Siapa Sangka, 5 Musisi Dunia Ini Ternyata Berdarah Indonesia

Kebanyakan karena punya hubungan dengan masa penjajahan Belanda di Indonesia dulu…

Indonesia mungkin belum punya banyak musisi yang namanya bersinar di mancanegara. Meski begitu, harus diakui bahwa saat ini cukup banyak musisi Indonesia yang mempunyai talenta luar biasa di dunia musik. Mereka hanya belum mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya di tingkat dunia.

Sambil menunggu kesempatan itu terbuka lebar bagi para musisi Indonesia, rasanya boleh juga jika kita berbangga diri karena sejumlah musisi terkenal di mancanegara ini ternyata memiliki darah Indonesia yang kental. Siapa saja mereka? Yuk kita cari tahu bersama!

1. Eddie dan Alex Van Halen

Band Van Halen. Dari kiri ke kanan: Alex Van Halen, Eddie Van Halen, David Lee Roth, Michael Anthony – bestclassicbands.com

Bagi penggemar musik rock tahun 80-an pasti familiar dengan band Van Halen. Band asal Amerika Serikat ini didirikan oleh dua bersaudara Eddie dan Alex Van Halen yang merupakan imigran kelahiran Belanda. Eddie dan Alex boleh dibilang punya kombinasi ras yang menarik. Selain mendapatkan darah Belanda-Swedia dari sang Ayah, mereka juga mendapat darah Indonesia dari sang Ibu yang merupakan keturunan campuran Belanda-Indonesia dan tinggal di Rangkasbitung, Banten pada masa penjajahan Belanda.

2. Michelle Branch

Michelle Branch – fanart.tv

Penyanyi Amerika Serikat berparas ayu ini dikenal pernah berkolaborasi dengan gitaris legendaris, Santana, dalam lagu berjudul “The Game of Love” yang sukses besar dan menerima Grammy Award pada tahun 2002. Michelle Branch diketahui sebagai artis blasteran Irlandia, Belanda-Indonesia, dan Perancis.

3. Daniel Sahuleka

Daniel Sahuleka – tirto.id

Daniel Sahuleka adalah penyanyi Belanda berdarah Sunda-Ambon yang lahir di Semarang. Daniel dibawa orang tuanya ke Belanda saat berusia 10 bulan dan di kemudian hari namanya dikenal dunia dengan lagu-lagu terkenal macam “Don’t Sleep Away The Night” dan “You Make My World So Colorful”. Daniel mengaku bangga berdarah Indonesia. Ia pun sempat menyumbangkan dana untuk korban erupsi Merapi sebesar Rp 33 juta pada tahun 2010.

4. Dougy Mandagi

Langsung ketebak kan, mana yang Dougy Mandagi? – idntimes

Selain nama-nama besar yang malang-melintang di dunia musik jalur utama, ada juga satu orang berdarah Indonesia yang namanya besar melalui jalur indie. Ialah Dougy Mandagi, vokalis band The Temper Trap asal Melbourne, Australia yang memiliki darah Indonesia karena memang berasal dari Manado. Lagu “Sweet Dispotition” milik mereka bahkan pernah menjadi salah satu soundtrack dari film “500 Days of Summer” yang dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt dan Zoey Deschanel.

5. Carmit Bachar

Carmit Bachar – broadwaydancecenter.com

Saat membicarakan Pussycat Dolls, orang mungkin akan langsung teringat pada sosok Nicole Scherzinger ketimbang kolega Nicole lainnya. Tapi tahukah kamu kalau ada salah satu personel Pussycat Dolls yang memiliki darah Indonesia? Ia adalah Carmit Bachar, yang akhirnya memutuskan keluar dari Pussycat Dolls pada tahun 2008. Carmit Bachar dikenal mewarisi darah Indonesia dari ibunya yang merupakan keturunan Indonesia campuran Belanda dan China.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

6 Kesalahan Dasar Ini Wajib Dihindari Kamu yang Pemula dalam Make Up

Tentang Kebiasaan Menyisipkan Kode Cinta di Media Sosial yang Makin Merajalela