Kamu Baru Lulus Sekolah? Jangan Senang Dulu. Sebab 5 Hal Ini Akan Membuatmu Ingin Kembali Ke Masa Sekolah Saja

Masa sekolah memang masa paling indah.

1.8k
SHARES

Kamu yang baru lulus sekolah tentu merasa senang, bahkan banyak di luar sana yang melampiaskan rasa bahagianya dengan cara yang berlebihan. Gambaran hidup yang indah sesudah lulus sekolah, selalu menyelimuti hari-hari terakhirmu menjadi seorang siswa.

Untuk meluapkan kegembiraannya banyak pelajar yang mencoret-coret seragamnya (sumutpos.co)

Bayangan enaknya menjadi mahasiswa yang masuk kuliah seenaknya sendiri, bayangan enaknya kalau kerja yang bisa berpenghasilan sendiri, dan bebas mau beli ini itu, atau bayangan gimana enaknya nikah setelah selesai sekolah, semua itu menjadi ilusi manis yang ada di benak mereka yang baru lulus sekolah.

Namun kenyataannya? Kalau kata Cak Lontong, “ayuk berfikir jernih, hidup gak seindah drama korea” Yah dalam kenyataannya setelah lulus sekolah ternyata tidak seenak yang dibayangkan sebelumnya. Bahkan kadang kamu ingin memilih kembali ke masa sekolah. Terlebih jika kamu mengalami 5 hal ini.

1. Saat kuliah tak seenak yang dibayangkan. Lebih banyak tugas, tanggung jawab, dan peraturan

Banyak anak sekolah yang ingin cepat-cepat lulus dan segera masuk ke bangku sekolah. Bayangan kuliah yang penuh dengan kebebasan, baik itu kebebasan belajar, kebebasan berpakaian dan berpenampilan, maupun kebebasan mengambil keputusan dalam hidupnya, menjadi bayangan yang selalu mampir di otak mereka.

Kuliah tidak hanya nongkorng, melainkan tugas kuliah yang numpuk (mavanilla.files.wordpress.com)

Sebenarnya gambaran bahwa kuliah itu enak merupakan ilusi yang diciptakan oleh sinetron di televisi kita. Bagaimana anak kuliahan digambarkan bebas berpakaian dan berpenampilan, gaul, berkelas, bebas dalam mengikuti kuliah, dan suka nongkorong.

Namun kenyataannya tidak seperti itu, menjadi mahasiswa justru semakin banyak hal yang harus kita fikirkan, tidak sebebas yang dibayangkan sebelumnya. Meskipun ada kampus yang tidak begitu mementingkan absensi atau kehadiran, namun itu tentu berpengaruh dengan kelulusanmu. Apa kamu mau menjadi sarjana abadi gegara malas masuk kelas?


Jika kamu mengatakan kuliah itu enak, karena kamu belum merasakan skitnya skripsimu dicoret sama dosen pembimbing (idntimes.com)

Menjadi seorang mahasiswa juga lebih banyak tanggung jawabnya. Jika sewaktu kita sekolah tanggung jawab kita hanya belajar, namun saat menjadi mahasiswa kita mempunyai tanggung jawab sosial yang lebih besar. Mahasiswa selayaknya menjadi panutan masyarakat baik dalam hal intelektual maupun karakter.

Selain itu, kuliah juga lebih banyak tugasnya dibandingkan saat sekolah. Sebab saat kuliah biasanya dosen hanya menerangkan sedikit tapi memberi tugas berbukit-bukit. Terlebih jika kamu sudah berhadapan dengan tugas akhir yang bisa bikin stres. Inilah yang akan menyadarkan kamu jika masa kuliah tidak seenak yang dibayangkan, dan masa sekolah merupakan masa paling terindah.

