Kalau Kamu Masih Melakukan 5 Hal Ini, Kamu Bisa Jadi Mahasiswa Abadi

Dih, kamu mau wisuda bareng adek tingkat yang 5 tahun di bawahmu?

Di setiap kampus di negeri ini pasti memiliki paling tidak satu mahasiswa yang nggak lulus-lulus. Biasanya sih dijuluki sebagai mahasiswa abadi, mahasiswa yang ‘betah’ dan ‘cinta’ banget sama kampusnya hingga rela menunda kelulusan. Beberapa mahasiswa abadi berhasil merampungkan studinya meskipun harus lulus bersamaan dengan adik tingkat yang jauh di bawahnya. Tapi tak sedikit juga yang berakhir pilu dengan drop out.

mahasiswa abadi (BPPI FEB UNS – blogger)

Faktanya, tak hanya malas yang bisa membuatmu jadi mahasiswa abadi penghuni kampus. Ada 5 faktor lain yang juga berpotensi. Pasti kamu nggak mau kan jadi mahasiswa abadi? Oleh karena itu 5 faktor ini harus mulai kamu tinggalkan dari sekarang.

1. Kecanduan organisasi

Mahasiswa pasti sudah tak asing lagi dengan organisasi, baik organisasi di dalam maupun di luar kampus. Bahkan organisasi tidak bisa dilepaskan dari mahasiswa saat ini. Mengikuti banyak organisasi dan aktif di dalamnya memang akan menunjang kehidupan sosial dan menjadi nilai lebih ketika lulus dan mencari pekerjaan. Tapi, jika terlalu aktif hingga “kecanduan” bisa bikin kamu jadi mahasiswa abadi lho.

Terlalu aktif organisasi (suaramahasiswa.com)

Tak masalah jika kamu bisa menyeimbangkan kegiatan organisasi dan kuliah hingga tak mengganggu nilai dan perkuliahan. Tapi jika kamu jadi terseok-seok, mending mulai kurangi kegiatan organisasimu mulai sekarang. Perbaiki nilai dan perkuliahanmu hingga bisa lulus tepat waktu dirasa jauh lebih penting dari sekedar organisasi.

2. Keasikan bisnis hingga part time

Nggak sedikit mahasiswa yang berbisnis hingga ikutan kerja part time demi mendapatkan uang saku tambahan ataupun sekedar memenuhi hobi. Nggak ada yang salah kok. Justru keren kalau ada mahasiswa yang mau berbisnis dan hidup lebih mandiri tanpa menyusahkan orang tua. Mahasiswa part time juga dikenal dengan pekerja keras, sifat yang harus ditiru.

Keasikan bisnis (idntimes.com)

Tapi jika kedua kegiatan ini sudah membuatmu terlena, jangan heran kalau kamu bisa telat lulus bahkan jadi mahasiswa abadi. Kamu harus bisa membagi waktu dan menyeimbangkan bisnis dengan perkuliahan. Karena nggak sedikit yang terlena dengan bisnis hingga tak bisa menyelesaikan kuliah dengan baik, bahkan drop out. Ada yang bilang sih, kalau udah kenal uang pendidikan bisa terlupakan.

3. Kebanyakan nongkrong

Dari suntuk hingga otak mampet nggak bisa ngerjain tugas, menjadi alasan mahasiswa untuk nongkrong dan kumpul bersama teman-teman. Nongkrong memang kegiatan yang membahagiakan, yang bisa mengusir penat dan rasa bosan. Meskipun sah-sah saja dilakukan, kebanyakan mahasiswa justru menjadikan nongkrong sebagai “kewajiban” yang terkadang ngalahin kuliah.

Keasikan nongkrong (Garasi Kuliner)

Mahasiswa ini lebih memilih nongkrong daripada mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk. Hingga akhirnya tugas tak dapat diselesaikan dan mempengaruhi penilaian. Inilah yang menjadi penyebab kenapa kamu dilabeli mahasiswa abadi.

4. Hubungan cinta yang berlebihan

Masa perkuliahan memang dikenal sebagai masa mencari jati diri, masa perpindahan dari remaja menuju dewasa. Masa-masa ini tak di sia-siakan oleh mahasiswa untuk mencari dan menjalin hubungan cinta dengan lawan jenis yang sekampus maupun dari luar kampus. Hubungan asmara ini dinilai sangat wajar di mata mahasiswa.

Hubungan cinta yang berlebihan (idntimes.com)

Tapi jika berlebihan, hubungan asmara justru akan menghancurkanmu. Gejolak asmara yang meledak-ledak bisa mengurangi fokusmu dalam menjalani kehidupan perkuliahan. Fokusmu akan berpindah padanya dan hubungan kalian berdua. Jangan heran kalau kemudian nilaimu yang dipertaruhkan.

5. Bermasalah dengan dosen

Sebagai manusia, dosen tentu memiliki karakternya masing-masing. Ada yang cuek tapi nggak pelit nilai, ada yang killer tapi perhatian, ada yang pelit nilai tapi baik hati dan sebagainya. Sebagai mahasiswa, sudah menjadi hal yang wajib bagimu bersikap baik kepada dosen. Bagaimanapun karakter dosenmu, berbaik hatilah padanya demi lancarnya perkuliahan.

Bermasalah dengan dosen (anakunsri.com)

Karena nggak jarang ada mahasiswa yang hobi nyari masalah sama dosen hingga akhirnya dosen tersebut enggan meluluskan. Mulai dari nggak pernah ngerjain tugas, sering bolos, menghindari dosen hingga sering membuat dosen emosi. Jadi, baik-baiklah sama dosenmu mulai sekarang ya.

Nah itulah 5 hal sepele yang jika masih kamu lakukan hingga sekarang, bisa berpotensi membuatmu jadi mahasiswa abadi. Yuk ubah kebiasaan buruk tersebut hingga bisa lulus secepat mungkin. Nggak mau kan dapet label memalukan ini?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Dari Leher Terpanjang Sampai Kaki Terkecil, Inilah 7 Standar Kecantikan Terunik di Dunia

7 Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Para Pelajar Untuk Mempermudah Belajar