5 Wanita Indonesia Ini Buktikan Bahwa Pilot Tak Selalu Jadi Pekerjaan Lelaki

Buang jauh-jauh pikiran bahwa wanita cuma layak jadi pramugari!

Hingga saat ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa pilot adalah pekerjaan lelaki. Pasalnya, jam kerja yang padat dan melelahkan dianggap paling cocok untuk diemban kaum lelaki yang punya daya tahan lebih kuat.

Tampaknya persepsi itu harus segera diubah, karena saat ini sudah mulai banyak dijumpai pilot wanita yang tak kalah hebatnya dengan pilot lelaki. Begitu pula di Indonesia. Sudah ada bberapa pilot wanita yang namanya mulai dikenal dan menjadi perhatian. Inilah beberapa di antaranya:

1.Patricia Yora

Patricia Yora (Grid.id)

Nama Patricia Yora cukup banyak diperbincangkan. Pasalnya ia masih berusia 23 tahun ketika menjadi co-pilot di maskapai Garuda Indonesia. Hal ini sekaligus membuatnya sempat menjadi pilot termuda di Indonesia. Patricia merupakan jebolan Aeroflyer Institut Curug dan kini sudah membawa pesawat besar Airbus A330.

2. RR. Iin Irjayanti

RR Iin Irjayanti (beritatrans.com)

Siapa sangka jika pilot berhijab ini pernah menjadi finalis Puteri Indonesia pada tahun 2010 silam? Selain itu, Iin juga telah mengantongi jam terbang yang cukup tinggi dan merupakan lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Pada tahun 2003, Iin sudah mengantongi izin menerbangkan pesawat milik maskapai Batavia Air, Boeing 737 jenis 300-400 yang mampu mengudara di atas ketinggian 37.000 kaki.

3. Elesta Aprilliana

Elesta Aprilliana (anekainfounik.wordpress.com)

Meski mengaku punya banyak pengalaman di-understimate orang lain karena ia adalah pilot wanita, namun jangan salah, jam terbang Elesta Aprilliana cukup tinggi dan sudah lebih dari 2.500 jam. Ia bekerja di maskapai Trigana Air dan biasa membawa pesawat jenis ATR 72 dan ATR 42.

4. Sarah Widyanti Kusuma

Sarh Widyanti Kusuma (validnews.co)

Nama Sarah Widyanti Kusuma sempat ramai diperbincangkan karena dirinya pernah mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu stasiun TV swasta. Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan Curug ini mengantongi jam terbang yang tinggi dan telah berkeliling ke banyak negara melalui profesinya ini.

5. Sari Ardisa

Sari Ardisa (pojoksatu.id)

Sejak tertarik dengan pekerjaan sebagai pilot semasa SMA, Sari Ardisa kini membuktikan bahwa dirinya mampu meraih impian tersebut. Pilot di maskapai Garuda Indonesia ini langganan untuk rute negara-negara di Asia macam Malaysia dan Singapura.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Romantis Itu Sederhana. Apa yang Dilakukan Pria Ini Pasti Akan Membuatmu Baper Seketika

Rahasia Cantik Alami Sophia Latjuba yang Perlu Kamu Tiru: Diet Vegan