Keren, 5 Orang Indonesia Ini Pernah Mencatatkan Namanya dalam Guinnes World Records!

Adakah diantara kalian yang berkeinginan mencatatkan rekor unik lainnya ke Guinness World Records?

Rasanya kita semua sudah tak asing lagi dengan Guinness World Records atau The Guinness Book of World Records, bukan? Sesuai namanya, buku ini merupakan rujukan yang terbit tiap tahun untuk mencatatkan berbagai prestasi atau rekor yang ada di dunia.

Tentunya amat mengagumkan jika bisa mencatatkan nama kita pada buku ini, karena nilai historis dan prestisiusnya berada di atas berbagai lembaga pencatatan rekor lainnya. Kalaupun saat ini kita belum bisa mencatatkan nama di sana, setidaknya sudah ada lima orang Indonesia yang pernah masuk ke dalam daftar Guinness World Records, loh! Apakah kamu mengenalinya?

1. Rudi Hartono

Rudi Hartono di masa tuanya (hendrigumay.wordpress.com)

Nama Rudi Hartono amatlah melegenda di Indonesia, khususnya saat orang membicarakan cabang olahraga bulu tangkis. Hal ini dikarenakan Rudi Hartono telah memecahkan rekor dunia sebagai pemenang turnamen All England sebanyak 8 kali yang membuatnya masuk Guinness World Records pada tahun 1982. Luar biasa prestasinya!

2. Kunto Hartono

Kunto Hartono (bisnissurabaya.com)

Nama Kunto Hartono tercatat dalam Guinness World Records sebagai drummer yang menabuh paling lama di dunia, yakni selama 145 jam nonstop. Kunto berhasil menggeser rekor sebelumnya yang diraih oleh Steve Gaul dari Kanada (134 jam).

3. Benny J. Mamoto

The largest playable trumpet (tribunnews)

Benny J. Mamoto merupakan ketua umum Institut Seni Budaya Sulawesi Utara, dan namanya sudah tak asing lagi dalam dunia pemecahan rekor. Tengok saja rekornya di MURI yang sudah mencapai 30 rekor. Sedangkan untuk Guinness World Records, ia mencatatkan nama sebanyak 7 kali. Rekornya pun macam-macam, mulai dari the longer bamboo rice, the largest playable trumpet,  hingga the largest seashell ensemble.

4. Penyelam gabungan Indonesia di Malalayang

Pada peringatan ulang tahun Republik Indonesia ke-64 tahun 2009 silam, sebanyak 2681 penyelam memecahkan rekor sebagai penyelam terbanyak di dunia yang dilakukan di pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. Jumlah penyelam ini mengalahkan rekor sebelumnya yang ‘hanya’ berjumlah 979 penyelam di Maladewa.

5. Dominic Brian

Dominic Brian (youtube)

Remaja kelahiran 1996 ini menjadi orang pertama yang muncul di TV Guinness dan mencatatkan rekor mengingat 76 angka dalam 1 menit. Sebelumnya, Brian pun pernah masuk rekor MURI ketika berusia 5 tahun karena bisa mengingat 100 angka secara acak dalam waktu 12 menit. Menginjak usia 12 tahun, ia kembali masuk MURI karena berhasil mengingat 52 buah kartu bridge dalam waktu 100 detik.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *