5 Ponsel Jadul Ini Laku Dijual dengan Harga Mahal, Ada yang Masih Punya?

Ada yang mencarinya karena nilai historis, atau karena jumlahnya yang amat terbatas

Perkembangan alat telekomunikasi terus menuju arah yang kian menakjubkan. Jika dulu kita harus menggunakan telepon rumah atau bahkan telepon di wartel (warung telekomunikasi) untuk menghubungi orang lain via telepon, maka kini kita dimudahkan dengan kehadiran ponsel yang bisa dibawa kemana saja dan punya banyak fitur menarik di luar fungsi utamanya sebagai alat komunikasi.

Meski kini ponsel kian canggih dan tersedia banyak pilihan dari berbagai merek, namun ternyata ada sejumlah ponsel jadul yang masih punya nilai fantastis di mata penggemarnya sehingga masih laku dijual dengan harga mahal. Padahal kalau dilihat-lihat, baik bentuk maupun fiturnya kalah jauh dibandingkan ponsel masa kini yang trendy dan dilengkapi segudang fitur canggih. Apa sajakah ponsel-ponsel jadul berharga mahal itu?

1. iPhone generasi pertama

Seperti kita tahu, hampir semua produk Apple ditawarkan dengan harga yang mahal karena terbilang sebagai produk eksklusif. Meski begitu, siapa sangka jika salah satu produknya masih dihargai tinggi meski sudah lewat masanya. Produk tersebut adalah iPhone generasi pertama yang muncul pada tahun 2007.

iPhone generasi pertama dijual seharga US$8 ribu di toko online (ebay.com)

Ketika pertama kali diperkenalkan, iPhone generasi pertama ini dibanderol sekitar US$600 atau setara dengan Rp6,603 juta (dengan nilai tukar di tahun 2007 US$1 = Rp11.005). Siapa sangka jika kini harga ponsel jadul ini bisa mencapai ribuan dollar!

2. Motorola Aura R1

Relakah kamu membayar semahal ini untuk ponsel dengan teknologi jadul? (bukalapak.com)

Ponsel yang keluar tahun 2008 ini menggunakan kombinasi bahan stainless steel dan safir sebagai material luarnya. Meski rilis satu dekade lalu, harga ponsel ini sekarang mencapai Rp23 juta! Padahal fitur yang ditawarkannya pun tidak begitu spesial untuk ukuran zaman sekarang. Tapi harus diakui bahwa Aura R1 memang lebih menonjolkan sisi elegan dan kemewahannya. Kalau kamu, pilih beli ponsel jadul ini atau ponsel premium terbaru?

3. Samsung SPH-N270

Jauh sebelum menjadi salah satu merek ternama yang punya produk-produk ponsel unggulan masa kini, Samsung pernah membuat seri SPH-N270 yang unik dan hanya dibuat sebanyak 10 ribu unit saja. Wajar, karena Samsung memang sengaja membuat ponsel ini untuk kepentingan film The Matrix Reload yang dibintangi Keanu Reeves.

Bentuknya yang unik dan kemunculannya di film seri The Matrix membuat banyak orang memburu ponsel ini (digitalspyuk.net)

Tak heran kalau ponsel yang pertama kali muncul pada tahun 2003 ini punya desain yang science fiction banget dan membuatnya diburu oleh banyak orang. Karena jumlahnya pun terbatas, ponsel ini pun sampai dihargai sebesar Rp10 juta. Wow!

4. Motorola DynaTAC

Ponsel sebesar ini dihargai mahal karena nilai historisnya (wionews.com)

Sebagai ponsel keluaran tahun 1984, DynaTAC punya ukuran yang sangat besar dan pastinya tidak praktis. Namun siapa sangka jika ponsel ciptaan Martin Cooper ini sekarang dihargai hingga Rp6,8 juta? Padahal, jelas tak ada fitur berarti yang bisa dibanggakan. Oke, fitur mungkin memang kuno banget. Tapi, inilah ponsel yang disebut-sebut sebagai ponsel pertama di dunia. Jadi, rasanya wajar jika banyak orang, terutama kolektor yang memburunya.

5. Nokia 8110

Meski jadul, harga bekasnya pun masih mahal loh! (imei24.com)

Ponsel keluaran tahun 1996 ini punya desain melengkung yang dilengkapi oleh antena dan penutup tombol yang bisa digeser. Kalau kamu mempunyai stok baru ponsel ini, kamu bisa menjualnya seharga Rp6,8 juta. Sedangkan kalau kamu punya yang bekas, harganya berkisar antara Rp738ribu hingga Rp2,6 juta. Masih terbilang mahal, bukan?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *