Inilah 5 Negara Teraman Untuk Berlindung Apabila Perang Dunia Ketiga Terjadi

Jadi mau ke negara mana nih?

929
SHARES

Beberapa bulan terakhir kondisi politik internasional kian memanas, terutama soal sikap politik keamanan antar negara yang mulai memanas. Katakanlah Korea Utara yang gencar memamerkan kekuatan militernya, Amerika yang konon sedang bersiap-siap apabila terjadi perang dunia ketiga, atau Rusia yang kini mulai melakukan eskpansi militernya ke beberapa negara timur tengah.

Semakin memanasnya kondisi poitik internasional, disinyalir sebagai tanda awal perang dunia ketiga (alifrafikkhan.blogspot.co.id)

Memanasnya kondisi politik tersebut, ditambah gencarnya negara-negara maju memamerkan kekuatan militer dan senjata nuklirnya, membuat banyak pihak yang mengatakan jika hal tersebut bisa jadi sinyal awal akan pecahnya perang dunia ketiga.

Sebagai informasi saja, seandainya perang dunia ketiga pecah, hampir semua negara di dunia akan terlibat dengan peperangan tersebut. Kemungkinan akan terjadinya blok-blok kekuatan sekutu antar negara untuk memenangkan peperangan. Namun tenang saja, berikut ini merupakan negara paling aman seandainya terjadi perang dunia ketiga.

1. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan salah satu negara yang paling aman untuk berlindung apabila perang dunia ketiga terjadi. Negara kecil yang cukup maju ini, memiliki kondisi politik dalam negeri yang sangat stabil. Selain itu, hubungan politik Selandia Baru dengan negara lain juga sangat baik, jadi bisa dibilang Selandia Baru tidak punya musuh di dunia ini.

Selandia Baru merupakan negara teraman dan memiliki pasokan pangan yang melimpah (membangunbisnismandiri.files.wordpress.com)

Selain itu, Selandia Baru juga memiliki pasokan pangan yang sangat melimpah. Hal inilah yang akan menjamin penduduknya dari ketergantungan dengan produk import. Jadi meskipun kondisi internasional sedang memburuk, kestabilan pangan di Selandia Baru akan terjaga karena pasokan pangan yang melimpah dengan kondisi tanah yang subur dan hamparan pertanian dan perkebunan yang luas.

2. Islandia

Kalau kamu berada di negara yang satu ini, kamu akan merasakan kedamaian dan ketentraman hidup yang nyata. Islandia dikenal sebagai negara yang memiliki indeks kedamaian tertinggi di dunia, baik kondisi kedamaian di dalam negeri, maupun dalam hubungan luar negeri.

Islandia merupakan negara dengan peringkat indeks keamanan terbaik di dunia (islandia360.com)

Perdamaian dalam negeri Islandia, serta sikap politiknya yang netral dengan keadaan politik internasional, membuat Islandia menempati urutan pertama  dalam Global Peace Index tahun 2015. Selain itu, Islandia juga berada jauh dari negara manapun, hal ini yang memungkinkan minimalisir keributan negara tersebut apabila terjadi perang dunia ketiga.

3. Kepulauan Fiji

Kepulauan Fiji merupakan kawasan yang sangat jauh dari perbatasan negara manapun. Kepulauan Fiji letaknya sangat jauh dari kawasan pasifik, hal iniilah yang membuat negara ini bisa dikatakan terisolasi dengan kondisi politik internasional.

Selain dikenal aman, Kepulauan Fiji juga sangat indah loh (wisatapriangan.co.id)

Selain itu, Kepulauan Fiji juga dikenal netral dalam persoalan politik internasional. Satu lagi yang menjadi alasan Kepulauan Fiji tidak akan diduduki militer internasional, ialah karena negara ini bisa dikatakan sangat minim kekayaan alamnya, jadi tidak mungkin menjadi sengketa. Soal jumlah penduduk Kepulauan Fiji juga sangat sedikit. Jadi lebih aman dan lebih damai hidup di Kepulauan Fiji.

4. Swiss

Swiss merupakan negara yang memiliki perbatasan langsung dengan negara-negara besar di dunia, seperti Jerman, Prancis, dan Italia. Namun, meskipun berbatasan langsung dengan negara-negara besar, Swiss merupakan negara yang aman apabila dunia bergejolak. Hal ini disebabkan kondisi daratan Swiss yang dikelilingi banyak pegunungan, hal inilah yang bisa dijadikan tempat berlindung bagi warga Swiss.

Memiliki banyak gunung dan bungker, membuat Swiss aman untuk berlindung (swisseducation.co.id)

Swiss juga memiliki banyak bungker yang tersebar di berbagai tempat untuk melindungi warganya apabila terjadi kerusuhan. Namun sepertinya Swiss sangat kecil kemungkinan terjadi gejolak apabila terjadi perang dunia ketiga. Pasalnya Swiss merupakan negara dengan kekuatan militer yang mumpuni, namun memilih netral dalam situasi internasional. Itulah yang membuat Swiss disegani.

5. Kosta Rika

Kosta Rika merupakan negara selanjutnya yang paling aman untuk berlindung apabila terjadi perang dunia ketiga. Kosta Rika merupakan negara yang memiliki kestabilan demokrasi yang mumpuni. Selain itu, Kosta Rika juga sudah tidak lagi memiliki tentara nasional atau militer, Kostra Rika hanya memiliki kepolisian yang bertugas keamanan dalam negeri.

Tidak memiliki militer, Kosta Rika komitmen netral di politik internasional dan menunjung tinggi perdamaian (farukbudak.com)

Kepolisian Kosta Rika juga memilih netral dalam kondisi politik internasional. Perdamaian dalam negeri serta sikap netral terhadap kondisi internasional inilah yang membuat Kosta Rika menjadi salah satu negara dengan rangking terbaik di Global Peace Index.

Itulah 5 negara paling aman apabila terjadi perang dunia ketiga. Namun bagaimanapun juga, yang namanya peperangan tidak akan menghadirkan apa-apa kecuali air mata, kehancuran, kerugian, dan kehilangan orang-orang yang kita sayang.

929
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,