5 Perkataan yang ‘Haram’ Kamu Ucapkan pada Ibu Rumah Tangga

Kalau nekat diucapkan, bukan nggak mungkin kamu bisa menyakiti hati seorang ibu rumah tangga!

Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang, terutama bagi kaum milenial yang biasanya lebih memilih untuk bekerja ketimbang berdiam diri di rumah. Padahal, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga tidak sesederhana itu loh!

Baca juga : Inilah Dampak Negatif Jika Anak-anakmu Dibesarkan dari Asuhan Babby Sitter

Mungkin ibu rumah tangga memang tidak mendapatkan gaji seperti para ibu yang memilih untuk bekerja. Ibu rumah tangga juga sering dianggap kudet (kurang update) dan kuper (kurang pergaulan) karena hanya bergumul dengan urusan rumah. Tapi jangan salah, ada kebaikan mulia dari status ‘ibu rumah tangga’ yang tidak bisa didapat oleh mereka yang memilih jadi wanita karier. Makanya, jangan saling berdebat dan merasa paling benar. Apalagi sampai mengucapkan 5 kalimat pantangan berikut ini pada ibu rumah tangga. Jangan. Pokoknya jangan!

1. “Enak ya, bisa santai santai”

Meski terkesan sepele, pertanyaan seperti ini bisa membuat seorang ibu rumah tangga ngamuk-ngamuk. Jangan dikira karena hanya di rumah, seorang ibu rumah tangga hanya ongkang-ongkang kaki sambil nonton FTV saja kerjaannya setiap hari!

Pekerjaan ibu rumah tangga mungkin lebih berat daripada pekerjaan wanita karier loh (stayathomemum.com.au)

Coba saja rasakan sendiri menjadi ibu rumah tangga, sehari saja. Lakukan segala kegiatan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga, dan tanya sekali lagi pada dirimu: benarkah ibu rumah tangga hanya bersantai-santai saja di rumah?

2. “Suamimu kaya ya? Kamu jadi nggak perlu kerja”

Ini adalah pendapat salah yang sering jadi alasan orang untuk sembrono menanyakan hal tersebut. Memang ada ibu rumah tangga yang memilih tidak bekerja karena penghasilan suami sudah lebih dari cukup. Namun banyak juga yang memilih jadi ibu rumah tangga karena permintaan suami atau panggilan hati untuk lebih fokus mengurus tumbuh-kembang anak.

Ibu rumah tangga memilih tinggal di rumah bukan berarti karena suaminya kaya. Bisa jadi karena memilih untuk memantau perkembangan anak. Pun masih harus memikirkan cara mengatur keuangan keluarga dengan baik (entrepreneurrumahan.com)

Kadang, di tengah-tengah kesibukan mengurus anakpun seorang ibu rumah tangga masih memikirkan kemungkinan untuk membuat usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah. Selain itu, seorang ibu rumah tangga yang cerdas juga harus bisa mengatur keuangan keluarga agar tidak kedodoran. Itulah sebabnya pertanyaan tentang “suamimu kaya ya, blablabla” seperti ini amat perlu dihindari.

3. “Kamu nggak bosen, di rumah terus sama anak?”

Please dech, jangan tanyakan pertanyaan macam ini ke seorang ibu manapun (futuready.com)

Parah. Jangan pernah menanyakan pertanyaan semacam ini ke ibu rumah tangga manapun, meski maksudmu baik. Secara logika, orang tua mana sih yang bosan sama anaknya sendiri? Ibu tiri aja nggak selamanya jahat. Bosan dengan aktifitas keseharian sebagai ibu rumah tangga mungkin ada. Tapi ini wajar, namanya juga manusia. Tapi kalau bosan karena di rumah terus sama anak? Please dech…

4. “Rumahmu pasti kinclong ya, kan di rumah terus”

Para ibu ingin rumahnya bersih, tapi tidak demikian halnya dengan anak-anak mereka yang justru senang membuat rumah berantakan (fatherly.com)

Selalu dirumah bukan berarti rumah akan bersih setiap saat. Bagi seorang ibu rumah tangga yang tengah membesarkan anak, apalagi yang masih usia balita, nggak mungkin rumah bisa bersih selalu. Mulai dari ceceran makanan anak hingga tumpukan mainan yang tersebar kemana saja anak bermain. Belum lagi jika ada tumpukan cucian yang belum diseterika. Jadi nggak ada hubungannya tinggaldi rumah terus dengan rumah yang selalu bersih, ya!

5. “Yakin, kamu bakal jadi ibu rumah tangga terus?”

Keputusan menjadi ibu rumah tangga tentunya sudah dipertimbangkan matang-matang (popsugar.com)

Menentukan pilihan untuk menjadi ibu rumah tangga tentu sudah ada konsekuensi yang dipahami sebelumnya. Menanyakan kembali keputusan itu pada seorang ibu rumah tangga hanya akan membuatmu menyakiti hatinya. Seorang ibu rumah tangga pasti punya alasan kuat, sama halnya dengan ibu yang memilih untuk jadi wanita karier.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Berkat Guling Pocong, Kini Pocong Sukses Go International dan Dipuji Dunia

Dengan Melakukan Satu Hal Ini, Peluang Indonesia Ke Piala Dunia Lebih Lebar Daripada Negara Asia Lainnya