5 Hal dari “Nomor Absen” yang Memancing Nostalgia dan Membuatmu Kangen Masa Sekolah

Poin mana dari 5 berikut ini yang paling membuatmu kangen masa sekolah?

Bagi mereka yang sudah melewati masa-masa sekolah, terkadang ada banyak kenangan manis yang membuat kita ingin bernostalgia kembali ke masa-masa itu. Mulai dari hari pertama kali masuk sekolah, hari kelulusan, hingga momen-momen yang tak akan bisa didapatkan di tempat lain.

Baca juga : Mahasiswa Baru Wajib Tahu Istilah-istilah dalam Perkuliahan Ini

Salah satu hal yang bisa membuat kita terkenang masa sekolah adalah nomor absen. Maklum, kegiatan mengabsen nama dari huruf A hingga Z memang terjadi hampir setiap hari. Jadi, kenangan apa saja yang bisa kita gali dari kegiatan yang berguna untuk mendata dan mendeteksi kehadiran para siswa di kelas ini?

1. Nomor absen terdekat dengan nomor absenmu adalah orang yang tak akan kamu lupakan

Mereka yang nomor absennya berdekatan dengan nomor absenmu biasanya sulit untuk dilupakan – polka.id

Percaya atau tidak, kita cenderung tidak akan melupakan orang yang nomor absennya berdekatan dengan nomor absen kita. Mereka cenderung akan lebih kita ingat ketimbang sejumlah nama lain yang kita jumpai saat reuni sekolah. Besar kemungkinan, ini karena kita dulu menghabiskan nyaris setiap hari dengan mendengar namanya disebut sebelum atau sesudah nama kita. Kalau sudah begini, bagaimana bisa lupa?

2. Nomor absen sering jadi hal yang mengerikan

Nomor absen juga bisa jadi momok mengerikan, terutama saat ada guru yang gemar menyuruh murid maju berdasarkan nomor absen – kknm.unpad.ac.id

Entah kenapa, banyak guru di masa kita bersekolah dulu yang gemar sekali bermain-main dengan nomor absen sehingga membuat kita was-was. Rasanya kita semua pasti familiar dengan pertanyaan berikut ini:

Guru: “Anak-anak, sekarang tanggal berapa ya?”

Murid-murid: “Tanggal 15 pak”

Guru: “Oke, kalau begitu nomor absen 15 maju mengerjakan soal ini”

Dan kita pun cuma bisa tertawa cekikikan melihat si empunya nomor absen 15 berwajah pucat di bangkunya.

3. Nomor absen kadang bikin apes saat kita mendapat tugas kelompok

Tugas kelompok terkadang jadi merepotkan karena anggotanya berdasarkan nomor urut absen – bgrahmat.wordpress.com

Banyak guru yang tidak mau repot saat meminta murid-muridnya membentuk kelompok untuk mengerjakan tugas. Oleh karenanya, sang guru akan menyuruh muridnya membuat kelompok berdasarkan nomor absen. Misalkan saja kelompok 1 berisi murid nomor absen 1 sampai 5, dan seterusnya. Kalau sudah begini, terkadang ada kelompok yang apes karena kebagian murid-murid yang malas, ataupun ada yang kebagian kelompok dengan orang yang tak disukainya.

4. Nomor absen awal sering menjadi korban titip tanda tangan

Nomor absen awal kerap dititipi tanda tangan – anggaweka.blogspot.com

Mereka yang nama-namanya menghuni nomor-nomor awal di buku absensi kerap kali menjadi korban guru untuk mengabsen seisi kelas. Bahkan ada juga loh guru yang menyuruh murid di nomor absensi awal untuk mengisikan tanda tangan murid-murid lainnya agar kegiatan mengabsen bisa segera selesai dan tidak lama-lama mengganggu pelajaran.

5. Nomor absen paling buncit sering diuntungkan

Nomor absen paling buncit kerap diuntungkan karena menempati bangku paling belakang saat ujian sekolah – hai.grid.id

Murid-murid yang namanya menempati posisi buncit di buku absen seringkali mendapat keuntungan tersendiri. Apalagi jika ada guru yang gemar menyuruh murid maju berdasarkan urutan absen. Nomor absen paling buncit juga biasanya mendapat jatah tempat duduk di belakang saat ujian sekolah. Bagi mereka yang gemar mencontek, ini tentu posisi yang amat menguntungkan, bukan?

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Soal Kasus Rohingya, Jangan Sampai Balas Dendam Dibawa Ke Indonesia

6 Uang Keluaran Tahun 90an Ini Kini Memiliki Harga yang Cukup Mengejutkan!