2. Saat mencari kerja tidak semudah yang dibayangkan

Ada diantara kamu yang berfikiran sehabis lulus sekolah mau langsung kerja? Dengan bayangan kerja enak memiliki penghasilan sendiri, bebas mau beli ini itu tanpa meminta kepada orang tua. Namun sayangnya kadang realitas tidak sejalan dengan ekspetasi. Saat ini mencari kerja bukanlah perkara yang mudah, kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan jutaan orang di luar sana yang sama-sama mencari kerja.

Ribuan orang mengantri untuk melamar kerja (wartakepri.co.id)

Ingat, dalam dunia kerja kompetisi lebih berat dibandingkan saat sekolah. Terlebih jika kamu bekerja di perusahaan yang berpatokan dengan target, kamu akan dibuat stres dengan harus mencapai target tersebut. Waktu kamu pun kini akan lebih sedikit untuk bersantai, berbeda dengan saat masih sekolah dulu.

3. Saat kamu mengalami hidup ditengah masyarakat dengan penuh ujian yang sebenarnya

Saat kamu lulus sekolah dan terjun langsung ke masyarakat, kamu dianggap bukan lagi sebagai anak kecil. kamu akan terlibat langsung dengan persoalan-persoalan di masyarakat.Jika selama ini saat sekolah permasalahan kamu paling ketahuan bolos sekolah atau nilai ulangannya buruk, saat terjun ke masyarakat kamu akan menghadapi persoalan pelik yang tidak sesederhana saat sekolah.

Permasalahan yang kamu hadapi ditengah-tengah masyarakat lebih kompleks dibandingan saat sekolah dulu (sosialsosiologi.blogspot.co.id)

Masalah sosial, keuangan, percintaan, dan kehidupan akan kamu temui saat lulus sekolah nanti. Tentunya permasalahan kamu akan lebih berat dan kompleks. Disaat seperti itulah kamu akan merasakan betapa enaknya masa-masa sekolah dulu.

4. Kamu akan sadar, teman sekolah lebih gokil, lebih asyik, dan lebih solidaritas

Teman sekolah dan teman saat kamu lulus kuliah memiliki kepribadian yang berbeda. Kecuali teman sekolahmu sama-sama melanjutkan hidup sepertimu. Teman sekolah dikenal memiliki solidaritas yang tinggi, lebih gokil, dan lebih asyik. Itulah kenapa banyak genk-genk di masa sekolah.

Suatu saat kamu akan kangen dengan teman sekolahmu yang gokil (fotobukutahunan.blogspot.co.id)

Berbeda dengan saat kamu di dunia nyata setelah sekolah, kamu akan menemukan teman yang berjuta karakter dengan berbagai kepentingan berteman denganmu. Meskipun mereka teman kamu, tetapi akan berbeda dengan teman-teman sekolah yang akan membuatmu rindu dengan masa-masa putih abu-abu.

5. Soal asmara, tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah

“Sungguh aneh tapi nyata takkan terlupa, kisah kasih di sekolah dengan si dia, tiada masa paling indah masa-masa disekolah, tiada kisah paling indah, kisah-kasih disekolah” Sebait lirik lagu dari Chrisye ini menjadi wakil dari perasaan jutaan orang di luar sana.  Yah, tidak kisah paling indah selain kisah kasih di sekolah.

Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah (kompasiana.com)

Saat di sekolah kisah cinta kita masih indah-indahnya, persoalan yang dihadapi juga paling masalah cemburu sama teman sekelas atau sama kakak kelas. Namun saat kamu sudah lulus sekolah, kamu akan merasakan petualangan cinta yang lebih rumit. Tuntutan untuk segera melamar kini di depan mata. Terlebih jika teman-teman sudah menikah, tekanan untuk segera menyusulnya menikah akan lebih besar.

Inilah kenapa kisah di sekolah lebih indah dibandingkan saat lulus sekolah. Jadi kangen kan sama kisah kasihmu di sekolah dulu? Mau mengulanginya lagi?

1.8k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,