5 Hal Ini yang Mertua Harapkan Jika Memiliki Menantu Wanita

Sebab menantu idaman tidak melulu soal kecantikan dan kekayaan

Setiap orang tua tentu ingin memiliki menantu yang baik. Bukan hanya untuk anaknya, namun baik juga untuk sang mertua dan keluarga besarnya. Inilah kenapa kamu harus pandai-pandai mempersiapkan diri agar menjadi menantu idaman mertua.

menantu idaman selalu dinantikan (ummi-online.com)

Tidak hanya dari kubu pria, para wanita yang kelak akan menjadi menantu juga harus mempersiapkan diri agar bisa menjadi menantu idaman. Lalu hal-hal apa saja sih yang mertua harapkan dari menantu wanita?

1. Dia yang tidak hanya menerima kondisi suaminya, namun juga kondisi keluarga suaminya

Sebenarnya untuk point yang pertama tidak hanya berlaku untuk menantu wanita, namun kamu para pria juga harus melakukan hal ini. Saat kamu menikah dengan pasanganmu, itu artinya kamu juga harus menerima segala kelebihan dan kekurangan kondisi keluarga pasanganmu.

Menantu idaman bisa akrab dengan keluarga suaminya (brilio.net)

Tidak hanya itu, kamu juga perlu berbaur dengan budaya dan kebiasaan yang ada pada keluarga pasanganmu. Semisal, jika kebiasaanmu bangun siang dan kebiasaan keluarga suamimu bangun pagi, maka sebisa mungkin kamu harus mengikuti kebiasaan tersebut.

2. Istri yang tidak hanya bisa mengurus dirinya sendiri, namun juga pandai mengurus suami dan anaknya

Saat mertuamu memberikan restu pada hubunganmu dan suamimu, itu artinya sang mertua percaya kepadamu jika kamu mampu menjadi istri yang baik untuk suami dan anak-anakmu kelak. Kepercayaan itu tentu ada alasannya, yakni sang mertua percaya jika kalau anaknya menikah dengan kamu, maka segala kebutuhan kesehariannya akan dibantu olehmu sebagai sang istri.

Pandai mengurus rumah tangga (vebma.com)

Mertua yang baik tentu mengharapkan seorang menantu yang mampu mengurus suaminya dan anak-anaknya. Bukan mereka yang hanya pandai berdandan namun kondisi suami dan anak-anaknya terabaikan. Yah, minimal bisa beres-beres rumah, nyuci, sama masakin anak dan suami.

3. Berkelakuan baik dan religius

Tidak dipungkiri, dalam mencari menantu untuk anaknya, kebanyakan orang tua mempertimbangkan dua hal ini, yakni kepribadiannya dan ketaatannya dalam beragama. Sebab kedua hal ini bagi sebagian masyarakat kita masih menjadi tolak ukur kebaikan calon menantu.

Menantu idaman yang religius (fimadani.com)

Memiliki menantu yang berperilaku sopan, lembut, penyayang, dan taat beragama merupakan dambaan setiap mertua. Sebab disitu ia akan yakin jika anak laki-lakinya akan terjamin kebahagiaannya hidup bersama orang yang seperti ini.

4. Menghormati suami dan mampu menjaga kehormatan keluarganya

Ini nih yang perlu digaris bawahi untuk para calon menantu, khususnya para menantu wanita yang mungkin akan lebih banyak berada di dalam rumah. Bagi seorang mertua, memiliki menantu wanita yang pandai menjaga kehormatan suami dan keluarga kecilnya merupakan kebanggan tersendiri.

Menghormati suami (utusan.com.my)

Bagi mertua, memiliki menantu wanita yang bisa menjaga kehormatan suami dan keluarga kecilnya tidak hanya akan membuatnya tenang, namun juga akan memberikan kebanggan tersendiri kepada menantu dan anaknya. Sebab anaknya tidak salah dalam memilih pasangan hidupnya, yakni wanita yang bisa menjaga amanah suaminya.

5. Wanita yang subur dan pandai mendidik anak

Mertua mana sih yang tidak mau menimang cucu, dan mertua mana sih yang tidak mau cucunya dibesarkan oleh ibu yang baik dalam mendidik. Jadi, tidak dipungkiri lagi jika kesuburan dan kepandaian mendidik anak menjadikan nilai lebih dari seorang menantu.

Mungkin kita sering menyaksikan di beberapa cerita televisi atau di kehidupan nyata. Hubungan mertua dan menantu wanita tidak begitu harmonis akibat persoalan kesuburan yang kurang baik dari menantunya.

Kesuburan seorang wanita (hellosehat.com)

Memang ini terdengar berat bagi wanita itu sendiri, namun begitulah kondisi nyata kehidupan yang ada. Dimana kesuburan masih menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih seorang menantu. Padahal berbicara tentang kesuburan, tidak ada manusia yang tidak ingin memiliki keturunan.

Itulah beberapa hal yang menjadi harapan seorang mertua dalam mencari menantu wanita. Jika kamu memenuhi kelima-limanya, selamat kamu calon menantu idaman.

Tulis Komentarmu
Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Menurut Penelitian, 3 Tahun Pacaran Adalah Waktu Ideal Sebelum Lanjut Menikah

Uniknya Mobil Bermuka Dua yang Akhirnya Terjerat Banyak Pasal