker putih telur

Sebagai solusinya, kamu bisa mengganti masker putih telur mentah dengan produk kecantikan yang berbahan putih telur (gluteracare.com)

Masker putih telur banyak dikenal dalam berbagai tradisi kecantikan karena dipercaya mampu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Hal ini bisa menjadi berbahaya jika kita tidak teliti dalam menggunakan telur mentah. Penyebabnya, selalu ada kemungkinan putih telur yang akan digunakan telah terkontaminasi bakteri di luar cangkang saat akan dikeluarkan. Jika sudah demikian, masker putih telur yang kamu pakai justru memudahkan jerawat untuk muncul.

5. Memutihkan wajah dengan ‘susu’ kental manis

Sudah bukan rahasia lagi jika susu dikenal mampu mencerahkan dan memberikan nutrisi yang baik bagi kulit, dengan catatan bahwa susu yang digunakan tidak menggunakan gula. Karena salah kaprah, masih ada yang mencoba untuk memakai susu kental manis sebagai bahan untuk perawatan wajah.

Menggunakan kental manis sebagai pemutih kulit adalah langkah yang salah (inovasee.com)

Padahal, saat ini produk tersebut bahkan sudah menghilangkan kata ‘susu’ pada kemasannya karena kandungannya tidaklah sesuai dengan kriteria kandungan susu yang dianjurkan. Kalau kamu mau memanfaatkan kebaikan susu, maka gunakanlah susu murni dari sapi atau kambing.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *