Yuk, Belajar Untuk Selalu Berpikir Positif dari 5 Hewan Menjijikkan yang Ternyata Punya Banyak Manfaat Ini

Jangan sembarangan meremehkan, meski buruk rupa dan menjijikkan lima hewan ini ternyata punya manfaat besar

Kalau kita mau berpikir positif, banyak hal di dunia ini yang sebetulnya indah dan menyimpan hikmah besar di dalamnya. Sayangnya, banyak orang yang lebih suka untuk memandang remeh, berstigma negatif, dan bahkan sudah lebih dulu memasang sikap curiga pada hal-hal baru, aneh, atau bahkan menjijikkan.

Padahal, belum tentu sesuatu yang terlihat buruk di luar juga buruk di dalam. Untuk memberikan contoh nyata, kita bisa belajar dari 5 hewan berikut ini. Selain dikenal menjijikkan dan jadi musuh manusia, kelima hewan tersebut ternyata punya manfaat besar loh! Nggak percaya? Jangan berpikiran negatif dulu makanya.

1. Lalat

Siapa sih yang tidak jijik dengan lalat? Binatang satu ini kerap dimusuhi manusia karena senang berada di tempat kontor dan kemudian hinggak di atas makanan. Sudah menjadi fakta umum pula bahwa sayap lalat mengandung bibit penyakit. Namun tak banyak yang tahu bahwa penyakit itu hanya berada di salah satu sayapnya, sedangkan sayap lainnya justru mengandung penawar racun.

Lalat (giowahyu.blogspot.com)

Uniknya, peneliti dari Departemen Ilmu Biologi, Macquarie University, Australia menemukan antibiotik baru yang bermanfaat dari permukaan tubuh dan sayap lalat. Penemuan ini juga ditemui pada penelitian Departemen Mikrobiologi Medis, Fakultas Sains, Universitas Qashim Arab Saudi. Para peneliti menumbuhkan mikroba dalam dua wadah berbeda yang diisi air. Tubuh lalat kemudian dicelupkan ke dalam wadah A, lalu dibuang. Sedangkan pada wadah B, tubuh lalat hanya dijatuhkan saja. Hasilnya, bakteri dalam wadah A terhambat pertumbuhannya karena ada bakteri lain, actinomyces yang bisa memproduksi antibiotik.

2. Kecoa

Mungkin kecoa adalah salah satu binatang yang paling dibenci oleh para wanita. Pasalnya, binatang menjijikkan yang satu ini kadang terbang begitu saja dan hinggap dimanapun ia suka. Belum lagi saat kita mengejar untuk memukulnya dengan sapu, si kecoa bisa dengan sigap berkelit dan menghilang.

Kecoa (rumahlia.com)

Meski menjijikkan karena senang hidup di tempat lembab dan kotor, kecoa ternyata punya zat di otak yang bisa membunuh 90 persen bakteri penyebab Multi-drug Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) dan E.Coli! Pantas saja bisa hidup dengan nyaman di selokan atau gorong-gorong yang kotor! Uniknya, di China kita bisa menemukan olahan bubuk dan sirup kecoa yang diyakini bisa menyembuhkan luka bakar dan meringankan gejala flu perut. Mau coba?

3. Bekicot

Sebenarnya hewan yang satu ini tidak terlalu menjijikkan sih. Penyebab beberapa orang menganggap bekicot menjijikkan adalah lendir yang keluar dari tubuhnya. Padahal, lendir bekicot bisa digunakan untuk meredakan nyeri dan menghindari infeksi bakteri pada gigi loh! Caranya, oleskan saja lendir bekicot pada bagian yang sakit.

Bekicot (urbanina.com)

Selain itu, daging bekicot ternyata punya kandungan gizi yang cukup tinggi. Tak heran jika di Perancis harga makanan olahan bekicot cukup mahal. Menurut penelitian, dalam setiap 100 gram daging bekicot mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B12, B6, E, zat besi, kalsium, dan lain-lain. Kandungan lemaknya pun lebih rendah dari daging hewan lain. Itulah sebabnya daging bekicot banyak direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung, liver, hepatitis, dan osteoporosis.

4. Belatung

Bentuk belatung yang kecil dan menggeliat-geliat banyak membuat orang jijik kepadanya. Apalagi belatung senang hidup di jaringan mati dari makhluk hidup lainnya. Justru karena gemar hidup di jaringan mati itulah yang membuat belatung amat berguna. Banyak dari kalangan medis yang memanfaatkan belatung untuk mengobati luka infeksi yang disebut Maggot Debridement Therapy (MDT).

Belatung (urbanina.com)

Belatung juga bisa membantu memerangi masalah limbah makanan, loh. Hanya dengan sekumpulan belatung seberat 0,9 kg, mereka bisa melahap sekitar 1,8 kg sampah sisa makanan hanya dalam waktu 4 jam! Ini bisa jadi solusi menarik bagi negara-negara yang punya masalah dengan tumpukan sampah makanan.

5. Lintah

Hewan yang sering ditakuti karena gemar menyedot darah ‘korbannya’ ini sebetulnya punya banyak manfaat untuk kesehatan. Melalui terapi lintah, penyakit macam kelainan sistem saraf, masalah gigi dan kulit, serta infeksi bisa teratasi. Tidak hanya itu, penyakit yang lebih berat macam gangguan sirkulasi, penyakit kardiovaskular, menghindari komplikasi, dan mencegah penuaan pun bisa diatasi melalui terapi lintah.

Terapi lintah (youtube)

Hal ini dikarenakan saat lintah menggigit bagian tubuh yang ingin diterapi lintah, ia akan mengeluarkan air liur yang mengandung lebih dari 60 jenis protein yang berguna untuk mengencerkan darah dan mencegah penyumbatan.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Surat Kecil Untuk Para Laki-laki yang Suka Menghianati dan Menyakiti Hati Perempuan

Tak Semua Pasangan Bisa Merasakan Indahnya Kisah Cinta Ala Dongeng