5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Anak Muda yang Akhirnya Bikin Menyesal

Daripada nantinya menyesal, yuk perbaiki masa mudamu!

314
SHARES

Usia muda merupakan usia yang sangat vital dalam kehidupan seseorang, konon usia muda juga merupakan masa yang paling menentukan nasib hidup. Jadi bagaimana kondisi masa tua seseorang bisa dilihat saat usia mudanya.


Usia muda merupakan penentu masa tua (bangkatimes.com)

Namun sayangnya, orang muda yang masih minim pengalaman hidup kadang sering melakukan sebuah kesalahan yang akhirnya menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Kesalahan apa saja yang sering dilakukan anak muda sehingga menimbulkan penyesalan?

1. Tidak sungguh-sungguh dalam dunia pendidikan

Banyak orang yang merasa menyesal sebab waktu sekolah atau kuliah tidak bersungguh-sungguh. Kerugian tidak bersungguh-sungguh dalam dunia pendidikan biasanya tidak dirasakan sekarang, melainkan nanti saat usiamu sudah tidak muda lagi. Saat kamu tahu betapa beruntungnya orang yang memiliki ilmu.

Banyak anak muda yang belum menyadari pentingnya pendidikan (reoncomics.com)

Banyak anak muda yang melalaikan hal ini, mereka tidak begitu serius dalam sekolah atau kuliah, hingga pada akhirnya penyesalanpun datang di sisa usianya. Jadi buat kamu yang masih sekolah atau kuliah, maksimalkan kesempatan itu mumpung masih muda.

2. Terlalu gegabah dan terburu-buru dalam memutuskan sesuatu

“Biasanya para remaja berpikirnya sekali saja tanpa menghiraukan akibatnya. Wahai kawan para remaja waspadalah dalam melangkah agar tidak menyesal akhirnya” Itulah sepenggal lirik lagu darah mudah dari Bang Haji Rhoma Irama. Memang kesalahan yang paling sering dilakukan anak muda ialah gegabah dalam mengambil keputusan.

Anak muda biasanya tidak berfikir matang-matang dalam memutuskan sesuatu (youtube.com)

Tidak difikirkan secara  matang-matang saat memutuskan sesuatu, akibatnya timbullah penyesalan dari keputusannya tersebut.

3. Tidak berani mencoba hal-hal baru

Ada idiom yang mengatakan, kamu akan lebih banyak menyesali masa mudamu yang tidak banyak mencoba sesuatu. Artinya jika masa mudamu takut mencoba banyak hal, itu akan membuatmu menyesal di kemudian hari. Namun ingat, mencoba banyak hal disini tentu mencoba hal-hal yang positif yah. Jangan sekali-kali mencoba hal negatif, sebab itu akan membuat kamu lebih menyesal.

Takut mencoba hal-hal baru akan membuatmu sulit berkembang (genmuda.com)

4. Pergaulan yang salah

Pergaulan tidak terlepas dari dunia anak muda, sebab masa muda memang masanya untuk bersosial, berinteraksi, dan mencari pengalaman dengan berbagai macam pergaulan. Namun sayangnya banyak anak muda yang justru salah dalam memilih teman bergaul.

Bergaul memang perlu untuk anak muda, namun agar tidak menyesal dikemudian hari, hati-hati dalam memilih teman bergaul (satujam.com)

Alih-alih mendapatkan pengalaman, kenalan, dan jaringan, ia akhirnya menyesal akibat masuk ke dalam pergaulan yang salah.

5. Terlalu boros dan tidak menabung

Penyakit laten anak muda yang lainnya ialah terlalu boros dalam menggunakan uang, hal itu diperparah dengan minimnya kesadaran menabung untuk hari esok. Persoalan finansial merupakan permasalahan yang penting dikala usiamu semakin bertambah, sebab dengan bertambahnya usia maka semakin bertambah pula kebutuhan di hidupmu.

Pemborosan memang dekat hubungannya dengan kehidupan anak muda (cewekbanget.id)

Itulah 5 keslahan yang sering dilakukan anak muda hingga akhirnya menimbulkan penyesalan di masa tua. Buat kamu yang masih meikmati usia muda, manfaatkan kesempatan mudamu sebaik mungkin yah.

314
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,