Siapa Sangka, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan yang Mematikan

Awas loh, yang baik belum tentu menyehatkan buat kamu.

Jika selama ini kita mengetahui racun berasal dari hewan atau tumbuhan yang berbahaya, ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, olahan yang sering kita makan ternyata juga bisa menyebabkan keracunan yang mematikan.

Makanan yang mengandung racun (hipwee.com)

Beberapa bahan pangan ini contohnya, mungkin diantara kamu ada yang sering mengkonsumsi makanan ini. Ternyata, 5 jenis makanan ini bisa menjadi racun mematikan bagi tubuhmu.

1. Buah Pala

Tentu kita mengenal dengan bahan masakan yang satu ini, buah pala. Rempah-rempah yang satu ini biasanya digunakan untuk tambahan penyedap makanan. Selain itu, buah yang memiliki nama latin Myristica fragrans ini, juga dikenal sebagai tamanan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti diare dan mual.

Racun pada buah pala (bukalapak.com)

Namun dibalik manfaat buah pala, ternyata bumbu dapur yang satu ini juga memiliki kandungan racun yang sangat berbahaya. Buah pala memiliki kandungan Myristicin yang mana zat tersebut merupakan racun yang bisa menyebabka banyak gejala, seperti halusinasi, ngantuk, sampai pingsan.

2. Kentang

Tidak banyak diketahui, kentang merupakan salah satu sayuran yang berpotensi terkandung racun di dalamnya. Jenis umbi-umbian ini merupakan sayuran yang memiliki zat Solanin, yakni racun yang masuk dalam kelompok Glikoalkaloid.

Kentang beracun (netralnews.com)

Namun tidak semua kentang berpotensi memiliki kandungan Solanin tinggi. Kentang yang memiliki zat beracun ini, biasanya warnanya cenderung lebih kehijauan. Warna hijau pada sayur ini, selain karena paparan matahari juga menandakan jika terdapat kandungan Solanin yang tinggi pada kentang tersebut.

Menurut study, batas normal seseorang mengkonsumsi Solanin ialah sekitar 2-5 Mg, per Kg berat badan. Jika kita mengkonsumsi zar racun itu lebih dari dosis yang dianjurkan, maka tubuh akan mengalami keracunan dengan efek mulai dari detak jantung yang meningkat, halusinasi, melambatnya proses pernafasan, deman, sakit kuning, hipotermia bahkan sampai kematian.

3. Kayu manis

Satu lagi rempah-rempah yang ternyata memiliki zat racun di dalamnya, yakni kayu manis. Rempah-rempah yang memiliki aroma khas ini, memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Namun jika dikonsumsi dengan takaran yang berlebihan, kayu manis bisa berdampak buruk bagi tubuh manusia.

Racun pada kayu manis (cairofood.id)

Kayu manis mengandung senyawa Coumarin, senyawa ini dikenal sebagai salah satu jenis racun pada makanan yang sangat mematikan jika dikonsumsi berlebihan.

Sebuan penelitian pernah dilakukan pada anjing dan tikus mendapati untuk menguji racun coumarin. Hasilnya, zat tersebut dengan kadar yang tertentu bisa menimbulkan kerusakan pada liver hanya dalam beberapa minggu.

Jenis kayu manis (hellosehat.com)

Pada domba, hanya 5gr (sekitar dua sendok teh) sudah cukup mematikan. Inilah yang kemudian beberapa jenis makanan yang mengandung coumarin seperti biji Tonka dilarang di Amerika. Bahkan peredaran coumarin di Negara Paman Sam sangat diawasi dan masuk ke dalam barang ilegal.

4. Singkong

Makanan lainnya yang ternyata mengandung senyawa berbahaya ialah singkong. Namun, kandungan berbahaya pada singkong akan ditemukan jika kamu mengkonsumsi ubi jalar ini dalam keadaan mentah atau kurang matang.

Racun dalam singkong (hallosehat.com)

Sebab, singkong mentah mengandung Linamarin, zat ini memiliki struktur kimia hampir mirip dengan gula. Jika kamu mengkonsumsi singkong mentah, maka di dalam tubuh secara proses kimiawi senyawa Linamarin akan bereaksi berubah menjadi zat Sianida. Perubahan zat Sianida inilah yang sangat berbahaya bagi tubuh.

5. Ikan buntal

Pada 11 Maret 2018 yang lalu, Kasmini perempuan 40 tahun di Tuban meninggal dunia setelah ia memasak ikan. Ternyata setelah diselidiki, Kasmini sebelumnya memasak ikan buntal dan ia mengalami keracunan.

Racun pada ikan buntal (detik.com)

Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada 9 Mei 2016 4 remaja di Lumajang juga mengembuskan nafas terakhirnya setelah mereka beramai-ramai mengkonsumsi ikan buntal.

Olahan masakan ikan buntal (detik.net.id)

Ikan bunta atau ikan buntek memang dikenal sebagai salah satu ikan dengan kandungan racun paling berbahaya di dunia. Racun yang terkadung dalam hewan laut ini, adalah jenis Tetrodotoxin (TTX), racun jenis ini bisa membunuh seseorang dalam hitungan menit saja.

Namun meskipun beracun, jika mengolahnya dengan benar, maka ikan buntal akan menjadi masakan yang memiliki cita rasa lezat. Bahkan masakan ikan buntal banyak ditawarkan di restoran-restoran ternama loh.

Masakan ikan buntal (fakta.co.id)

Itulah 5 jenis bahan pangan yang jika kita salah mengkonsumsinya maka akan sangat bahaya bagi tubuh. Jadi, meskipun kamu makan-makanan yang baik, kamu tetap mengkonsumsinya dengan hati-hati yah guys!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *